23 January 2018

Jadi netizen MPR



Untuk kedua kalinya, sha mengikuti acara yang diadakan oleh MPR. Dulu, sha pernah cerita tentang empat pilar. Nah, yang kedua ini lebih spesial karena acara Gathering Netizen MPR dan BloggerBDG ini di hadiri langsung oleh bapak Ketua MPR RI (H.C) Zulkifli Hasan, S.E., M.M. 

Meski dihadiri langsung oleh ketua MPR RI. Acaranya berlangsung santai dan seru! Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan kita. Lalu pak Zulkifli Hasan langsung berbicara dan mempersilahkan kita para netizen yang terdiri dari berbagai kalangan: Blogger, wartawan, penggiat media sosial untuk menyampaikan aspirasi berupa pendapat, pertanyaan atau hal-hal yang ingin di ketahui seputar MPR.


Beberapa pertanyaan yang menarik perhatian sha yang sempat di tanyakan oleh para netizen berupa kelangkaan gas LPG 3 Kg yang belakangan terjadi. Pajak penulis yang sedang booming, pengangguran dan lowongan pekerjaan, sampah hingga MPR yang rasanya jauh banget untuk masyarakat.

Sejatinya, MPR dekat dengan rakyat dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia. 

Jika menilik ke belakang, Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Contoh kecilnya saja dalam menyampaikan aspirasi, bebasnya berpolitik, berkumpul dan berpendapat. Berbeda dengan jaman dahulu di masa pemerintahan bapak Soeharto.

Satu poin penting yang kita sadar dan kita tahu namun sering terabaikan adalah Indonesia adalah milik kita. Yang menjalankan negara ini bukan hanya pejabat dan pemerintahannya saja. Tapi juga Kita. Kita sebagai warga negara Indonesia. 

Ingin Indonesia bebas sampah? Mulailah dari diri kita sendiri untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Bagaimana tentang pajak penulis? Sedang diusahakan dan diperjuangkan. Tak hanya penulis, tapi juga pencipta lagu, dan lain-lain. Bagaimana agar usaha mereka di hargai? Mulailah dari diri kita dengan membeli karya asli bukan bajakan.

Tentang pengangguran dan lowongan pekerjaan. Sejujurnya, lowongan pekerjaan itu banyak sekali. Namun, apakah diri kita sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan? Jika ada perusahaan asing yang membuka pabrik/lahan pekerjaan di Indonesia, seperti kasus banyaknya tenaga kerja buruh yang masuk ke Indonesia. Pemerintah sudah menerapkan aturan untuk mempekerjaan masyarakat Indonesia. Kecuali jika ahli/tenaga pekerjaan tersebut tidak dimiliki.

Dengan berkembangnya Informasi digital, kita selaku netizen harus mampu menyebarkan aura positif di tengah-tengah hoax yang tersebar. Arus dunia digital yang mau tak mau mempengaruhi keseharian kita. Kita sebagai penerus bangsa agar tetap memiliki Identitas diri: Identitas suku dan latar belakagnya, Identitas nasional dan identitas sebagai warga dunia.

Kita juga harus mengerti tentang diri kita sendiri. Darimana kita berasal, darimana negeri kita, dan memiliki ilmu. Yang artinya, kita faham siapa diri kita. Bukan terbawa arus tapi kita yang memberikan arus positif dan menunjukkan siapa diri kita dengan ilmu yang kita punya.

Sebagai masukan untuk MPR kedepan, sha harap MPR bisa memangkas jarak antara masyarakat dengan pejabat. Segala keperluan birokrasi yang njelimet. Sha berharap MPR juga bisa mempengaruhi media-media digital untuk tetap menyebarkan hal-hal positif hingga Indonesia tetap berpancasila. Kurang-kurangilah itu berita kriminal, pembunuhan dst di TV/internet. Lambat laun hal itu bisa jadi contoh untuk generasi selanjutnya. Banyak-banyakin berita prestasi. Juga buatlah undang-undang yang melindungi kami pengguna dan penggiat dunia digital.

40 comments

  1. Wah... Mau dong ketemu ketua MPR, hehehe

    Bener banget, Sha.
    Mulailah dari diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sana gak ada cara serupa ya mbak? kayaknya acara ini ada di beberapa kota :)

      Delete
  2. Di Jogja dulu pernah ada acara ini. Tapi cuma sekali aja acaranya ahahahha

    ReplyDelete
  3. Betul sekarang lebih terbuka ya kesempatan rakyat untuk menyampaikan unek uneknya, karena beliau beliau juga cukup proaktif mendatangi rakyatnya baik secara formil maupun situasi santai, Zulkifli Hasan salah satunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener mbak. Tinggal kitanya yang harus berani speak up sama mereka :)

      Delete
  4. setuju soal tayangan berita yang meliput masalah pembunuhan,pemerkosaan,dan beberapa kriminal lainnya, itu sebenarnya secara ga langsung mempengaruhi masyarakat itu sendiri, semacam di kasih tontonan ide kriminal gitu kan.. apalagi marak kasus bunuh Ortu kandung sendiri sekarang,ngeriii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. beda lagi kalau beritanya di ulas dari sisi lain. Kaya di NET tuh, meski berita yang sama tapi mampu mengambil sisi lain yang bagus banget

      Delete
  5. Seru banget acara kaya gitu, jadi memotivasi buat nulis Indonesia adalah milik kita dengan sudut pandang berbeda. Dimana mengajak masyarakat kembali awere terhadap pemerintah. Karena issu politik kepercayaan masyarakat saat ini turun.

