28 June 2016

PENGALAMAN MEMBUAT NPWP DI JAKARTA DENGAN KTP LUAR KOTA (BANDUNG)



Sudah baca pos isha yang sebelumnya mengenai belajar keuangan? Kalau sudah, tentu tahu kalau Isha mau bikin reksadana. Isha sudah coba ke commonwealth yang ada di kramat. Dan ternyata, disana gak jual reksadana, hanya asuransi saja. Lalu sha ke commonwealth yang ada di tanah abang.

 Udah muter-muter gak ketemu! Padahal alamatnya sesuai dan gedungnya ga ada tulisan bank commonwealth, pas di telfon pun ternyata salah sambung ke apotek, lalu sampailah ke commonwealth di Cikini.
Kenapa commonwealth? Karena setelah baca sana sini, yang paling banyak ya itu. Rata-rata beli reksadana di bank tersebut. Setelah melalui banyak badai, Isha kembali bersedih. Ternyata gak bisa bikin reksadana karena Isha belum punya NPWP.

Baca mengenai persyaratan pembuatan NPWP. Isha pun mencoba mendaftar NPWP secara online. Dan ternyata ditolak! Karena alamat di KTP tidak sesuai. Secara ngajuinnya ke kantor pajak kramat tapi domisili di KTP adalah Bandung. Tambah sedihlah. Keinginan untuk punya reksadana belum juga dapat terwujud.

Berangkatlah Isha ke kantor pajak di kramat dengan modal fotocopy KTP dan Surat Keterangan Kerja. Dari hasil penelusuran google, untuk mengajukkan NPWP beda wilayah membutuhkan surat keterangan domisili sementara dari kelurahan setempat. Belajar pada pengalaman teman yang minta surat keterangan domisili susahnya minta ampun. Sudah ke RT-RW sampe kelurahan tapi suratnya ga juga keluar karena harus ada KTP dengan domisili setempat. Hmm

Lalu dengan nekat dateng ke kantor pajak, ngambil nomor antrian dan mengisi formulir pendaftaran NPWP. Udah deg-degan aja takut di tolak. Pas udah di counter, ibunya langsung bilang gak bisa. Terus di tunjukkin deh surat keterangan kerja. Ibunya baca terus searching nama kantor di komputer dan bilang kalau kantor termasuk di wilayah pajak kramat. lalu nulisin angka dan ngprint kertas yang harus di bawa pada saat nanti pengambilan NPWP seminggu lagi.

Seminggu kemudian sha dateng lagi ke kantor pajak, nemuin ibu A di lantai 4. Harus menunggu karena tinta print nya abis. Tapi prosesnya cepet kok! Dan langsung deh, resmi punya NPWP.

Ternyata gampangkan bikin NPWP, meskipun beda domisili kita bisa mengurusnya dengan surat keterangan kerja. Apalagi kalau domisilinya saja, bisa online dan NPWP diantarkan ke rumah!
Btw, ada yang tahu bagaimana cara membayar pajak untuk pertama kali?                    

Update: Berdasarkan info dari Aldila Hapsari, per 13 Jan 2018 sudah tidak bisa membuat NPWP dengan surat keteragan kerja saja. Harus mendaftar di kantor pajak sesuai dengan alamat KTP.

Update: Bikin NPWP sekarang tinggal di tunggu aja. Dateng hari itu dan langsung jadi hari itu juga.

56 comments

  1. kalau sayan belum lama ini membuat NPWP secara online, sha.. setelah jadi di kirim ke alamat rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau bikinnya sesuai alamat ktp emang begitu. udah jauh lebih praktis ya mang

      wuaa, hatur nuhun :)

      Delete
  2. Jadi bisa ya pke surat keterangan kerja saja tanpa surat keterangan domisili sementara? *Ngurus surt domisili semntara ribet bener

    Terus itu yang di artikel si ibu petugasnyx bilang tidak bisa kenapa tiba2 jadi bisa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa :)

      karena kantornya terdaftar di wilayah kramat dan bayar pajaknya ke situ :)

      Delete
  3. kayanya kalau belum jelas diterima kerjanya belum bisa buat NPWP luh!

    ReplyDelete
  4. Buat nambah wawasan, kali aja suatu saat mengalaminya

    ReplyDelete
  5. maaf mau tanya kalo pake surat domisili itu bikinnya di daerah asal apa didaerah yg skrng tinggal? blm tau hehe

    ReplyDelete
  6. Kalau pakai surat domisili masih bisa kan bikin NPWP? Domisili dari RT apa dari Kelurahan? Thx

    ReplyDelete
  7. Surat keterangan kerjanya yang jadi alasan kenapa boleh.

    ReplyDelete
  8. Mba kebetulan juga saya org bdg yg mau buat npwp di jakarta karena saya kerja di jakarta,proses pebuatan npwp ini sehari jadi mba? Npwp nya langsung diambil di kantor pajak atau dikirim ke alamat tinggal di jkt (kost) ya mba?

