12 February 2018

Bertemu Arjuna di Banjarnegara


Kabut menyapa tipis-tipis. Kami berjalan diiringi wangi bunga berwarna kuning. Yang konon katanya, jika menghirup wangi dari bunga terompet ini secara langsung, menimbulkan efek memabukkan.

Begitu bertemu, Candi Arjuna langsung merebut perhatian para blogger. Mungkin, karena memang begitu karismanya? Tour guide kami sempat sedikit merasa kecewa dan meminta kami untuk berkumpul kembali, mendengarkan penjelasan seorang Arkeolog yang berada di sampingnya.

Lalu, Arkeolog menjelaskan tentang asal muasal candi Arjuna, yang katanya merupakan salah satu candi tertua di Indonesia. Menjelaskan bagaimana perbedaan antara candi Hindu dan Budha. Bagaimana ujung candi tersebut beserta ornamen-ornamennya. Menyebutkan banyak kosakata yang asing di telinga. Sha mungkin terlalu banyak menyerap informasi hari itu, terlalu lelah dan hanya ingin bermain.

So, just playing and taking a lot of selfie!






Gak sampe 20 menit pertemuan kami dengan Arjuna. Tapi hey! kita semua bahagia dan ngerasa kalo kunjungannya bentar banget. Dari sini sih, yang tadinya malu-malu sama blogger lain jadi deket dan kenal. Haha

Totalnya, di sini ada lima candi dengan empat candi utama. Ada sebuah pendopo di kelilingi bongkahan-bongkahan candi (iya, sha lupa nama tempatnya apa). Dan di dalam candi, pas sha masuk. Gak ada arca nya. Candi-candi di sini masih digunakan untuk ibadah. Dan ternyata, kata Arkeolognya tadi. Di kawasan sini terdapat banyak sekali candi. Bahkan yang belum di gali atau tidak di gali karena lahannya dijadikan kawasan pertanian.

Abis itu, kita ke hotel. Sekamar dengan mereka. Di ajakin jajan In**mie. Kenapa gak beli mie ongklok aja, padahal cuma ada di dieng? karena biar suatu hari bisa ke sini lagi buat jajan mie ongklok. Juga, pengen liat DCF alias Dieng Culture Festival dimana anak-anak gimbal potong rambut.

Dan, terima kasih buat mereka yang udah ngajarin sha main kartu selain solitaire! Malam yang menyenangkan 😊

54 comments

  1. Bulan agustus DCF-nya teh. Datang aja ahahha, rame banget sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah liat2. tapi gileee, biaya paket tournya muahal2 hahahaha

      Delete
  2. aku masih penasaran sama bunga berwarna kuning itu. kalo dihirup bisa memabukkan. apa nanti rasanya mual2 gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gatau, soalnya sha gak nyoba. dari jauh aja wangiii banget apalagi deket haha

      Delete
  3. hemm, kalau disana uda ketemu arjuna, mas aja yang jadi rahwana :D

    ReplyDelete
  4. Terakhir liat candi pas SD.. Jadi pingin main-main ke sana, baru demen poto sekarang hehe

    ReplyDelete
  5. Wow.. Komplit banget ya perjalanan ke Diengnya..
    Ngikutin perjalanannya di tiap postingan soalnya.. hehe

    Ni Candi Arjuna masuk target destinasi tahun ini...
    Sebelumnya gagal terus soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, makasih loh udah gikutin serialnya hehe

      semoga kecapai buat ke sini ya!

      Delete
  6. Duhh jadi inget kalo kesana..sambil ke dieng....dinginnya duhhhh serasa dingin eropaa..hhehehe

    ReplyDelete
  7. DCF rame banget tapi.
    Asli beda banget hasil fotonyaaa ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan mahal, udah search harga2 tripnya. gileee. gak sanggup!

      gimana kameranya kak hahaha

      Delete
    2. Haha foto pertamanya bikin salah fokus nih. Bening banget. Haha

      Delete
    3. wkwkwkwk efek kamera, trus sebelom di foto di toilet dulu doong. buaaat... dandan! hahahaa

      Delete
  8. Terakhir ke candi kapan ya? Pas SMP hahaha
    Ah bener, wisata sejarah harus dimasukan kayaknya ke planning. Tapi ntr deh...di note aja dulu. hahaha

    Terus,sekarang udah bisa main kartu apa aja selain solitaire? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. note aja duluu hehe

      kemaren diajarin uno, trus apalagi yaa. ga hafal nama2nya ahahaha

      Delete
  9. Ih... fotonya bagus-bagus, Sha.
    Mau juga ketemu arjuna, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. arjuna mana dulu? arjuna candi apa arjuna hati mbak? hahaha

      Delete
  10. Wooww!! Kirain Arjuna pujaan hati...😱😱😳

    Candi Arjuna ternyata yang punya nilai sejarah Fantastis mantep deh wisatanya Fans..😄😄😄

    ReplyDelete
  11. Dulu pas ke dieng belum tahu makanan khasnya apa, cuma tahu ada carica aja

    Ternyata ada mie ongklok ya, tapi belum difotoin tuu hwhe 🙈

    ReplyDelete
  12. Wah...dapet undangan buat famtrip terus blogger Bandung satu ini.
    Sa kan jadi iri XD

    ReplyDelete
  13. Adem bgt suasana di sekitaran candinya.. Habis hujan ya mba?

    ReplyDelete
  14. cieee....cieee sumringah sekali Mbak setelah bertemu Arjunanya, saya pikir bertemu dengan SAng Arjuna yg di film Mahabarata itu. Ternyata Candi Arjuna, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha tontonannya nih kang nata, sama ama mama sha! haha tapi skrg udah gak ada. trus episodenya kepanjangan..

      Delete
  15. eksis yah sha |
    selfienya bnyak
    yang Behel ijo jangan sampe LOLOS :D

    arjuna pujaan hatinya udah ketemu juga belum sha ?

    :D

    ReplyDelete
  16. Arjuna nya beneran gagah ya ...
    Berdiri memikat mata banyak traveller.

    ReplyDelete
  17. Kawasan wisata Candi Arjuna di Dieng itu memang eksotis banget, apalgi bisa mnejadi tempat liburan yang menyanangkan sambil foto-foto dengan teman yang lainnya. Apalagi dengan sang Arjuna yang menjadi idola hidup ya mba. he,, he, he,

    ReplyDelete
  18. Viewnya keliatan indah dan asri gitu yaak.. Duh liburan jadi pengen ke candi, udah daridulu nge-plan ke candi tapi pasti ada aja hambatannya :))
    Moga aja deh kali ini kesampaian, hehe

    ReplyDelete
  19. Sudah dua kali ke Dieng, klo candi arjuna baru sekali, tapi emank sejarahnya dan bangunannya apik

    ReplyDelete
  20. wahh.. seru banged bisa liburan bersama sahabat.. momment banged tuh

    ReplyDelete
  21. siapa arjuna tu ...

    hensem tak ..

    hahahaha

    ReplyDelete
  22. cewah...bagus banget dapat jalan-jalan gitu..

    seronok kan!

    ReplyDelete
  23. seru seru ceritanya!
    pernah ke sana juga pas tahun 2016. jadi kangen mau balik lg krna baca ceritanya sha :)

    ReplyDelete
  24. Pernah ksini tapi lama skali waktu msh kuliah. Btw.. kalo bs ketemu Arjuna, apa mungkin bs ketemu Srikandi di sana ya? Hehehe...salam kenal mbak

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.