28 February 2018

Silaturahmi ke garut dan Main Uap di Kawah Kamojang


Semenjak ada WAG, keluarga sha jadi makin deket lagi. Tiap hari bahasannya beda-beda. Mulai dari nyama-nyamain nama anggota keluarga sama nama penanyi dari mulai Asep Darso sampe Hetty Koes Hendang. Dari tatarucingan receh sampe bahasan serius.

Terus sampe kumpul-kumpul di rumah sepupunya bapak di Lebak wangi. Rame-rame mancing, ngeliwet sama ngerujak dengan buah-buahan petik sendiri depan rumah, lengkap banget dari mangga, kedondong, jambu, pepaya, nangka sampe cecendet yang udah jarang banget sha temuin.

Minggu depannya kita ngerencanain buat silaturahmi ke keluarga garut. Dulu, sha smp di garut. Nginep di asrama karena sekolahnya tipe boarding school gitu bareng tiga sepupu sha yang lain.

Di garut ini rumah almarhum kakek nana, adeknya nenek sha. Masih inget banget pas sha kelas 3 smp ngajakin dua temen sha main ke rumah kakek terus sepanjang di sana tuh sha di pangku duduknya sama kakek nana. Ditanyain sekolahnya gimana, masih punya uang jajan gak, di asrama makannya sama apa. Terus kita di masakin daging sapi bumbu gitu sama tante.

Sha diperlakuin kaya anak kecil gitu di depan temen ngerasa tengsin dan super malu. Yaampun, nyesel ngajakin temen ke sini, mereka jadi tau sha udah gede tapi masih dimanjain banget. Eh tapi ternyata di jalan pas pulang, dua temen sha ini malah bilang gini ke sha: Enak ya, masih di sayang-sayang sampe di pangku gitu. Dan mereka cerita kalau dirumahnya gak kaya gitu. Dari situ sha ngerasa bersyukur banget πŸ™ gak jadi malu nya hehehe


Janjian sama sepupu bapak di Cijapati, rombongan dua mobil dan motor menuju cipanas garut ke rumahnya om cepi, anaknya kakek nana.

Di sana kumpul-kumpul bareng sepupu bapak yang lain terus makan opor ayam juga di bikinin dodol coklat sama tante! Dodol coklatnya tuh baru di bikin banget, dibungkus daun pinang kering dan rasanya kenyal tapi ngacai (bahasa indonesianya apa ya?) gak lengket dan masi anget. Enak banget sampe sha terus-terusan makan. Sampe tante bawain sebungkus buat dibawa pulang dan belum nyampe rumah malah udah abis duluan πŸ˜‹


Pulangnya kita gak lewat cijapati lagi tapi lewat samarang terus kamojang. Sekalian mampir ke kawah kamojang.

Ini kedua kalinya sha ke kawah kamojang. Pertama kali waktu pulang mudik tahun lalu. Biaya masuknya sendiri cukup murah, 7500 rupiah perorang dan anak kecil ga di hitung.

Perbedaannya cukup pesat dari pas sha ke sini waktu itu, banyak gedung-gedung baru plus kamar rendam air panas juga mushala.

Kita jalan kaki bareng-bareng nyusurin kawah dan naik tangga sampe ujung. Paling ujung itu ada kawah hujan (gambar paling atas). Kawah hujan ini merupakan salah satu manifestasi panas bumi yang ada di permukaan. Kalo menurut sha sendiri, dinamakan kawah hujan karena di area itu jadi kaya gerimis. Saking banyaknya uap yang keluar dari permukaan tanah terus campur sama udara dingin pegunungan jadilah rintik-rintik hujan. Begitulah teori ala-ala sha. Hahaha


As always ya, tiap kali sha nemuin kawah-kawah atau sumber mata air panas kaya gini. Paling cocok buat rebus telur! Sha ga beli karena udah kekenyangan hehe


Terus mama sama bapak sempet foto-foto gitu sambil ketawa. Seneng sha liatnya πŸ˜„ ini sha pajang foto yang calmnya. Soalnya blur semua karena ketawa. wkwk

Sha juga sempet ke batu-batu gitu di sudut tersembunyi sama bapak. Di tunjukin gimana sumber mata air alami. Dimana air panasnya keluar dari bawah kaya mendidih gitu. Bahkan batu dan air selokan kecilnya pun panas!

Tips: harus hati-hati nginjek tanah, batu, atau rumput soalnya bisa rembes licin keluar air dan uap. Lebih baik jalan di jalur yang emang khusus buat jalan dan jangan ngelewatin pagar pembatas karena bahaya. Lama-lamain di kawah hujan, uapnya bagus untuk kulit shay!




