30 November 2018

Smart Festival 2018



Subuh-subuh sha udah bangun, jam 5 sudah ada berangkat dari rumah ngendarain motor saking semangatnya sha mau ikutan Smart Festival 2018 di Gor Saparua, Bandung.

Pas nyampe langsung ketemuan sama Bang Aswi da teh Ida. Terus pendaftaran, dan ganti kaos gitu. Acara pertama festivalnya itu Plogging Run (Kemaren sempet salah nulis, flogging di instastory. Maklum yes, orang sunda wkwk). Nah, jadi Plogging Run ini kita lari sambil mungutin sampah. Di pendaftaran kita dapat nomor urut, kantong sampah dan gloves buat mungutinnya.



Sebelum mulai Plogging Run, kita stretching dulu. Abis itu berangkat, next langsung cerita ke finish aja yaa. Kurang lebih sejaman dengan jarak tempuh lari sebanyak 2.5 KM dah pulang lagi ke tempat yang sama dengan sekantong sampah.


Dengan bercucuran keringat, setelah berolahraga sambil membersihkan lingkungan. Setiap peserta mendapatkan sebuah pisang, air mineral dan medali.


Abis itu ya istirahat aja sih, sha sama yang lain sempet jajan dimsum di depan gor dan enak banget! Terus kebetulan kita juga punya kesempatan wawancara langsung dengan ibu Grandtyana Mayasari CEO Superbrands. Pasti udah pada tahukan superbrands? itu loh logo yang selalu ada di berbagai macam produk yang kita gunakan sehari-hari. Superbrands pertama kali hadir di Indonesia tahun 2004 sebagai lembaga arbitase independen pertama yang memberikan penghargaan kepada brand-brand terkemuka di Indonesia.

Jadi memang acara Smart Festival ini diadakan oleh Superbrands setahun sekali. Beruntung banget sha bisa ikutan Smart Festival di Bandung yang merupakan salah satu dari enam kota besar di Indonesia yang menjadi lokasi survey Nielsen dalam menetapkan brand-brand yang termasuk kategori top of mind di masyarakat dan layak mendapatkan penghargaan bergengsi dari superbrands.

Smart Festival ini juga diadakan sesuai dengan 3 pilar utama Superbrands : Exercise, expression dan education. 

Untuk Exercise, selain Plogging run tadi, ada berbagai macam olahraga lain di selenggarain di Smart Festival ini: Senam, zumba, poco-poco, skateboard, inline skate, BMX, dan Wall climbing.

senam, zumba, poco-poco. Semua dilakuin sekaligus sama buibu ini. Keren tenaganya!
nonton adek-adek unjuk gigi main inline skate. Keren-keren banget! 
Abis gitu ya jalan muterin gor buat ngunjungi booth-booth yang ada di sana. Sha ini paling seneng kalo diajakin muterin booth, suka dapet sampel gratis (anaknya doyan gratisan) terus ya jadi tahu banyak hal baru. Ah ya, setiap peserta yang hadir dapet goodie bag yang isinya produk-produk yang ada di booth (dibagiin jam 4 sore di area seminar, pas ngunjungin booth gak tahu tentang hal ini. Ini biar bahasnya sekalian ya hehe). Beberapa booth yang sha kunjungi tuh ada Mc. Donald (pulangnya langsung nukerin voucher di BIP), Terry Palmer (dapet anduk), Hatari (dapet biskuit), Cleo, Marcks, Venus, Wellnes, apa lagi yaa sha lupa. 

Untuk expression, itu berupa tempat khusus bagi generasi muda untuk mengekspresikan rasa cinta terhadap seni dan budaya sunda yang enekjik dan dinamis. Salah satunya tari pencak silat


Ada pasanggiri juga ada tari rampak kendang. Semuanya dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa loh! keren banget gak sih, apalagi waktu itu hujan deras tiba-tiba turun. Sha duduk di tenda dan menyaksikan pertunjukan dengan dentuman kendang! Amazing, sampe teteh-teteh disebelah sha bobo karena enak banget suara hujan dan kendang berasa dinina boboin.


