9 April 2018 Bandung,

Trik Simpan Kue Kering Agar Renyah dalam Waktu Lama

sumber: pinterest
Sehari-hari, tanpa ngemil itu rasanya "ehem" banget. Bersyukurnya, sha punya mama yang rajin masak dan bikin cemilan. Pagi ini aja, sha di bikinin pisang crunchy di balurin susu. Enaaak! 

Nah, berhubung sebentar lagi mau puasa. Mama udah request aja nih minta di beliin oven buat bikin kue. Kalau tahun-tahun sebelumnya kami selalu bikin kue bareng di rumah tetangga. Katanya, mama pengen nyoba bikin sendiri.

Karena tahun ini mudiknya setelah lebaran, kita berencana bikin banyak kue kering di rumah.

Bikin kue ini emang momen yang nyenengin banget. Kalau lagi gak puasa, bisa nyicip-nyicip. Kalau lagi puasa, harus tahan wanginya sampe buka! haha *cobaan yang berat.

Karena keluarga sha rata-rata rumahnya jauh, Kue itu kadang lama banget abisnya. Bukan karena kita gak doyan, tapi stoknya itu jadi banyak banget. Belum lagi kue dari kiriman orang lain ke rumah.

Karena lama abis itu biasanya kuenya mulai melempem gak renyah lagi, Itu bisa karena beberapa alasan:

  • Banyak kandungan air yang ada di kue misalnya nih ya dari telur, margarin sampe minyak. Makin banyak air, kuenya makin cepet rusak dan tengik 
  • Kemasannya. Pastikan kemasan kue tertutup rapat karena nanti akan terkena jamur dari udara.
  • Pemakaian bahan pengawet memang bisa menolong, namun jika udara bisa masuk ke kue hingga kandungan air yang ada di kue banyak, maka pengawet pun tak akan mampu menangkalnya.
  • Kebersihan saat pembuatan dan proses pengemasan yang ada di kue menjadi salah satu faktor yang menjadikan kue tahan lama atau tidak. Oleh karena itu makin tinggi tingkat kebersihan, maka akan makin bagus kuenya.
Untuk yang sering ngalamin kue melempem dan tengik, bisa banget nih pake beberapa tips ini biar kuenya tahan lama:

  • Gunakan margarin sesuai takaran. Margarin punya fungsi untuk melembutkan dan juga menambah aroma kue. Tapi kalau terlalu banyak pake margarin, kuenya bisa lembab jadi gak awet disimpennya.
  • Sebelum paketepung terigu pas bikin kue, pastiin dulu tepung terigunya bener-bener kering dan gak berkutu. Tepung terigu yang berkualitas bikin kue tahan lama dan anti jamur bisa bikin rasa kue tambah enak. 
  • Perhatikan juga bahan isian kalau kita bikin kue yang ada isinya. Bahan isiannya harus sudah diolah dengan baik dan mampu matang secara sempurna biar nantinya gak gampang basi dan merusak rasa kue. 
  • Setelah memasak kue di dalam oven, maka alasi kue pakai kertas tisu khusus untuk makanan biar minyak yang ada di kue bisa menyerap ke tisunya dan kue keringnya akan lebih tahan lama.
  • Yang terakhir, sebelum menyimpan kue ke dalam toples maka pastikan kue sudah dalam kondisi dingin dan tak beruap.
Itulah beberapa tips biar kue makin tahan lama. Sekarang, kita juga bisa beli bebagai macam cemilan secara online yang bisa jadi pilihan. 

