1 June 2018

Singapore Trip day 3: Saat terbiasa namun harus berpisah


Di hari terakhir di Singapura ini, mata sha bener-bener segar bugar. Padahal semaleman gak bisa tidur karena si bule hotpants berantem!



Jadi ceritanya di hostel kami, ada bule asia yang gak pake baju tapi selimutan dan nyalain AC dingin banget. Terus si bule hotpants protes, dia kedinginan (tapi cuma pake hotpants doang) karena besok harus kerja, dia secara terang-terangan bilang minta ACnya dimatiin (kasurnya dia dibawah AC banget), tapi bule satunya pura-pura tidur sambil remotenya dikekepin. 

Gak nyerah gitu aja, selimutnya ditarik. Bule satunya bangun, terus natap bule hotpants. Dijelasinlah kondisi dia kaya gimana, di kasih pilihan tukeran tempat tidur (tempat tidur bule satunya di ujung banget), AC nya dinyalain tapi ga dingin2, dll. Tetep no respon dan cuma diem plus ngekepin remote AC sambil natapin doang, sampe akhirnya bule hotpants marah banget dan gebrak kasur. 

Temen-temen yang lain akhirnya turun tangan dan nyari jalan tengah. Hasilnya? Semua orang melongo ngeliat bule satunya ngeloyor pergi keluar kamar sambil bawa remote tanpa sepatah katapun (dia gak balik lagi sampe pagi). Kita semua gak bisa tidur karena udah kaya di kutub (padahal belum pernah ke kutub) lalu hening.

Sha ngeluh sama temen kepala sha pusing, perasaan sha kaya gempa terus. Mungkin karena tidurnya ayam-ayam gak jelas. Temen sha ketawa, iyalah kaya gempa, kan di bawah kita itu MRT, tiap kali lewat jadi kaya gempa. ZZzzzz 😐


Dan jadi morning routine, pagi-pagi jalan dulu ke Haji Lane, sarapan terus kita ke merlion! Waktu di stasiun bugis, ada buibu nanya kita mau kemana? pas di jawab merlion, ibu2nya bingung, mikir terus jawab oh merlayen, kalian turun di raffless ya, naik kereta yang sebelah sana. Terus setelah ibu2nya pergi, kita ketawa! wkwkwk asli receh banget. baik banget ya buibunya, padahal kita gak nanya.

Pas keluar stasiun raffles pun, kita salah exit gate malah ke area perkantoran dan gedung tinggi. Kita duduk-duduk di taman di tengah-tengah gedung. Pas jalan ada bapak-bapak nyamperin nanya kita mau kemana, dikasih tau jalan. Baik banget gak sih.

Nyampe di merlion, kita foto-foto aja sih. Terus pulang lagi. gitu doang. Haha katanya gak sah ke Singapura kalo gak ke merlion. Pantes aja pagi-pagi penuuuuh banget. Dapet spot foto tanpa orang tuh susah banget! Pulangnya kita mutusin lewat area perkantoran lagi daripada jalan yang benar karena terlalu banyak orang dan rasanya kurang enjoy.


Dan say goodbye. Bawa semua backpack lalu check out. Salaman sama orang-orang sekamar, saling cerita selanjutnya mau pada kemana dll. sedih. ahhaha 

Sambil bawa backpack berat-berat kita lanjut ke stasiun bayfront buat ke Garden by the bay! Sebenernya ini wishlist dadakan temen sha, dan gak masuk budget. Tapi mumpung di sini dan takut nyesel, akhirnya sha di traktir! Hahaha so thank you lho, sering-sering ya! hahaa

Beli tiket on the spot yang jelas lebih mahal sekitar 28 SGD, karena kita riweuh bawa-bawa backpack dibayarin naik mobil pula. Jadi ada shuttle-nya gitu karena dari loket ke tempatnya itu mayan jauh. Bayarnya 3 SGD satu orang. Di kasih karcis sama cap di tangan.

Pas deket pintu masuknya ada loker, bisa buat simpen backpack. Pastiin masukin uang pas ya. Kita masukin 5 SGD dan gak kembalian! hahaa nyesel dikit. Memang udah ada tulisannya, mungkin karena kurang fokus aja kitanya. Untuk loer kecil 2 SGD, loker gede 4 SGD. 

Garden by the bay ada beberapa area, dan kita beli tiket untuk masuk ke area cloud forest dan flower dome. 

Pertama kita masuk ke flower dome, isinya baguss banget. Sejujurnya sha bingung ceritainnya gimana. Semua isinya pohon dan bunga, dibagi beberapa area kayak pohon-pohon yang tumbuh di california, dan tempat-tempat lain. Yang paling menarik buat sha tentu aja area jepang! Karena lagi ada sakura matsuri.




Jangan ditanya sha senengnya kaya apa ketemu bunga sakura. Impian sha pas jaman SMA sampe sha ambil kelas bahasa jepang. Abis itu yaudah, pindah ke clud forest. Jangan lupa paskeluar minta di cap di tangan, jadi kita bisa masuk lagi dengan cara nunjukiin cap di tangan.


