8 October 2019

Umbul Ponggok, Tempat liburan yang seru dan asyik


Kadang bosen ya, liburan yang gitu-gitu aja, dateng, foto-foto terus pulang. Paling banter mampir dulu buat makan. Jujur aja kalau sha sendiri kadang pengen cari aktifitas lain tiap kali mengunjungi satu kota, salah satunya waktu ke Yogyakarta. Pengen banget mlipir ke Klaten buat ke Umbul Ponggoknya!


Tau dari beberapa temen blogger yang dateng ke sini, terutama mas Hanif yang emang orang Klaten asli. Pernah sha liat diving gitu bareng istrinya di sini.

Wisata konsep underwater

Jadi emang umbul ponggok ini ngasih wisata yang gak lumrah, gak mudah di temukan di tempat wisata lain. Yaitu konsep underwater nya, dimana ada sebuah kolam yang merupakan sumber air segar. Yaaang, uniknya tuh di bawah kolamnya ada banyak kumpulan ikan, di dasar kolamnya pun ada banyak atribut unik kaya sepeda motor, TV, tikar, meja, gantungan cucian dll.

Karena uniknya itu, kita gak cuma di suguhkan kolam renang yang kaya biasanya. Tapi plus-plus terutama buat yang suka fotografi, bisa foto-foto underwater juga di sini.

Ah ya, kedalaman kolam umbul ponggok ini sekitar 2.6 meter, bisa jadi tempat buat latihan snorkeling atau diving kaya mas hanif.

Lokasi Umbul ponggok

Lokasi tepatnya umbul ponggok ini di jalan Delanggu, Polanharjo, Klaten. Sebenernya, Klaten ini masuknya wilayah Jawa Tengah ya gengs, bukan Yogyakarta.

Kalau dari pusat kota Klaten ke Umbul ponggok ini kira-kira 30 menit. Nah, kalau misalnya berangkat dari Yogja, kita bisa meneruskan perjalanan lewat jalan raya Yogya-Solo sampe Gor Gelarsena Klaten, lalu kita bisa ambil jalan Jatinom atau Polanharjo ke Umbul ponggok.

Ah, sekarang mah udah canggih tinggal ikutin maps atau waze aja ya gengs.

Harga tiket dan Fasilitas Wisata

Buat masuk ke umbul ponggok ini cukup bayar 15.000 aja. Super murah kan ya! Kecuali kalau kita mau sewa-sewa peralatan juga kaya kamera, power diver, peralatan diving, properti foto sampe paket pre wedding. Tarifnya nyesuain, kita mau sewa apa. Di mulai dari 13.000 sampe 3 jutaan 😊

Kalau fasilitas lainnya itu standar aja mirip tempat wisata lain. Ada mushala, toilet, ruang ganti, kedai makan, juga gazebo buat duduk-duduk santai.

Sha juga punya beberapa tips buat yang mau foto-foto underwater di umbul ponggok ini:

  • Cari spot menarik

Pastikan pilih spot terbaik versi kita. juga jangan cuma fokus foto di satu spot aja, coba juga spot lainnya.

  • Perhatikan waktu kunjungan

Karena underwater, lebih baik datengnya siang hari, biar ada sinar matahari yang masuk ke air, jadi kita juga bisa dapet foto dengan pencahayaan yang bagus.

  • Berfose normal

Cobain deh buat foti dengan fose yang biasa kita lakuin di daratan, hasilnya bakal bagus ☺

Gimana, mau pada liburan ke Umbul Ponggok juga kaaan?


2 comments

  1. Ini desa yang viral itu ya. Katanya, kades Ponggok bisa memaksimalkan dana desanya dengan baik.

    ReplyDelete
  2. pengenn nihh dateng ke umbul ponggok, seru kayanya mba

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.