7 March 2018 kupu bistro

Berjerawat karena hormon


Halo semuaa, long time no see! Mudah-mudahan pada sehat-sehat dan bahagia ya 😊

Sha mau share tentang hal yang terjadi sama sha dua bulanan ini. Yaitu.. berjerawat! Well, ini jadi hal yang luar biasa banget karena sha berjerawat lebih dari 20 biji di muka! aaarrgh. sampe bikin stress.

Emang sih, sha ini termasuk yang kalau menstruasi muncul jerawat di muka. Tapi biasanya, cuma satu doang. Selesai menstruasi jerawat pun hilang. Awalnya sha pikir karena menstruasi tapi setelah selesai menstruasi jerawatnya ga hilang malah tambah banyak.

Sha sempet posting foto close up di whatsapp story. Temen langsung ngechat dan bilang kaget banget dengan wajah sha yang kata dia si muka pantat bayi tiba-tiba penuh jerawat. Jangan jauh-jauh, bapak sha yang biasanya cuek. Tiba-tiba nyuruh sha ke dokter buat periksain jerawat karena takut kenapa-napa.

Dan akhirnya, minggu ini jerawat sha kempes semua! tinggal bekas-bekasnya yang gatau bakal ilang apa engga 😐

So, kenapa sha bisa jerawatan segitu banyak? Karena hiperandrogen!

Jadi, hiperandrogen itu merupakan gangguan hormonal yang terjadi pada wanita karena kelebihan hormon androgen. Pada dasarnya, androgen ini hormon yang di miliki oleh pria. Meskipun wanita memiliki hormon androgen, namun kadarnya amat sangat sedikit. Dan kejadiannya, sha kelebihan hormon androgen.

Ada beberapa tanda yang muncul saat seorang wanita mengalami hiperandrogen: SAHA

Seborrhoea 

Seborrhoea atau seboroik ini merupakan penyakit kulit yang biasanya mengenai kulit kepala dan daerah tubuh berminyak. seperti daerah punggung, dada, wajah sampai kulit kepala. Akibatnya bikin kulit jadi berwarna merah, bersisik dan berketombe.

Dan ya, dalam dua bulan ini sha tiba-tiba berketombe banyak banget. Bukan ketombe macem salju kecil-kecil. Tapi yang nempel gitu.

Seberoik ini disebabkan oleh food sensitivity immunoglobulin type G.

Acne

Acne atau jerawat. Apa bedanya jerawat hiperandrogen?

Cenderung susah diatasi dibanding jerawat biasa. Dan ini bener banget, sha udah pake obat jerawat. Tapi jerawatnya setelah kempes muncul lagi diarea yang sama.

Lebih parah dan berpotensi menimbulkan scars. Tentu lebih parah, sha biasa jerawat cuma satu ini sampe 20an lebih terutama diarea kening. Dan sha takut banget ada bekas lukanya, tapi ya gimana lagi susah diapa-apain kalau scars, kecuali di laser dan biayanya lumayan.

Dapat tubuh di berbagai area tubuh dengan densitas minyak yang banyak. Okay, sha akui juga kalau sha tiba-tiba berjerawat selain di muka. Well, kalau kalian jerwatan di tangan, leher, punggung, dll harus di liat mungkin kalian kena hiperandrogen.

Hirsutism

Hirsutism atau pertumbuhan bulu/rambut berlebih pada wanita seperti pola pertumbuhan pada pria. Misal nih ya, cewek tapi berkumis. Cewek dengan bulu kaki yang tebal. 

Kalau sha sendiri alhamdulillah gak muncul tanda ini. Meski begitu, mengalami dua gejala diatas sha termasuk mengalami hiperandrogen.

Androgenetic

Yan terakhir ini karena hormon turun menurun. Jadi ya, horom androgen itu di turunkan dari orang tua kita (at least, sha pernah liat bapak pernah jerawatan di punggung dulu banget).

So, buat kalian para wanita. Kalo milih cowok harus pilih-pilih. Kalau muka pria nya bopeng-bopeng. Anaknya pasti bopeng juga. (karena hormon ini emang di turunkan). Ini kata dokter lho, bukannya sha gak ngebolehin apalagi kalau udah terlanjur cinta wkwkwk

Dari empat diatas, sha mengalami dua gejala dan satu gejala tambahan menurut dokter. Sha dua bulan ini sakit bukan main tiap menstruasi. Sampe lemas bahkan ga bisa berdiri. 

Solusinya gimana? Sha jaga pola makan. Faktor penyebab sha mengalami hiperandrogen karena makanan hingga mengkonversi androgen lebih cepat.

