17 January 2018

11 Makanan berbahaya di India




Kalo pas travelling, diusahain sha nyari makanan khas daerah tersebut, biasanya sih lebih ke makanan yang bikin kenyang. Tapi, namanya lagi travelling kita justru harus pilih makanan yang sehat dan ngasih nutrisi cukup saat travelling. Mirip kaya nyari situs pencari tiket pesawat murah, mencari makanan enak plus sehat itu gak gampang apalagi di tempat yang baru kita datengin. 

Nah, salah satu hal yang jadi wishlisht sha itu. Pengen nyobain makanan di tempat asalnya. Kayak laksa dari singapore, Tom Yum dari Thailand sampe curry dari India. Buat temen-temen berencana liburan ke India. Sha dapet informasi dari therichest.com, ada 11 makanan yang katanya lezat di India tapi justru kita harus waspadain karena ternyata makanan ini berbahaya:

  1. Kachori
Kachori itu, makanan berupa gorengan bola gandum dengan berbagai rasa. Kalau sering nonton Film India, pasti tahu. Nah, Kachori ini populer gak cuma di India aja tapi hampir di setiap bagian negara. 

Kachori ini dipercaya berasal dari negara bagian India Uttar Pradesh, sementara beberapa orang lain percaya kachori berasal dari Rajasthan.

Kachori yang berasal dari gandum ini emang bikin kenyang dan cocok buat di santap saat sarapan. Tapi, kalo dikonsumsi terus menerus bisa bahaya dan menyebabkan jantung koroner juga obesitas.

  1. Medu Vada
Makanan yang terbuat dari kentang ini, enak dan sangat populer di India. Namun  diklaim tidak mudah dicerna apalagi kalau di jadiin menu sarapan.

  1. Pani Puri
Makanan cepat saji yang juga populer di negeri Bollywood. Bola gandum berongga yang digoreng dan disajikan dingin dengan berbagai macam isian, lalu dicelupkan ke dalam air rasa manis atau asam. Makanan ini pasti akan sering ditemui di jalanan India. 

Sayangnya, pedagang kaki lima yang menjual makanan ini gak pernah keliatan cuci tangan saat membuat makanan. Penjual juga sering melakukan segala macam hal yang tidak higienis dan melayani pembeli Pani Puri dengan tangan kosong tanpa sarung tangan.

  1. Ulat kepompong
Kata yang udah pernah nyoba, Ulat kepompong adalah makanan yang sangat enak. Tapi makanan ini cukup berbahaya loh karena susah dicerna dan bisa tinggal dalam perut untuk waktu yang lama.

  1. Kentang busuk
Denger kata busuk aja, sha bayanginnya udah eneg. Tapi kentang busuk atau Phan Pyut ini terkenal banget di bagian Utara-Timurnya India. Bagi mereka, kentang busuk jauh lebih baik dari yang biasanya. Tapi namanya juga busuk, pasti bahaya kan buat tubuh? berani nyoba? 

  1. Darah kambing
Ini salah satu makanan khas india yang sering di temukan di wilayah Garhwal negara bagian Uttarakhand yang bayanginnya aja sha gak bisa. Tapi darah kambing benar-benar dikonsumsi di India. Meski gak di konsumsi secara mentah, dan dihidangkan dengan perut, hati dan usus. Makanan yang di sebut Bhunni ini sangat beresiko bagi kesehatan karena kambing-kambing yang digunakan tidak melalui pproses pengujian medis. 

  1. Semut merah Chutney
Hidangan khusus dari negara bagian India Chhattisgarh. Bahkan beberapa koki terkenal Inggris menganggap ini sebagai salah satu hidangan favorit di India.

Makanan yang terbuat dari semut merah Chutney dan telurnya yang dihancurkan, serta ditambah bahan-bahan lain seperti jahe, ketumbar, dan cabai hijau ini cukup berbahaya karena tidak semua orang bisa makan hidangan dengan rasa yang sangat pedas ini. 

  1. Gulai siput
Jika di Indonesia ada gulai daging dan ayam, di India ada gulai siput. Kalo yang gak biasa makan gulai siput, harus berhati-hati karena bisa bikin alergi dan bahaya lainnya.