Terus ke kawah satunya lagi, kawah kereta api. Kenapa kereta api? karena suaranya gujes-gujes, Hahaha 

Lubang kawahnya tuh kecil banget, tapi tekanan uapnya sangat tinggi. Terus suka ada yang masuk ke area kawahnya dan membentuk jari (atau pake alat ya, gak keliatan soalnya) dan ngehasilin suara yang super mirip kereta api kalo lewat ada tuuut tuuut nya. FYI, suaranya kenceng banget sampe kedengeran ke parkiran.
Kadang mereka juga lempar-lemparin kain/plastik sampe terbang ke atas. Pas pertama ke sini, sempet ditawarin sama mang nya buat nyobain dan sha gak berani hehe


Bapak sha manggil, sha di suruh foto dan ini hasil fotonya. Terus bapak sempet selfie di hp sha dong sampe berkali-kali hehehe lucu aja sih karena bapak yang kesannya tegas terus sha liat beliau selfie. πŸ˜ƒ

Abis itu yang lain pada istirahat, sha nemenin tiga ponakan berenang. Heboh banget sampe sha basah semua. Asyik ya jadi anak kecil, berendam air anget di bak rendam gitu aja happynya bukan main. Sampe gak mau berhenti harus di bujuk-bujukin.

Pulang dan sepanjang perjalanan ngobrol sama bapak, cerita-cerita kalau bapak dulu itu anak pecinta alam dan pernah ke kawah kamojang ini dengan jalan kaki dari bandung! Super sekali πŸ‘ 

Dan bulan februari ini tuh bapak sha 50 tahun. Pas bulan januari sha udah nanya bapak mau apa dan minta di beliin sandal gunung. Tapi pas kemaren liat-liat sepatu pria terbaru sama jam tangan pria  di handphone (sha belinya online). Ngubek-ngubek jadinya malah beli celana jeans warna brown sama Navy. Ini mirip banget sama sha, yang di liat apa yang di beli apa wkwkwk dan tebak, sha jajan cilok! padahal udah kenyang 😁 Semoga bapak sha selalu sehat, di berikan rejeki yang berkah dan cukup, cepet-cepet punya mantu dan cucu. hehehe


Dan di tengah perjalanan berhenti dulu di kamojang hill bridge. Ini jembatan dan jalan baru. Pas pertama sha ke kawah kamojang juga pulangnya lewat sini. Kalau dulu harus lewat jalan monteng, jalannya curam banget dan tetangga sha ada yang kecelakaan sampe meninggal. Makanya meski dari dulu udah ratusan kali bolak-balik bandung garut sha baru dua kali ke sini setelah ada jalan baru.

Selama berhenti di jembatan yang lain pada jajan bakso dan sha jajan lagi sosis bakar! hahaha dietnya besok-besok ya :P

62 comments

  1. Wah seru ya jalan2 sama keluarga, aku pngen jalan bareng kluarga sperti itu, tapi sekarang sudah susah

    ReplyDelete
  2. Kalo jalan2 sama keluarga inti mah sering, tapi kalo jalan2 sama keluarga yang besar tuh jarang. Tapi sekalinya ngumpul, gak pernah gak heboh. Apalagi anak2 kecilnya tuh, wkwkwk. Sepupu aku banyak banget yang masih esde~~~

    Ah baca cerita kak Sha jadi kangen deh~ tapiii kesibukan tiap keluarga tuh bikin susah nentuin waktu :(

    Kalo sama keluarga besar yang umurnya beraneka ragam (?) emang enak tuh cari tempat yang kaya Kamojang gitu gitu~ gak terlalu yang rekreasi atraksi dan memicu adrenalin~ pokoknya enak buat makan bareng xD

    ReplyDelete
  3. Wah seru banget nih pastinya mainn di kawah gunung

    ReplyDelete
  4. jalan jalan sekeluarga besar gini kalo aku setaun sekali juga belum tentu sih. tapi dulu pernah ke bali sama borobudur, nyewa satu bis. wkwk

    aku kamojang taunya cuma ada Pertamina sama Indonesia Power aja di sana. wkwkw

    ReplyDelete
  5. Aku malah belum pernah jalan seperti ini bareng keluarga. Sewaktu beliau ke Jogja, aku belum sempat nemani karena bapak&ibu diculik sama anak-anak angkatnya. Jadi tiga hari di Jogja blas ketemu cuma sekali.

    Anak angkat ibu & bapak buanyak; rata-rata mahassowa Instiper; karena dulu tiap ada rombongan Instiper studi di Karimunjawa, nginapnya pasti di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaa, seru ya! keren bapak ibunyaa. Kalo sha pasti ngintilin aja wkwk

      Delete
  6. Senengnya piknik sama keluarga, jadi pengen kesana😘

    ReplyDelete
  7. aku belum pernah main uap, tapi pengen juga lah sekali22 gitu. hehehe. tempatnya berarti kalau dijadikan tempat foto2 bakal jos!

    berasa di dalam kabut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. main uap sendiri juga gampang! bikin air panas trus simpen muka diatasnya. Pori2 terbuka dan bikin kulit bersih hehe

      Delete
  8. Kawah kedua namanya unik,ya ... Kawah kereta api 😁

    Kalau kawah yang pertama lebih alami viewnya πŸ‘

    ReplyDelete
  9. Teh ke garut gak kenalan sama domba-dombanya teh? Makan dodol yang masih begitu kalo disini namanya koleh, enak emang tapi gak ditambahin coklat ini mah.

