29 January 2018

Chinatown Bandung, Belajar sejarah dan Kulineran


Kapan hari itu, sempet ngebecandain kang dedew di twitter minta di traktir pizza. Eh, taunya tiap ketemu di bahas mulu kapan mu jajan pizza. Karena sha udah kesampean jajan pizza, minta di ganti sama udon. Hahaha *ditraktir tapi nawar :P

Wishlist sha dari akhir tahun kemaren itu pengen berbagai macam makanan berkuah. Dan yang udah kesampean itu, makan Sundubu Jigae, soto lamongan plus soto bandung buatan mama dan kemaren makan Tom yam. Entah sejak kapan, tapi sha sadari kalau sha jatuh cinta dengan berbagai macam makanan berkuah.

Jadilah sepulang kerja ketemu di paskal 23 khusus buat jajan udon! 


Sha pilih Niku Udon, karena kuah yang ini belom pernah nyoba. Waktu nanya ke chefnya, niku udon ini pake kuah ikan. Udonnya kenyal banget dan sha gak pinter-pinter amat pake sumpit 😃 Dagingnya lembut dan enak. Tambah nikmat pake bawang daun, wijen plus apalah itu namanya yang kaya bubuk gorengan. Crunchy tempura bukan ya? hahaha

Si kang dedew ni protes karena segala dimasukin plus sha terus menerus nambahin cabe. Wong enak kok ya, jadi makin anget, nikmat. Alhamdulillah.

Abis dari situ, diajakin ke chinatown. Sebenernya sha udah pernah ke sini sekali waktu mbak Ila Rizky, Blogger Tegal maen ke Bandung. Tapi waktu itu kami gak sampe masuk, cuma jalan-jalan di sekitar situ. Selain udah malem, weekend pula. Lumayan banget tarif masuk kalo weekend 20ribu, beda 100% dari weekdays yang cuma 10ribu. Pas pertama dateng, tiket termasuk air minum botol, pas kemaren itu dapet gantungan kunci.


Sha jajan es kacang merah di sini. Dulu waktu masih kos di Jakarta, sha sering banget jajan es kacang merah sepulang kerja. Panas-panas jajan es memang terbaik! Bedanya, ternyata kacang merahnya semacam di permentasiin. Gak manis kaya yang biasa sha beli. Jadi, rasanya campur-campur dari alpukat, kacang merah yang agak asam, gula merah, es serut dan susu coklat.

FYI, kalau mau jajan-jajan di chinatown ini cuma nerima pembayaran pake mesin EDC, dan itu pun cuma bisa pake flazz, kartu debit/kredit nya BCA. Kalau belum punya, pastiin beli kartunya dulu setelah pintu masuk.


Selain outdoor kaya tempat yang sha dudukin sambil jajan es, ada juga lokasi indoor. Terus sha juga sempet liat berbagai macam permainan yang ada di film-film jepang. (Ini china apa jepang ya?) Mungkin karena kultur nya yang mirip-mirip.

Terus sempet balik lagi ke museum yang ada di sana. Sejujurnya, museum ini deket banget pas pintu masuk. Tapi pas baru dateng itu lagi dibersihin dan di vacum.in sama petugas. Baru kali ini sha ngeliat barang-barang macem teko di vacuum.in 😁

Hal-hal lain yang bikin sha tertarik selain arsitekturnya, banyak barang-barang jadul. Macem kaset-kaset yang udah lama banget, kaleng kerupuk, dll dst yang dulu rasanya barang itu biasa aja, dan kalo dipikirin sekarang udah jarang banget ada di sekitar kita.

Di sini juga ada tempat penyewaan baju ala kaisar dan permaisuri china. Tarifnya sekitar 80ribuan. Juga ada lomba foto pake payung pas hujan. Waktu itu gak ujan sih, cuma gerimis aja. Itupun gak bawa payung dan sha bukan permaisuri. Hehe Btw, karena bentar lagi mau CNY, buat temen-temen yang mau beli baju buat IMLEK, ada promo menarik nih dari ZALORA.

Jadi, gimana sejarah china ada di Bandung? Okay, sha kemaren baca daaan.. lupa. Hahaha kayaknya harus balik lagi ini mah 😅 Jadi ini mah sejarah sha kenapa bisa ketempat ini wkwk Dan terima kasih untuk sponsor perjalanan sha kali ini. Makasih udah di traktir, lain kali traktir lagi dooong hahaha

54 comments

  1. kayaknya aku perlu icip2 tom yam. nama makanannya masih asing buatku. eh, btw itu sepedanya nangkring di atas meja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan coba2 ben, nanti ketagihan kaya sha. kalo udah pengen, susah kekepin dompet hahahaha

      iya, diatas meja :D

      Delete
  2. Duh kalau berkuah saat musim hujan gini emang mantep Sha, btw saya belum pernah ke ChinaTown kalau Suamj udah sih hehhe tfs yaa

