29 November 2018

Persamaan Penyebab Komedo dan juga Bruntusan


Wanita adalah makhluk yang identik dengan keindahan, karena itulah wanita lebih gemar berhias baik diri ataupun lingkungannya. Dalam berdandan atau berhias diri, wanita merupakan ahlinya, dimana mereka sangat pandai dalam mempercantik dan menyulap wajah mereka dengan tampilan yang sangat cantik. Bahkan mereka tidak bosan dan rela untuk  melakukan perawatan wajah dengan waktu yang lama dan biaya yang mahal untuk mendapatkan wajah yang cantik dan sehat. Namun ada saja yang menjadi masalah pada wajah seperti munculnya jerawat, komedo ataupun bruntusan. Komedo dan bruntusan keduanya termasuk jenis jerawat ringa, walaupun keduanya tidak terlalu berbahaya tapi keduanya akan berdampak tidak baik terhadap penampilan. Kulit menjadi bersisik dan kasar, ditambah dengan tonjolan yang banyak terumata pada jidat di karenakan bruntusan. Kondisi ini sangat sering terjadi, dan cara menghilangkan bruntusan di wajah jarang ada yang tahu dan sulit mengatasinya.

Penyebab dari munculnya bruntusan ini sama halnya seperti komedo, dimana kulit berminyak menjadi salah satu penyebabnya. Di beberapa kasus terbukti jika seseorang yang memiliki kadar minyak berlebih pada wajah, maka akan berdampak pada beberapa akibat seperti komedo ataupun bruntusan. Namun bruntusan ini biasanya timbul di area yang berkeringat seperti jidat ataupun diantara mata. Nah ada beberapa penyebab komedo yang sama menyebabkan bruntusan, diantaranya:
  • Penggunaan make up

Selain untuk mempercantik diri dan menutupi kekurangan pada wajah, make up ternyata berdampak tidak baik terhadap munculnya komedo. Hal ini karena make up dapat menutupi pori-pori kulit wajah dan jika penggunaan make up berlebih, maka pori-pori akan sulit bernapas dan menyebabkan tersumbat sehingga muncullah komedo. Begitu juga dengan bruntusan, dimana make up menutupi pori-pori bercampur dengan keringat, sehingga menimbulkan beberapa bintik kecil yang banyak dan disebut dengan bruntusan.
  • Kurang konsumsi air putih

Tidak disangka jika air putih memiliki manfaat yang begitu banyak terhadap kesehatan tubuh. air putih bukan hanya mampu mendetok racun yang ada di dalam tubuh, tapi juga dapat menjaga dan menyeimbangkan kelembaban kulit termasuk kulit pada wajah. Kurangnya asupan air putih, maka akan menyebabkan keseimbangan kelembaban kulit menjadi tidak terjaga, sehingga komedo pun bisa muncul dari sebab seperti itu.
  • Makanan berminyak

Makanan berminyak memang sulit untuk dihindarkan sekarang ini, apalagi jika anggota keluarga anda termasuk penggemar berat gorengan. Makanan yang banyak mengandung minyak ini adalah salah satu penyebab utama dari munculnya komedo. Makanan berminyak ini dapat merangsang pertumbuhan minyak berlebih pada wajah, sehingga menyebabkan pori-pori wajah dipenuhi dengan minyak, sehingga akibatnya komedo akan mudah muncul.
  • Wajah tidak bersih

Ketika anda memiliki profesi dengan area lapangan atau di luar ruangan, maka anda besar kemungkinan terkena debu jalanan ataupun asap kendaraan. Jika terus seperti itu, maka anda berpotensi untuk terkena komedo, dimana debu menyumbat pori-pori kulit dan tertimbun dengan minyak dari keringat sehingga menjadi komedo dan bruntusan.
Komedo dan bruntusan ini penyebabnya memanglah tidak jauh berbeda, namun dari gejalanya yang berbeda. Penyebab komedo dan bruntusan sangatlah banyak, terutama dalam aktivitas yang biasa kita lakukan. Begitu pula dengan cara menghilangkan komedo dan bruntusan hampir mirip, namun keduanya tidak akan hilang dalam waktu semalam. Butuh proses untuk cara menghilangkannya. Cara menghilangkan bruntusan di jidat haruslah benar-benar tekun, karena jidat adalah sumber adanya minyak terutama berasal dari keringat.

8 comments

  1. Dulu diarea hidung sering ada komedo, namun sekarang ini kok tidak muncul lagi, mungkin ia kapok yah, sebab saya cuex-in saja. :)

    ReplyDelete
  2. Biasanya wajah bruntusan emang awalnya gara2 salah kosmetik ya sha. Aku pun pernah coba salah satu ksmetik padahal cuma sehari langsung deh ada bruntusan datang. Memang hal kaya gini jangan dianggap sepele ya.. Wajah bisa break out lama lama ya sha kalau dibiarin

    ReplyDelete
  3. suamiku banyak beruntusannya mba Sa untunglah punya istri bawel dan demen kasih pembersih wkwkwk *ngalem sendiri

    ReplyDelete
  4. Wanita identik dengan keindahan. Oh aku setuju sekali dengan kalimat ini.

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.