  1. Otak babi
Di meghalaya india, otak babi biasa jadi makanan sehari-hari. Namun sejumlah penelitian menunjukkan tubuh manusia gak bereaksi dengan baik untuk jaringan otak babi dan dapat menyebabkan kaki berat, kelelahan, dan badan lemas.

Meskipun tidak ada cukup bukti untuk sampai pada kesimpulan, ada baiknya menghindari makanan berbahaya seperti ini.

  1. Fermentasi lemak babi
Fermentasi lemak babi memang sangat disukai masyarakat India. Cara membuat makanan ini adalah lemak babi akan difermentasi dalam panci khusus yang disebut Sa-um Bur.

Namun makanan yang konon kabarnya memiliki rasa yang lezat ini tidak berasal dari peternakan, bahkan kondisi medis hewan tersebut sebagian besar tidak diketahui.

  1. Naga Jolokia
Naga Jolokia, makanan ini terbilang sangat berbahaya. Ini adalah cabai terpedas di dunia yang masuk dalam catatan Guinness World Records.

Naga Jolokia bisa dicicipi di daerah-daerah India, seperti Assam, Nagaland, dan Manipur.

Saking pedasnya, orang dewasa mengonsumsi kurang 4 kg cabai naga jolokia bisa terancam meninggal dunia. Jadi bagi yang tidak kuat makan pedas, jangan pernah berani ya makan, makanan ini.

Jadi, kalau suatu hari teman-teman ke India. Sebaiknya menghindari makanan-makanan diatas. Gak mau kan, liburannya keganggu gara-gara salah makan dan badan jadi gak sehat.

Nah, buat temen-temen yang lagi mencari situs pencari tiket pesawat murah dan ingin diberikan kemudahan bisa pesan  tiket NAM Air di Reservasi.com. Jaminan harga terbaik loh!

22 comments

  1. Makanannya ekstrem ekstrem yaa. Nyobain Kari aja deh kalo aku kayaknya. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, favv kari mah. Haha kalo ke restoran yang ga hafal menu nya. paling aman pesen kuah kari haha

      Delete
  2. Buset dah.. Sebgian besar ada yg g masuk akal bahannya..
    Wajar kalo berbahaya..

    ReplyDelete
  3. Wah baru tahu nih secara aku pecinta bollywood heheh

    ReplyDelete
  4. Kalau saya berkesempatan ke Bandung lagi,
    mahu saja mengulang ke Kambing Bakar Cairo..
    enakkk

    ReplyDelete
  5. Kalau makanan ekstrim di Indonesia juga nggak kalah banyak loh ahahhahaha. Kalau di India cukuplah nyari makanan yang ngenyangin perut :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, tapi kalo di bandung menurut sha masih normal2 aja. gak nemu yang aneh2 :)

      Delete
  6. kentang busuk, darah kambing.

    itu makanan dalam arti sesungguhnya?
    serem bgt

    ReplyDelete
  7. ih ulat kepompong]
    liat aja udah gima gitu mbak sha.....

    ReplyDelete
  8. aku udah pernah nyoba ladu... nggak asli india sih.. buatan orang indonesia nyari resep di internet.. yah yang penting niatnya makanan khas india aja..heheheh enakk loh mba,.. umpung nggak masuk ke list'nya yah. yaiyalah orang bahan utamanya cuma gula halus, tepung gandum, sama tepung kacang hijau.. tapi manis banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, aslinya enak? boleh tuh di coba

      yang penting gak tiap hari ya, biasa diabetes tuh

      Delete
  9. Saya gak begitu suka makanan india
    serem juga si makanan di atas
    dari bahan nya aja udah bikin gak nafsu makan

    ReplyDelete
  10. Makan makanan sederhana aja lah, Teh. Meh teu ribet..wkwk
    Tapi ini jadi pengetahuan tersendiri sih, siapa tahu nemuin makanan yang namanya seperti itu, jadi patut dihindari ya, Teh..he

    ReplyDelete
  11. Gosh, aku lgs geli bayangin ulat kepompong.. Tp memang banyak makanan india yg ga sesuai ama lidahku mba. Gulai2nya sih kebanyakan enak, tp tau sendiri kolesterolnya segede apa :p. Apalagi makan yg aneh dan bahaya gini.. Duuh ga lah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama, fav gulai2nya haha. kari dan teman2nya :D
      sekali doang mah gaakan naikin kolesterol kali ya :P

      Delete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.