    ReplyDelete
  3. Chinatown ini tempat makan? Kirain kawasan pecinan gitu. Wkwk. Atau nama tempat makan yg lokasinya di kawasan Pecinan di Bandung ya?
    Keren tempatnya udah nggak nerima cash 😀
    Hemat kertas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kawasa pecinan. Tapi ya gitu, isinya kebanyakan tempat makan. 80% nya kali ya? haha

      iya, gak nerima uang cash. wkwk tapi jadi gak kerasa jajannya, tau2 duit abis :(

      Delete
  4. Asik juga ya, traltir tapi nawar. Kalau aku ke Bandung boleh nawar di traktir nggak, Teh? Nggak banyak kok, paling ya waktu sampe di traktir makan, pulangnya bawa oleh-oleh..wkwk

    Kapan ya makan es kacang merah terakhir, ah, Teh Sha mengingatkan saja. Harus balik lagi itu mah, Teh. Kalau perlu foto sejarahnya atau nggak di hafal disana, terus rekam..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleee, sok kapan atuh hahaha

      haha, kapan2lah. padahal mah deket dr rs. Tapi, harus hemat. haha

      Delete
  5. saya terkesima lihat tumpukan koleksi barang kuno yang ada fhoto paling atas,,,,

    ditempat saya banyak benda2 seperti itu, kira2 harganya berapa yach..... siapa tahu koleksi yang dirumah mau saya jual.....

    ReplyDelete
  6. kirain cerita sejarahnya lebih banyak dari kulinernya mbak T.T

    ReplyDelete
  7. Anti sumpit-sumpit club.
    Aku juga nggak begitu bisa, kalau suruh makan sesuatu pakai sumpit. Mending pakai sendok / garpu, dah. Bayar cash - kontan pakai uang biasa gitu nggak bisa? Yah...sini nggak punya kartu-kartu debit dan kawan-kawannya. Adanya cuma member card di alfamart XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru tahu kalo ada club nya haha

      iya, gak bisa.. hahahaha

      tenang, di deket pintu masuk ada tempat jualan kartu flazz

      Delete
  8. Pernah belajar makan mi pake sumpit, tapi susah. Jadi ganti garpu aja, hehehe....

    ReplyDelete
  9. Kalo disemarang di kampung cina aka china town kita bebas keluar masuk tanpa tiket. Maklum cuma menyuguhkan berbagai macam klenteng, kuliner dan rumah dg arsitektur cina.

    Mungkin dibandung lbh tertata dan banyak nilai jualnya ke wisatawan ya. Blm nyoba sih. Kalo ke bandung sukanya ngemall. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya tempatnya mirip2. Bedanya, ini klentengnya dim luar area berbayar ini. Mungkin karena di khususkan sbg tempat ibadah, bukan wisata :)

      iya, lebi tertata krn memang diawasi dan dijadiin tempat wisata :)

      mall mah dimana2 sama aja :P

      Delete
  10. Wiii dekorasinya asyik dan tertata rapi! Ininih~ tongkrongannya kids jaman now heheheh xDpokoknya yang instagrammable!

    Aku selalu suka kalau konsep wisata gini, ada timbal baliknya gituloh. Jadi kita udah dapat souvenir ketika bayar tiket masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kids jaman now yg dompetnya tebel :P

      iya, mayan juga sih. Tapi intinya sih kita beli tiket udh include souvenir bayarnya hehehe sama aja kaya beli :)

      Delete
  11. Kemana aja aku slama ini baru tau di bandung ada china town nya :p. Slama ini cm puasin kuliner tiap ke bandung mba. Aku lumayan suka visit museum2 sejarah begini, apalagi kalo koleksinya lengkap dan interaktif

    ReplyDelete
  12. Ini tempat dikonsep untuk kuliner kayaknya ya ahhahahaha. Lebih identik dengan kulineran malahan :-)

    ReplyDelete
  13. wah bisa banget kalau aku lagi main ke bandung, teh sha jadi guidenya :)

    ReplyDelete
  14. makanannya gurih gurih enyoy , jd pengen nyobain

    ReplyDelete
  15. jd kangen mkn udon nih :p
    pgn ke chinatown, belum pernah jg...

    ReplyDelete
  16. Ihh bagus yah buat poto-poto

    Pasti cetar membahanah deh

    ReplyDelete
  17. Dulu pernah mau ke sini, tapi gagal.. Uww karena waktunya nggak nyukup.. Pengin banget ke sana, cuma pengin foto2 sih. Hahaa
    Nggak suka kulineran makanan yg aneh2 kak, cuma doyan nasgor dan sejenisnya. Haha

    ReplyDelete
  18. Kyaknya perlu nih main ke chinatown ngilangin penatnya jakarta sejenak
    cari hiburan

    ReplyDelete
  19. Makanan berkuah seperti laksa dipanggil apa ya di Indonesia?
    btw, barangan klasik itu for sale or just for gallery?

    ReplyDelete
  20. Gak pernah ke Bandung, mau ke Bandung gagal terus. yang penting udah ada destinasi lah yang bakal saya datangi klo suatu waktu bakal beneran ke bandung. Thanks sharingnya ya dear
    nheyta.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Bandung bnyk amat tempat kerennya. Tangerang semoga jg makin bnyk tempat keren. Amin!

    ReplyDelete
  22. es kacang merah... my fav.. udonnya juga kayanya enak banget mba..

    ReplyDelete
  23. Gagal fokus sama makanannya, jadi igin nyoba'n nih. Apalagi es kacang merahnya..

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.