    Salah satu potensi wisata jawa barat yang harus dikembangkan. Btw selamat ulang tahun yang ulang tahun. Yang engga yaudah engga ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak. gak nemu domba ganteng :P

      bukan ditambahin, emang dodolnya rasa coklat gitu sih :)

      hahahaha mana kadonya? :P

      Delete
  10. Ih senengnya main ke kawah kamojang.. dulu sempat kesana tapi masi bocah gtu sha.. jadi lupa kupa inget.. wah kamu padahal bawa daging sha lmyan bisa matang masak disana xixix.. btw brenang diaana pasti enak dan rame yaaa

    ReplyDelete
  11. Aamiin buat doanya Sha.

    Btw, itu orang dimimpi saya jangan ditolak atuh, Sha. Siapa tahu emang jodoh. Penasaran kan siapa orangnya?

    ReplyDelete
  12. Jadi inget dulu waktu masih di kampung nenek saya
    gak jauh dengan kawah, cuma pgnen iseng rebus telornya haha

    ReplyDelete
  13. setiap ada kawah gitu pasti ada yang bawa telor hahaaha

    ReplyDelete
  14. mendungan gak usah diet, nagapain si dieet .. banyak makanan yg enak enak yg belum kamu coba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak dieeet, justru perutnya udah kepenuhan ga brenti2 makan hahaha

      Delete
  15. Asyik ya ngumpul sm keluarga...
    Saya terakhir ke kamojang thn 2004, udah lama bgt heuheu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan 2004 kaya baru kemarin. padahal 14 tahun yang lalu ya teh :)

      Delete
  16. Tempatnya asek sekali, aduh ngomongin soal opor, jad ngeces nih.

    ReplyDelete
  17. Lgs speechless pas baca jalan kaki dr bandung ke kawahnya :o. Hebat papanya sha :) . Zaman skr kalo disuruh jalan sejauh itu, aku pingsan kali hahahaha..

    Aku baru sekali ke garut, ada nikahan temen dulu. Dan Sukaaa bgt ama kotanya. Sejuk yaA.. Pokoknya kalo kota2 dingin gini aku pasti suka deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama hahahaha makanya dibahas terus karena bangga hehe

      iya, sejuuuk. Kemaren pas ke sana lagi cerah banget dan panas tapi hujan turun. hujan poyan kalo di sunda :)

      Delete
  18. Wah seru pasti ya jalan bareng keluarga,
    Mirip ya sama bapak ibunya, hehe

    ReplyDelete
  19. seru juga yah mbaa....kamojang garut, jadi pengen kesanaa..,telor ajaa sampe mateng yahh,,hhehhe

    ini kaya waktu di dieng pas tahun kemarin kesana, sama seperti itu yang ada telor di tenggelamkan kan pas diangkat sudah mateng dehh, kita tinggal maem ajaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iyaa, rata2 di tempat serupa selalu ada yg masak telor ya :D

      Delete
  20. Saya pernah kesana, pada tahun 2015 dan belum ada kamojang bridgenya kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya belum. Pas lebaran 2016 itu baru di buka keknya :)

      Delete
  21. Ngeri-ngeri sedap itu kalau salah jalan ya mbak Sha, kalau di Jepang tempat kayak gini udah penuh orang :D

    ReplyDelete
  22. Ngeebuuulll coba di Jakarta ada kaya begini yah :p

    ReplyDelete
  23. Hampir 10 tahun tinggal di Bandung tapi belum pernah sama sekali eksplor Garut :((

    ReplyDelete
  24. Keren kawahnya Mba, itu jembatannya fotogenic banget. Besok kalo pulang kampung mampir ke sini boleh juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deket Limbangan Mba, pinggiran Garut hehehehe

      Delete
    2. wua, sha juga punya kakek yang tingga di limbangan belakang pasar hehe

      Delete
    3. Loh kok sama, kakek saya juga di belakang pasar Limbangan, jangan2 kita sodaraan hahahahaha

      Delete
  25. Blom pernah ngetrip ke garut nih, kapan2 ke sana ah....

    ReplyDelete
  26. Fasilitas WAG memang bisa mengeratkan keluarga dari generasi ke generasi. Apalagi pada antusias klo bikin acara. Pastinya seneng banget ya

    ReplyDelete
  27. Waaaah....belum pernah nih aku kemari, nanti mau kesini deh. Makasih ya udah nambah referensi tempat wisata. Asyik nih pasti, apalagi jalan2nya bersama keluarga.

    Jalan2 bersama keluarga, terutama keluar pulau selalu saya lakukan tiap akhir tahun. Tapi Akhir tahun ini sepertinya tidak bisa deh,,,,istri mau melahirkan soalnya.

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.