Pas masuk cloud forest, kita di sambut sama air terjun buatan setinggi 35 meter yang memang jadi highlight nya. Jalan aja muter-muter. Naik lift ke lantai paling atas, terus turun lewat jembatan melayang diantaranya, keliatan serem tapi gak serem. Selama diarea ini tuh banyak kabut-kabutnya dan dingin. Setiap kita muterin jembatan lalu balik lagi ke ruangan, selalu ada hal yang menarik kaya museum, granit-granit stalaktit dan stalagmit, kaca-kaca sampe bioskop. Bioskopnya berisi film tentang bumi dan layarnya jalan sampe lantai yang kita injak (jadi kaya kitaikut masuk ke hutannya). Dan citarum jadi salah satu contoh sungai terkotor di dunia yang dipamerin disini. kan sedih yak. huhu



Cloud Forest ini emang salah satu yang wajib di kunjungin sih, kalau budget terbatas mending pilih ke sini daripada flower domenya. Tips lain ke sininya mending sore-sore karena dapet tambahan bonus lampu-lampu yang cantik. Terus main ke Supertree Grove, mau mampir ke area ini gratis semua kecuali kalau masuk-masuk ke arenanya.


Ini video terakhir sha pas naik shuttle disamping pak supir. Pak supirnya keren banget bisa ngomong lebih dari 5 bahasa sepanjang sha duduk disampingnya.

Udah deh, gitu aja cerita sha selama di Singapore. Berkesan karena kita bareng-bareng baru pertama kali ke Singapore. Sebelum pulang mampir ke China Town lagi buat beli oleh-oleh plus makan siang. Padahal baru aja rasanya sha terbiasa dengan hawa panas, jalan kaki, susana, dan segala macemnya. Semoga bisa balik lagi ke sini. 

16 comments

  1. wahhhh pidionya bentar banget mba, bisa nih ngevlog lagi du yutub jalan jalan di singapore :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. boro2 ngevlog, foto aja seadanya krn jatohnya krn ga enjoy liburannya hahaha niat liburan bukan cari konten :P

      Delete
  2. Sesama bule aja nggak akur ya..
    Mba sha mungkin menampakan muka kasihan.. Jadi setiap ngeliat muka, ngerasa kasihan kaya anak ilang.. Ups.. #becanda

    ReplyDelete
  3. Pengen banget deh ke Flower dome nya🤗 tfs ya shay🤗

    ReplyDelete
  4. Wah, paling kicep tuh kalo nyebut/ngomong sesuatu trus orang lain ga paham gara-gara pronunciation nya salah xD kan maluuu.

    Eh tapi alhamdulillah ya ibu2nya baik, jadinya ga dimalu-maluin.

    ReplyDelete
  5. Liburan yang menyenangkan ya sha, walau singkat tapi cukuplah sekedar melepas penat dan melupakan sejenak rutinitas keseharian yang kadang membosankan.

    ReplyDelete
  6. Baper sama judulnya 😂😂😂

    Wahhh... Asli pengen ke singapore banget.. Muda2an bisa kesampaian ke singapore tahun ini

    Dan garden by the bay di malam hari adalah salah satu wishlist aku kl ke singapore

    ReplyDelete
  7. ACnya ngga bisa dimatiin pake remote universal ya? Di hapeku ada sih remote universal buat AC, TV gitu. haha
    Jadi kalo pas remote AC lagi gak tau ke mana, pake hp matiinnya :))

    ReplyDelete
  8. itu kira2 si bule di sampingnya ada wanitaya nggak, sha? biasanya cantik2 kalo dari asia. imut dan gemesin gituh. he he.

    ReplyDelete
  9. Keliatan serem, tapi nggak serem. Maksudnya gimana coba? Hahaha...
    Ya apa mau dikata, meskipun udah terbiasa dan enjoy sama panas, jalan kaki, dan segala aktivitas disana, namanya juga cuma 'nunut' piknik--mau nggak mau ya harus tetep balik ke tempat asal.

    ReplyDelete
  10. Waaah seruuuu! Aku malah belum pernah ke Garden By The Bay iniiii.

    ReplyDelete
  11. Sha, aku kok fokusnya sama cerita bule hotpants ya xD ngebayanginnya mungkin aku bisa gebrak kasur juga -_-

    pemandangannyaaa, aku juga belum pernah lihat bunga sakura, insya allah kita punya kesempatan ke jepang, amiinnn

    ReplyDelete
  12. Artikel kali ini saya fokusnya ke Gambar Mbak, entah kenapa saya jadi penasaran sama yang memfhoto, sebab hasil gambarnya bagus2 sekali, apalagi foto modelnya cantik, Tambah membuat gambar2nya semakin menarik. :)

    ReplyDelete
  13. xiixixiix... jadi kangen ya karena uda lama disana,, malah pengen balik lagi xixiix.. next wisata ajak2 ya bu bidan cantik.. aku mah gagal fokus liat behelnya kak vannisa keyen abis xixiixx

    ReplyDelete
  14. weleh kebayang tidur dingin gitu mba Sha utung ga masuk angin hehehe...duh aku mupeng semoga bisa kesini

    ReplyDelete
  15. Flower dome nya cantik bangat, enak dilihat. Tapi klo cowok yang fhoto disana mah jadi aneh, haha

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.