20 comments

  1. Mantap nih trik nya mau coba biar cepat di praktekan kalau tidak renyah rasanya cemilan kurang nikmat ya mbak

    ReplyDelete
  2. Biasanya yang tahan lama itu nastar hahahahah.
    Eh aku pernah loh beli makanan, sebenarnya kerupuk sih tapi belum aku goreng; itu sampai lama banget baru sadar. Pas kugoreng masih enak akakkakakak

    ReplyDelete
  3. kayaknya cocok untuk semua kue kering ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Terimakasih tipsnya mba, perlu di terapin nih agak kue kering yang ada di rumah awet renyahnya :D

    ReplyDelete
  5. Di rumah kue kering nggak bertahan lama. Paling lama 5 hari. Soalnya tau tau abis :(

    ReplyDelete
  6. Issshhh jd kangen mama sha. Dulu pas msh tinggal ama ortu, tiap lebaran lgs happy krn nemnin mama bikin kue. Skr mah, beli mulu tiap beli kue kering :D. Akunya jg ga bisa masak, dan lagian ga punya oven jg utk bakingnya

    ReplyDelete
  7. Kue kering rawan cepat habis..Disimpan paling lama cuma dua hari :(

    ReplyDelete
  8. Wah, begitu ya caranya...

    kalu ada kue kering di rumah, selalu nggak tahan lama, kerna dengan cepat "diserbu" anak-anak yang les di rumah saya. hehehe...

    makasih mbak infonyaaa! :D

    ReplyDelete
  9. Kalau kue kering aku doyan semua mba, wkwkw apalagi kue isian ^^
    Aku bisanya bikin kue sagu aja, kurang bisa bikin kue kering yang lain.


    Hai mba, blogwalking ke blog aku ya jika berkenan...
    Terima kasih ^^

    ReplyDelete
  10. waduhhh sepertinya artikel kali ini untuk persiapan membuat kue saat akan lebaran nanti yach..... :)

    Tips2 diatas sepertinya sangat bermanfaat buat mbak2dan ibu yang akan membuat kue. :)

    Kami para lelaki, cuma terima beres saja. heheh.... :)

    ReplyDelete
  11. Hihihii...kalu Bunda punya trik ortodox, haha...kalo kue kering udah mulai alun tapi wanginya masih mengundang selera, maka dengan cara simple banget, Bunda keluarkan dari toplesnya lalu Bunda letakkan di piring, masukkan ke dalam kulkas kira-kira 30 menit, keluarkan -- sudah renyah ketika dimakan.

    ReplyDelete
  12. Tapi kalau kuenya beli gimana, hihihi kan nggak tau takarannya brp :D? jd rawan kalau beli di luar ken yeee

    ReplyDelete
  13. aku lebih memilih untuk membeli saja kak, soalnya umi sibuk jadi belum sempat buat kue... :D hasil ngeblog buat beli cemilan adek-adek atau ponakan yang main kerumah :D
    tapi mkasih tipsnya mbak..

    ReplyDelete
  14. aku dong mba saking rajinnya jadi kalau kue kering seringnya beli wkwkwk pernah dong baru juga baru eh uda lumutan mba Sha sedih banget udah mahal eh cepet lumutan :/

    ReplyDelete
  15. Masa ya, kalo dirumah saya kue abis ya saya yang makanin wkwkwk tapi gak bikin gemuk heran saya.

    Emak saya juga kalo nyimpen kue-kue gitu apalagi nastar langsung dipindahin dari toples default ke toples dirumah, soalnya biar udara gak masuk. Tapi kasian kuenya nanti mati gak bisa nafas :(

    ReplyDelete
  16. oia bentar lagi puasa lalu lebaran ya
    siap siap badan Lebar-an, alias makin lebar
    heuheuheu

    ReplyDelete
  17. Nah sebentar lagi kan lebaran nih. Kue-kue kering terkadang sehabis lebaran malah udah ngga enak lagi karena melempeng. Pas banget, makasih tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  18. Kalau di rumahku seringnya sih beli kak, lebih praktis soalnya hahaha

    ReplyDelete
  19. Betul adonan terlalu lembek bisa cepet basi.. Terutama komposisi tepung dan telurnya blm bsa ngepasin.. Kalo bikin sekali kali aja sih.. Krna yg makan cuma dua orangg..

    ReplyDelete
  20. info yang sangat berguna..

    lebih lebih lagi menjelang Ramadan dan seterusnya Lebaran

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.