    ReplyDelete
  6. Kalo nggak salah ada yg pernah cerita, jadi dirigen buat nyanyi Indonesia Raya di acara ini. Hmm siapa yaaa

    ReplyDelete
  7. Yupz.. Indonesia ini milik kita, bukan hanya pemerintah dan jajarannya.
    Hmm.. asyik banget ya, bisa bareng sama MPR begitu, bisa sharing dan saling memberikan saran yang positif..

    ReplyDelete
  8. setujuu Mbak, lowongan banyak tapi kita masuk kualifikasi atau nggak, itu yang penting...
    Waktu ini suami hunting kerjaan baru juga itu, sudah lancar English masih kurang, perusahaan itu minta bisa Mandarin juga (pasif)..Hadeeh..makain nambah aja syaratnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. tapi banyak juga yang ngasih lowongan dengan syarat banyak banget tapi gaji dikit banget :P

      wah, semoga di lancarkan ya mbak :)

      Delete
  9. Waahh!! Assiik!! Nih para blogger bisa kumpul2 bersama anggota dewan... Dan sesuatu moment yang tak pernah terlupakan tentunya.. 😄😄

    ReplyDelete
  10. Gaul bangeeeeet blogger bandung
    Mainnya sama pejabat legislatif

    Just, WOW

    P.S.
    Agak ngeburem fotonya shaa, awalnya aul mau mencoba ngenalin wajah-wajah siapa aja yang ada di sana tapi gagal wkwk. Cuma berhasil ngenalin teteh Erie bibitititeliti tuh di kiri belakang wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha

      iya, ini pake hp fotonya. Gatau nih, file yang foto di kamera ada di siapa. Gak nanyain. But yup, itu terh erry hehe

      Delete
  11. Yang empat pilar gie juga ikutan, mungkin pernah papasan tapi blm kenalan x ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah ya, di bandung juga? berarti pernah ketemu ya? tapi belom kenalan :P

      Delete
  12. akhir taun kemarin acara di semarang mau ikutan, tapi harus ada kerjaan lain jadinya istri yang berangkat acara bareng MPR

    ReplyDelete
  13. Wah.
    seru ya mba bisa bertemu dan diskusi langsung dengan anggota MPR.
    jadi pertanyaan yang selama ini cuma terjawab via media, bisa bertanya langsung ke mereka.
    semoga suatu saat saya berkesempatan bertemu juga.
    hehehe

    ReplyDelete
  14. Buat saya MPR lebih baik memberi informasi peran kerjanya untuk masyarakat. bukan membuat informasi yang cuma penting viral saja. Semoga MPR lebih sering memberi informasi kepada masyarakat

    ReplyDelete
  15. bener banget untuk portal berita seharusnya lebih banyak berita yang positif, jadi PR juga buat blogger untuk bisa menulis konten positif ya mba :)

    ReplyDelete
  16. Jadi kepo apa jawaban tentang isu-isu hangat yang ditanyakan.. hehe

    Seru ya, baiknya emang kita sama-sama bekerja untuk Indonesia, dan wakil rakyat juga benar-benar bekerja mewakili aspirasi masyarakat. :)

    ReplyDelete
  17. Bener banget, berita di media yang sperti pembunuhan, perampokan dan isu isu lainnya
    ini sbnrny yg malah mempengaruhi masyarakat.. dengan tiap hari di suguhi berta sprti ini
    kenapa tidak dgn berita yang membuat hangat dan yang psti mampu membangun energi positif
    pulang kerja baca berta sprti ini rasa panas kepala
    semua kembali kepada siri kita sndiri
    hox di lawan dgn terus memberikan informasi yg baik

    ReplyDelete
  18. Wah seru ya bs ngobrol langsung disana. Mengungkapkan pendapat kita sebagai rakyat. Baca tulisan ini aku jadi serasa disana loh mbak hehe. Makasih banyak sharingnya mbak sha :)

    ReplyDelete
  19. Wah sha juga anggota Netizen MPR yah, kita sama dong sha. Saya juga masuk komunitasnya dan dua kali juga dah ikut kegiatannya.Emang seru deh tapi dulu saya gabungnya di Solo. Nah baru deh keduanya di Makassar

    ReplyDelete
    Replies
    1. *tos dulu*

      wah, mas bimo. Aktif dimana2 yaa. sekarang lagi dimana? kita gak jadi bikin giveaway? :D

      Delete
  20. bener banget itu perbanyaklah beramak sholeh hehehe.. itu bagus banget sha yang masukan ke mpr bahwa banyakin berita yang baik baik otomatis sangat berpengaruh dengan psikologi orang tersebut.. Perbanyak prestasi itu penting banget agar terus memotivasi kita untuk selalu lebih baik lagi

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.