10 July 2017

Solusi Anyang-anyangan


Kapan terakhir kali kalian anyang-anyangan? Kalo ayang-ayangan? Sha terakhir kali anyang-anyangan tuh bulan kemaren.

Rasanya ya gitu lah. Gak nyaman. Kalo rasanya ayang-ayangan? hehe itu mah khusus buat yang udah punya ayang. Kalo belom mah diem aja sha 😂

Udah tau kan ya anyang-anyangan itu rasanya gimana. Pengen ke toilet mulu. Pengen pipis mulu. Yang jelas kalo anyang-anyangan tuh ganggu banget. Sha misalnya bulan lalu itu malem-malem kebangun pengen ke toilet. Pas bangun, kamar dan semua ruangan gelap. Pulsa listrik habis dan ga berani ke toilet. Akhirnya di tahan sampe pagi terus kena anyang-anyangan 😓

Anyang-anyangan dapat diderita oleh laki-laki maupun perempuan, namun kenyataan yang ada penyakit anyang-anyangan ini lebih banyak di derita oleh perempuan karena secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Bahkan ada yang bilang kalo 5 dari 10 perempuan berpotensi kena anyang-anyangan.

Katanya kalo anyang-anyangan gitu obatnya ya minum air putih. Diutamakan yang agak hangat. Tapi ternyata ada yang lebih jitu. Yaitu dengan Cranberry.  Tau Cranberry? Yak Cranberry itu nama band yang salah satu lagunya berjudul Zombie. Eh salah itu Cranberries.

Cranberry adalah sejenis buah berry yang masih keluarga dengan blueberry, berwarna merah tua. Memiliki nama latin Vaccinium oxycoccos, Cranberry sudah dikenal sebagai bahan obat-obatan sejak zaman nenek moyang. Beberapa tahun terakhir, Cranberry banyak digunakan sebagai antioksidan, mencegah sariawan, dan meningkatkan ketahanan tubuh. Tentu saja karena Cranberry mengandung banyak sekali vitamin C.

Lalu pada tahun 2004,  Lembaga Pengawas Obat dan Makanan Prancis (AFSSA atau BPOM kalo di Indonesia), berhasil menemukan khasiat lain dari Cranberry. Yakni sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing.

Lalu apa hubungannya dengan anyang-anyangan? Anyang-anyangan disebabkan karena infeksi saluran kemih. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri. Nah dengan mengonsumsi jus Cranberry diharapkan nanti bisa menjadi antibakteri sehingga dapat mencegah anyang-anyangan.

Lho kok bisa? Iya tentu saja bisa. Dari hasil penelitian pula, ditemukan kalo Cranberry mengandung Proanthocyanidins yang dapat bekerja sebagai antioksidan. Nah si Proanthocyanidins inilah yang nantinya akan membantu tubuh untuk mengalahkan bakteri penyebab anyang-anyangan tadi.

Selain mengandung vitamin C dan Proanthocyanidins, Cranberry juga mengandung flavonoid antosianidin, sianidin, peondin, dan quercetin yang dapat membantu membunuh kanker lho.

Mengingat peluang perempuan untuk menderita anyang-anyangan cukup tinggi, Sha akhirnya memutuskan untuk beli Uricran. Uricran mengandung ekstrak alami buah Cranberry sehingga memiliki khasiat untuk mencegah anyang-anyangan. Lebih baik dicegah daripada mengobati kan?

Cranberry sendiri banyak ditemukan di semak-semak Amerika bagian utara dan Kanada. Iya. Di semak-semak. Karena kadang tanaman di sekitar kita sebetulnya banyak mengandung khasiat. Sama kayak jodoh, kadang jodoh adalah orang yang tiap hari ada di sekitar kita, kan? Karena banyak khasiatnya, mungkin ini juga jadi alasan personil Cranberries ini memakai nama itu. Mungkin juga karena mereka sering kena anyang-anyangan. Daripada ayang-ayangan. Hehehe 😛😛

42 comments

  1. Gak enak banget ya Sha kalo udah susah pipis, gudlak lomba nya hehe

    ReplyDelete
  2. Aku dulu sering anyang2en,obatnya disuruh minum air anget yg banyak. Sekarang udah ada obatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. udah ada solusinya :) mayan bikin ga nyaman yaa

      Delete
  3. sepertinyaa memang kalo cuma minum air putih dibanyakin memang blm bisa menyembuhkan anyang2an ini ya...