    ReplyDelete
  9. Brtti bisa yaa bkin npwp tanpa surat ket kerjaa, soalnya slah satu dri syaratnya kan hrus ada surat ket kerja..

    ReplyDelete
  10. BERARTI SKARANG UDAH GA BISA URUS PAKE SURAT KETERANGAN KERJA LAGI YA?
    KARNA SAYA DOMISILI DI LUAR JAKARTA BERATI APAKAH SAYA HARUS URUS SESUAI KTP SAYA?

    ReplyDelete
  11. Mba kalo saya mau bikin npwp beda domisili bisa ga? Tapi persyaratannya cuman domisili kelurahan ga pake surat keterangan kerja. Kalo bisa berapa lama prosesnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. per januari kemaren sudah tidak bisa, harus tetap bikin sesuai alamat di ktp :)

      Delete
  12. Mbak kalau , harus sesuai alamat asli ...msal online bisak tidak ya daftarnya? Alamat untuk daftar online dmna dan KPP tujuan sesuai ktp udah otomatis apa ada pilihan kpp tujuan di online tersebut? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ada daftar kpp tujuannya, tinggal pilih aja :)

      Delete
    2. berarti kita harus ambil npwp nya di alamat yg sesuai ktp kan? sdgkan kita kan uda beda kota misalnya jadi agak ribet sih urusnya

      Delete
  13. Saya mau daftar npwp oline, sy udah masukin semua data tpi cman alamat usaha yg nggak bisa di masukin jdi datanya kurang persyaratanya nggak bisa terkirim, solusinya gmna ya

    ReplyDelete
  14. sis sya mw ganti kartu npwp yg lama ke yg baru di jakarta bisa?alamat npwp bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga, coba aja hehe kayaknya npwp berlaku seluruh indonesia meski pindah2 tempat

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Adik saya mau buat npwp, karna gajinya dibawah 4,5jt perbulan malah cuma dapet surat keterangan tidak wajib pajak, pdahal dia butuh npwp buat melamar kerja di tempat lain yg notabene syarat utama pelamar harus punya npwp

    ReplyDelete
  17. Ade sata mau bikin npwp asal tasik mau bikin d tangerang bisa ngga mb.....

    ReplyDelete
  18. Mau tanya, kalau bikin npwp pake surat keterangan domisili itu rt, rw saja atau rt, rw dan kelurahan juga

    ReplyDelete
  19. Ini kalo ktp nya banyumas tpi sekarang dicikarang bisa ga ya mba?

    ReplyDelete
  20. Ini kalo ktp nya banyumas tpi sekarang dicikarang bisa ga ya mba?

    ReplyDelete
  21. Klw KTP beda sama tmpt tinggal skrng bsa gak buat NPWP ?dngr2 dri tmn bsa asal pke surat ket.kerja doang.gmn tu ?

    ReplyDelete
  22. Mba Kaka saya sudah daftar online.
    Sampe selesai.
    Dapet balasannya :
    Kpd yth kpp Pratama Ciamis.
    jl.Drs.H.soejoed Ciamis. Notl. 021 ....

    SURAT PENGIRIMAN DIKUMEN


    Apakah itu tandanya sudah terdaftar. Dan kpan saya mendapatkan kartu NPWP nya...?

    ReplyDelete
  23. Sy mau bkin npwp di tngerang tp ktp sy garut bsa gk?? Dg mnggunakan domisili dr klurahan

    ReplyDelete
  24. Saya ingin bertanya, saya sudah membuat npwp dn hari itu juga jadi tapi cuma dikasih kertas yang ada gambar kartu npwp nya. Lalu kartu npwp asli nya di kirim via pos setelah 30hari kerja. Yang saya pertanyakan waktu saya isi formulir alamatnya rt 01 rw 10 no 2. Sedangkan alamat asli saya di rt 2 rw 10 no 2. Cuma beda rt doang. Apakah bisa untuk dirubah alamatnya atau ga ngaruh(ga ada masalah) sedangkan kartu lagi diproses takut orang pos ga sampe kerumah. Gimana saran nya mba atau mas.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tunggu aja :) kalau di sini sih sekarang langsung jadi yang aslinya sekarang mah

      Delete
  25. Klo ktp domisili sdh ada tp nomer kk nya tdk terdaftar di dukcapil hrs bgmana ya..mohon bantuannya
    Terima kasih

    ReplyDelete
  26. Saya sudah membawa surat keterangan keterangan kerja,tapi tetap aja di tolak oleh kantor pajak

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah saya update dari januari sudah tidak bisa pake surat keterangan kerja lagi

      Delete
  27. Mau nanya mbak
    Saya ktp palembang terus mau ngurusin npwp di bogor
    Bizah gak mbak??
    Apa harus ambil surat domisili di bogor tempat kita tinggal mbak
    Mohon inpo ny y mbak
    Makasi

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.