Ada juga beberapa faktor lain yang bisa membuat hiperandrogen.

Faktor endogen: PCOs, kontrasepsi, hiperplasia fungsi kelenjar adrenal, tumor
Faktor eksogen: hormonal, streroid anabolik, pengobatan kortikosteroid, makanan.

Nah, kalau kalian jerawatan dan gak sembuh-sembuh kaya sha. Bisa jadi terkena hiperandrogen. Coba di cek ke dokter, sayangi diri sendiri 😊

83 comments

  1. Kalo jewarat saya sih sembuh sendiri
    Y cuma gitu ada peninggalan sejarahnya
    Kayak lubang di antara dua lubang hidung
    Dulunya tuh si jewarat nemplok di pulau antara dua lubang hidung

    ReplyDelete
    Replies
    1. peninggalan sejarah? hahaha yaampun bahasa bikin ngakak pagi2 :P

      Delete
  2. Saya langganan nih jerawatan, huhuh sedih, tapi seiring bertambah usia mulai berkurang sih gak se sensi dulu dikala muda belia heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama teh, sedih banget :(

      jadi wajar ya teh kalo sha jadi sensi gini..

      Delete
  3. Semoga gada bekasnya ya shay btw suamiku mudah jerawatan karena genetik itu tadi kalo aku kulit kering jadi jarang punya jerawat♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. mudah2an banget teh. tapi ini yang deket alis ga ilang2 haha

      katanya bisa diobatin teh, yang genetik gitu. Cuman biayanya lumayan :D

      sha juga kulitnya kering..

      Delete
  4. Aku pernah ngalamin hiperandrogen hampir 8 bulan, penuh perjuangan pisan ngobatinnya tapi untungnya nggak harus berobat ke dokter. Cari-cari info sebanyak-banyaknya dari internet terus ngobatin sendiri, yang penting sabarrrr :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren ke dokter juga cuma konsul aja sih teh, gak dikasih obat. soalnya sha udah gatel banget pgn motel2in hahaha
      gimana cara ngobatin sendirinya teh?

      Delete
  5. Saya kira setelah dewasa dan jadi bapak² atau ibu², jerawat nggak bakalan nongol lagi.

    Ternyata nggak yaa.

    ReplyDelete
  6. Wah anak aku Kayla masih SMP lagi mulai jerawatan kecil-kecil yang gemesin gitu Sha...

    Lagi mulai diajarin buat rajin cuci muka dan jangan suka dikorekin biar gak berbekas :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wua, kayla pasti bingung kaya jaman sha dulu hehe

      nah itu, suka gatel pengen ngorekin :P

      Delete
  7. wah mba Sha jangan diitungin jerawatnya pamali *emak2 banget yang percaya mitos kalau diitungin jerawatnya makin banyak hahhaa..

    btw aku baru tahu tentang hormon hiperandrogen makasi sharingnya mba Sha semoga lekas mulus lagi ya mba mukanya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, sekarang tinggal satu biji lagi nih teh hahahaa

      aaamiiiiin ya Allah

      Delete
  8. Yaa allah shaaa sayang banget ii kemarin masih unyu sekarang berkurang dkit gara2 acne.. moga jerawatnya cepet kabur ya sha dan sha jadi cantik lagi.. semoga bs sembuh full ya.. jaga pola makan juga ya cantik 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, sedih banget teh. Sampe stress eh, jerawatnya malah makin banyak haha

      aamiin. Makasih banyak teh :)

      Delete
  9. Jerawat paling mengganggu semasa SMP. Gak sampai 20an sih palingan 5-7. Tapi menghantui terus selama 3th sampai lulus langganan rutin jerawat. Pas SMA berkurang kadang 2-3 kalau muncul. Selulus SMA sampai sekarang malah jarang muncul, terkadang 5-7 bulan sekali muncul satu ekor itupun gak bertahan lama trus kempis dan hilang dengan sendirinya. Gak tahu kenapa :P Udah pada bosen kali tuh jerawat nongol di muke gue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin faktor hormon dan usia?

      wkwkwk mungkin dia udah merasa saatnya untuk pergi meninggalkan kali ya haha

      Delete
  10. Zaman smu aku jerawatan yg sampe lamaaa bgt sembuhnya. Itu krn hormon kali yaaa... Trs kuliah bersih. Eh, baru thn lalu aku kena serangan jerawat lg, tp itu krn aku alergi skin care yg mengandung AHA sih sha. Kebetulan sblmnya pake skin care yg begitu. Skr sih udh kempes lg, tp butuh waktu lama, dan bekasnya sampe skr msh blm ilang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, heran ya kenapa jerawan ngasih bekas. udah kek mantan ajaa ngasih bekas luka *eh

      Delete
  11. Aku termasuk tipe yang jarang jerawatan dan alhamdulillah kulit wajah tidak terlalu sensitif.
    Dipakein kosmetik apa aja, oke.