    ReplyDelete
  4. kalau pas kecil dulu, jempol kaki diikat supaya anyang-anyangan sembuh. itu nasihat nenek ....entahlah waktu itu manjur atau gimana, yang jelas begitu diikat ya sembuh hahaha...tapi kukira kok kebetulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyakah mbah? wah, sha mah baru denger malah. Tapi bisa jadi karena sugesti juga. Setahu sha memang telapak kaki itu ada titik-titik yang tersambung dengan bagian lain dalam tubuh (kaya dalam refleksi). apa nyambung juga yaa..

      Delete
  5. Semoga gak terjadi lagi anyang2an ya, Teh. Karena kalau sering ke kamar mandi malah bisa mengganggu kegiatan yang lainnya.

    Ah, teh Sha mah bisa aja. Dikait-kaitkan sama jodoh. Aku coba cari jodoh aja ke semak-semak, tapi bisi kacugak..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ndi, ini mah gegara takut ke wc malem2. hahaha

      kade atuh ah, palaur tos kacugak mah. sanesna bahagia malah menderita :P

      Delete
  6. anyang-anyangan alkhamdulillah udah ngga pernah kayaknya mbak, udah jarang nahan buat buang air kecil sih hehe, kalau ayang-ayangan? tolong jangan tanya, itu terlalu menyedihkan XD wkwk

    ini produk khusus perempuan apa bisa dikonsumsi buat cowok juga mbak sha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapah atuh kenapaah?

      bisa buat cowok juga, buat balita juga bisa. min usia 3 tahun :)

      Delete
  7. sekarang gak perlu kasih karet di jempol kaki ya
    sudah ada obat ini, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mas ikrom juga tahu ya. harus pake karet jempol kaki. sha kok gatauu hehe

      Delete
  8. Wah sangat membantu buat mereka yang menderita ayang-ayangan nih Sha.., ya Alhamdulillah sekarang sudah ada obatnya buat membantu mereka yang terkena penyakit ini.

    ReplyDelete
  9. Kalau anyang-anyangan belum pernah sih sha.. pernahnya jejengkoleun, tau nggak sha? Itu tuh susah pipis karena kebanyakan makan jengkol, hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gatau mang, yang gimana jejengkoleun teh? oooh. hahaha itu mah khusus buat para pecinta jengkol. efek samping selain wc bau. hehehe

      Delete
  10. eeeaaa... endingnya dihubungin ke jodoh..

    ReplyDelete
  11. Waktu kecul pernah yg sampe perih dan panas klo bak, gak enak bgt

    ReplyDelete
  12. Udh pernah kena anyang-anyangan, aku jd kapok nahan pipis lg

    ReplyDelete
  13. Nyari buah cranberry susah, untung ada uricran ya Mba

    ReplyDelete
  14. Wah solusi yang sangat komplit.. makasi yaa mba vanisa.. jangan lupa folbek google + nya yaaa..
    Salam blogger

    ReplyDelete
  15. Aku dulu sering, sekarang uda jarang karena uda banyak belajar juga ttg anyang2 ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya teh :)

      selamat kemarin menang lomba blognya trans, asyik nih staycation :)

      Delete
  16. Udah lupa kapan terakhir kali anyang-anyangan. :| Dulu seringnya kalau kayak gitu, ya jempol kakinya diiket karet atau minum air yang banyak. Baru tahu kalau buah cranberry bisa jadi obat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan hayo haha

      wah,komen ketiga yang iket jempol kaki. sha kemana aja gatau hal kaya gini :|

      Delete
  17. baru tahu ane apa itu anyang2an, baru denger. dan ini obatnya, keren. Nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya tau, cuma ga tau kalo hal itu namanya anyang2an

      Delete
  18. Terakhir anyang2an kapan yah aku?? Kayanya beberapa tahun yg lalu deh.. pas zaman smp.. hahhaha #long time lah

    Paling nggk bisa nahan buang air kecil. Pokoknya yah kalau kerasa mesti kudu nyari tempat.. numpang di rumah orang misalnya.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lama atuh itu mah hehe

      iya, memang seharusnya begitu ya mas

      Delete
  19. duh, jangan sampai deh anyang2an lagi. untung dah nemu uricran ya :)

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.