Education, sha ikut seminar akbar digital marketing yang diisi oleh ibu Gubernur Jawa Barat, Ibu Atalia Kamil. Menjelaskan berbagai macam hal mengenai Pelaku Usaha. Biasanya ada 4 hal yang sering dicurhatin oleh pelaku usaha: Modal (Sekarang warga jawa barat bisa meminjam uang dengan Kredit Mesra tanpa bunga di Mesjid, Gereja dan tempat ibadah lainnya),  Perijinan, peningkatan skill SDM dan promosi.

Saat sha mengunjungi booth, ada juga Dekranasda yang di dalamnya banyak pernak pernik kalung, gelang, tas, kain dan lain-lain. Ibu Atalia menyinggung pula soal ini. Buat temen-temen yang punya usaha craft dan pengen usahanya maju, coba hubungi saja dekranasda.

Ada satu hal yang juga diucapkan Ibu Atalia dan bikin sha termenung cukup lama, mengutip quotenya Bill Gates isinya kurang lebih begini: Jika kamu lahir dalam keadaan miskin, itu bukan kesalahanmu. Tapi jika kamu meninggal dalam keadaan miskin, itu kesalahanmu.


Sha juga ikut seminar yang diisi sama cyberlabs, merasa tersentuh sekali mendengar bagaimana cyberlabs yang bermula dari banjaran sampai akhirnya di akhir tahun ini punya 3 cabang lain di Jakarta, Singapore dan Thailand. Berawal dari sebuah kamar kost dan berkembang menjadi perusahaan Internasional. Pernah denger 1 juta web gratis untuk UKM? yup, mereka promotornya yang bantuin bikin webnya, dll.


Selain itu juga sesuai booth yang sha datangi, ada workshop seni origami, batik dan kreasi bonsai. Sha juga nyobain facepainting.


Entah namanya masih face painting apa bukan, sha bikinnya di tangan. Hand painting kali ya?


Ini hasilnya, baguskan? sebelum sha facepainting boothnya kosong. Setelah sha facepainting jadi penuuuh. hahaha. Begitulah kisah weekend sha. Bagaimana weekend kalian? Semoga cerita weekend depan juga menyenangkan. Salam dari teteh banduung!


20 comments

  1. Wah sempet hujan juga? Untung udah selesai Plogging Run-nya ya? Jadi nggak mengganggu acaranya juga.
    Sayangnya kok habis lari terus makan dimsum, jadi kayak nggak berasa deh larinya. Hahaha

    ReplyDelete
  2. Seru banget ya acaranyaa.. pas banget buat ngisi weekend. Pengen ikutan deh kalau ada lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa banget. sayangnya cuma setahun sekali dan itupun kotanya beda2 :)

      Delete
  3. Wahh serunya, ada Ibu Atalia nya lg hihi..

    ReplyDelete
  4. wah, dapat pisang sama minum. gratis juga. aku juga suka pisang manis. he he.ada seni tradisionalnya juga ya yg ditampilkan.

    ReplyDelete
  5. Seru bangey sekarang makin banyak event lari jadi mkin banyak yg peduli kesehatan ya teehh

    ReplyDelete
  6. Seru banget ya acaranya. Dai pagi sampe sore semuanya menarik. Sayang banget deh ada urusan dulu pas pagi. Jadinya gak lihat keseruannya. Untungnya yang siang juga seru. Banyak hiburan dan ilmu.

    ReplyDelete
  7. wah seru banget acaranya banyak banget ya event lari mengajarkam kita hidup sehat

    ReplyDelete
  8. Waaah seru bgt eventny. Kalau ada lagi pengen ikut ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya setahun sekali dan beda kota teh, kalau mau ikut tahun depan harus ngikutin ke kota mananya :)

      Delete
  9. acaranya seru banget ya Sha, medalinya juga kece nih, nyesel aku ga ikutan Plugging Run nya, btw kita mau facial kapan niiih, bareng yaaaah <3

    ReplyDelete
  10. Asyik banget bisa ikutan acara kayak gini. Lagi trend ya acara "lari-lari"an 😁

    ReplyDelete
  11. Yang pagi seru juga yaa, tadinya mau liat juga paginya tapi riweuh barudak hehe. Mudah-mudahan tahun depan di bandung lagi ya bisa nonton lagi

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.