    Tapi bener niih...
    Di keluarga suami, asal makan protein berlebihan, langsung jerawatan berlebih.
    Ternyata ada faktor turunan juga yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya, teh lendy mah mukanya muluuus banget. cantiik :)

      iya, gitu kata dokter teh :)

      Delete
  12. Wah, dulu Ima langganan banget jerwat di bagian pipi, hidung. Tapi setelah menikah malah ga lagi, malah sekali2 bangeeet, mungkin salah makan atau kurang makan serat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, bisa jadi begitu. Tapi faktor menikah juga bikin hormon berubah teh. :)

      Delete
  13. jerawat biasa (kena polusi/debu) biasanya bisa hilang 1-3 hari.. kalo jerawat pas PMS itu yang susah dibasmi..hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah kalo sha kebalik. PMS gak nyampe seminggu udah ilang lagi :)

      Delete
  14. kayaknya bukan gejala2 di atas deh, biasanya emang setiap kali menstruasi itu wajib jerawat 1,2 tapi selesai itu hilang sendiri..

    jerawat bisa juga karna kebanyakan mikir, ada istilah ga mba buat itu? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, biasanya sha jg gitu pas pms doang. pas ini mens nya selesai tp jerawatnya malah makin banyak :(

      stress? mempengaruhi hormon juga hehe tapi gatau apa istilahnya :D

      Delete
  15. waduh jerawat Sha, aku baru sembuh nih jerawat dijidat huh sakitnya dah kayak bisul aja Sha
    iya sih cuma moment-moment tertentu aja atau kalau lupa bersihin muka sebelum tidur Sha

    ReplyDelete
  16. Wooww!! Panen tomat eehh salah Jerawat..😱😂😂

    Katanya mendadak jerawatan suka mendam Cinta..😱😱😂...Nahloo! Kata anak ABG eehh apa Generasi Now..😄😄


    Yaa! Jerawat bisa juga pengaruh stres atau pikiran yang berlebih... bisa juga seperti yang telah dijelaskan diatas.😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha emang kaya tomat ya mas :D

      cinta pada siapa haha

      betul banget :)

      Delete
  17. Alhamdulillah jarang keluar jerawat nya aku mah :) sekali keluar besar tapinya.. Hihi..

    ReplyDelete
  18. InsyaAllah akan berlalu seiiring pertambahan usi Sha. Saya dulu jg gitu. Rajin2 makan tomat mentah setiap hari

    ReplyDelete
  19. apa semakin bertambahnya usia, makin mudah kena hiperandrogen?
    aku dulu juga jarang jerawatan, paling pas menstruasi doang.
    tapi kayaknya semakin kesini, jerawatan melulu, gak ilang-ilang :p

    ReplyDelete
  20. Kalo lagi suntuk, stres berat mesti nongol itu jerawat ahhahaha

    ReplyDelete
  21. Saya baru tahu tuh tentang hiperandrogen, Sha.

    Mudah-mudahan jerawatnya tidak berbekas ya, Sha.

    ReplyDelete
  22. ribet klo jerawat.. kadang bikin depresi..
    saya dulu pernah berjerawat.. dibiarin aja ilang2 sendiri.. hoho

    ReplyDelete
  23. Untung aku ga punya jerawat, pengen aturlah sha..
    Eh, pernah denk kalo mau Haid tapi jarang banget

    ReplyDelete
  24. p[as remaja sampe kuliah jerawatku banyak. udah kayak parutan. nyoba banyak krim dan pembersih sama aja. jerawatnya tetep banyak.. coba berhenti pake ini itu, jerawatku ilang sendiri...

    skr malah jartang jerawatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. parutaan? yang bener ajaa?

      alhamdulillah, udah terbebas ya maas

      Delete
  25. Apakah kacang bisa menyebabkan jerawat ya, aku suka bnget tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisaaa, malah ada temen sha yang sensitif banget. Makan kacang gak lama langsung muncul lho jerawatnyaa

      Delete
  26. Waduh parah ini berati saya harus cari cewe yang bersih mulus tanpa jerawat yak supaya anaknya bersih juga kaya saya haha ;v

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya yang nurunin itu dari cowok alias bapaknya. Karena yg banyak hormon androgen kan bapaknya bukan ibunya hehe

      Delete
  27. berjerawat itu menandakan orang tsb memiliki kulit yg subur mbak, menurut saya sich.....heheheh...

    tapi horman memang benar sangat mempengaruhi, apalagi saat kita sedang usia pertumbuhan mmmmm..... jerawat memang sering menemani kita.

    tpi percayalah seiring waktu akan hilang sendiri kok, asal jng dipencet2 kayak tombol hape. :)

    ReplyDelete
  28. Katanya kalo perempuan muncul sedikit sudah panik ya.. Kalo laki mah dibuat santai

    ReplyDelete
  29. wah wah, berarti faktor keturunan juga menentukan.
    Untung saja ,wajah saya mulus mirip rembulan kalau dipandang dari jauh.
    Kalau saya jerawat biasanya jika kangen pacar saja. Jika rindu sudah tersaluran nanti sembuh dengan sendirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciee yg mirip rembulan :D

      ah yaaa? faktor ridu terpendam berarti ya hihii

      Delete
  30. Oh jadi penyebabnya bisa dari makanan ya? Kirain karena kotor aja mukanya

    ReplyDelete
  31. Mau jerawatan atau engga, teteh tetep cantik kok. Btw, saya kalo jerawatan gak ketara sih, faktor kulit gelap wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. awww, di puji begini. Fotonya sha jadiin foto profile! hahahaha

      keuntungan yang hakiki kalo itu :D

      Delete
  32. saya juga dulu sering jerawatan waktu masih kuliah mbak gara2 hormon atau karena banyak pikiran dan pusing sama tugas kuliah saya sendiri tidak mengerti hehe jerawatnya gede jadi kalau maju presntasi di kelas malu di ketawain karena jerawat nya pas di dani .. dikatain orang india saya wkwk tapi syukurlah semuanya sudah berlalu jerawatnya sudah padah hilang.

    ReplyDelete
  33. Aku ni ibuku dulu jerawatan, apakah aku harus tidak bersyukur punya ibu yang jerawatan wkwkwk.. wadoh durhaka sekali :D, tapi kayaknya faktor makanan dan tingkat stress berpengaruh sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalo gitukan kita gak bisa milih di lahirin dari orang tua yang mana :) memang segala hal harus di syukuri ya :)

      betul, itu juga yang mempengaruhi apakah si jerawatnya terpacu untuk timbul..

      Delete
  34. aku juga berjerawat banyak kemarin mbak sha
    yah stres kerjaan mungkin
    tapi sekarang habis rajin nyecrub mo bobok malem udah mulai berkurang
    biasanya sih... males hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa jadi tuh.

      harus rajiin, kemaren sha cuma pake clean water doang tetep muncul jerawatnya. harus cuci muka! wkwk

      Delete
  35. Hayo jerawatan, siapa tuh cowok yang mau digebet... 😄

    ReplyDelete
  36. Syukurlah aku mulus.
    Jadinya masih ada kemungkinan anak anak ku mulus semua hahahahha

    Hayoo buibu single di atas kalo ada yang mau sama aku silahkan kode yaaa hahahahahha

    P.S.
    Btw jerawat di punggung nggak cuma karna hormon sih Sha. Banyak juga yang kejadian karena kurang bersih. Misal, pas lagi mandi sabunan nya nggak sampe bagian itu. Terus yang banyak banget kejadian itu cowok cowok yang sering tidur gak pake baju. Ntar keringetan trus nempel di kasur kan. itu berminggu-minggu kayak gitu muncul deh jerawat punggung.

    Mirip kayak di wajah, mungkin karena penyumbatan pori oleh kotoran atau bakteri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aul, tolong ya dikondisikan. Hahahaha.

      Delete
    2. auuuul, baru tau sha kalo kecengannya buibu! wkwkwk

      itu mah sepreinya gak di cuci-cuci kali sebulan ya? biasanya anak kos sih gitu :P

      Delete
  37. walah.. karena kelebihan hormon androgen.
    trus biar hormon androgen nya bs stabil, kudu piye?

    ReplyDelete
    Replies
    1. olahraga, makan makanan yang seimbang. Pokonya pola hidup sehat gitu bisa pengaruh hehe

      Delete
  38. saya juga orangnya gampang jerawata nih,, udah berbagai cream saya coba namun jerawat tetap aja ada, paling ilang sebentar lalu timbul lag i bagian yang lainnya.

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.