6 November 2017

Curug Awang


Melewati pepohonan dan hutan, mobil yang kita tumpangi (sha, teh nchie dan bang aswi) nyampe di tanah lapang.

Saat yang lain langsung fokus pada proses pembuatan gula merah. Sha ama teh nchie, jalan duluan. Menyusuri jalan yang mirip waktu ke curug cimarinjung.

Kita berenti dan duduk di warung penduduk. Sha nyemil kacang dan teh nchie nyeruput kopi. Duduk sambil madep deretan pohon di sebrang sana, sungai dan undakan sawah.

Beberapa orang udah dateng dan nyusul kami, kita langsung jalan nyusurin jalan sampe ujung. Turun ke sawah sampe bibir sungai.

Jalan ke tengah sungai, melewati batu dan loncat biar ga kena air. Langsung pose-pose, ambil foto!

Padahal waktu itu anginnya kenceng banget, dengan beraninya duduk diujung tebing. Buat foto.


Bikin video ala-ala, bagus banget! Waktu itu langsung sha liat hasilnya, terus kelupaan siapa yang videoin dan minta kontaknya 🙈

Kalau sekarang liat fotonya lagi, kok deg-degan banget. Ambil foto dan video di ujung curug awang yang tingginya 40 meter! Hahaha heran, waktu itu sha dapet adrenalin darimana 😛

Kadang-kadang hidup emang gitu, liat roller coaster, flying fox dari kejauhan kok kaya yang ngeri. Tapi pas dijalanin, ga seserem itu. Jalan-jalan di tebing curug berasa biasa aja. Pas liat foto dan di pikirin ulang, serem ya!

Puas diatas tebing curug, balik lagi ke undakan sawah. Ke jalan setapak. Terus ditanya: Mau ke bawah apa engga?
langsung di oke.in dan kita turun sambil jongkok 😛


Pas nyampe ke bawah, wua! Emang keren banget. Dan tinggi banget. Loncat-loncat di batu. Liat air jernih. Pas sha ke sini emang lagi kemarau, airnya sedikit jadi bisa jalan-jalan kaya tadi diatas tebing. Di bawah tebing juga.

Kalau musim hujan kayak sekarang, dua-duanya ga bisa di lakuin. Seluruh tebing bakal penuh oleh air. Sungainya juga. Itulah kenapa curug awang di kenal sebagai niagaranya indonesia.


Terus kita balik ke warung nyusurin kebun dan sawah. Setelah sampe, baru deh sha ngeliatin proses pembuatan gula merah kelapa. (Gula merahnya rasa kelapa, enak buat di cemilin). Di buat diatas hawu (kompor dengan pinggiran batu dan pake kayu bakar) harga gula merahnyanya 20-30ribuan tergantung ukuran. Oleh-oleh wajib kalo ke sini! hehe

55 comments

  1. Aku pernah beberapakali lihat pembuatan gula merah, cukup lama juga proses pembuatannya.

    Nggak main air sekalian teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga nungguin sih, seberapa lama :D

      engggak. gaada yang main air. haha

      Delete
  2. demi mendapatkan foto yang keren, dibutuhkan keberanian yang extra hahaha >.<

    ReplyDelete
  3. Wow mantap keindahanya mempesona cocok untuk liburan ahir pekan nih wisata alami wajib dilestarikan dan dikunjungi.

    ReplyDelete
  4. Keren euy curug nya..
    Berarti masih alami y mbak? Kok aksesnya masih jalan setapak yg miringnya cukup curam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, masih alami.

      yang setapak itu, memang bukan akses wisata. karena kalo musim hujan ga boleh turun ke situ. yang akses wisata jalannya udah bagus :)

      Delete
  5. Wah keren pisan! Tapi pas tanjakan aku harus di katrol kayaknya wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Tempat masih alami, jalan masih setapak. Pemandangan ny keren pokok nya.
    Jadi kepingin foto di ujung tebingnya juga. 😁

    ReplyDelete
  7. pemandangan curugnya apik.. cuma kudu hati-hati saat berfoto :)

    ReplyDelete
  8. Tempat masih alami, jalan masih setapak. Pemandangan ny keren pokok nya.
    Jadi kepingin foto di ujung tebingnya juga. 😁

    ReplyDelete
  9. Bukan masalah takut engga takutnya sih lewatin tebing gitu. Tapi pengalaman liat temen jatoh ke bawah tebing, untungnya masih bisa selamet.

    Tapi kalo akhirnya ngeliat curug yang keren kaya gini sih ya terbayar sih haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya?

      alhamdulillah ya, selamat. kok sha jadi deg2an


      ga setimpal kalo sama nyawa hehe

      Delete
  10. Wah pemandangannya indah yah mba. cocok buat lepaskan stress di kala padatnya dan suramnya perkotaan.

    ReplyDelete
  11. Pemandangan yang masi asri dengan air terjun yang sejuk dsn bersih.. bisa buat mandi disitu yaa sha.. seger2 gimana gtu ziixixixiix.. jadi pengen ke curug duuuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaada yang mandi. kayaknya jarang di pake buat main air. atau memang pas kesana pas gaada yang mandi hehe

      Delete
  12. Tempat masih alami, jalan masih setapak. Pemandangan ny keren pokok nya.
    Jadi kepingin foto di ujung tebingnya juga. 😁

    ReplyDelete
  13. Hati-hati Sha.. duduknya jangan terlalu ke pinngir... ngeri jatuh ihh..

    Tapi pemandangan curug awang ini memang keren pisan euy! jadi ngiri sama Sha , kapan atuh saya bisa punya acara macam nie..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, di pikir2 kok ngeri ya mang :(

      hayu atuh, agendain haha

      Delete
  14. Wiiihh keren ini tuh xD suka banget deh lihat batu2 di air terjunnya, ngingetin sama pantai Batu Lapis di Lampung. Kalau selama ini aku ke air terjun di Malang, pasti tebingnya ber tumbuhan [?]....enggg maksudnya banyak dijalari tanaman rambat gitu. Kalau ini batu tebingnya clear kelihatan xD bagusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. zahrah lebih keren doong, udah travelling kemana2 :D

      iya, ngerti hehe apa namanya yg di malang itu?

      Delete
  15. Jadi ini lengkapnya foto yang ada di IG ya, Teh..
    Ternyata perjuangan juga untuk bisa sampe ya. Udah lama gak ke curug gini, jadi penge..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener ndi hehehe
      hayu atuh sini, katanya mu maen ke bandung

      Delete
  16. nah loh, siapa tuh yang sempet merekam jangan-jangan ada yang sengaja menyimpan rekaman, kita tunggu aja Sha kali ada di youtube atau di tv. curug awang cantik banget ya kaya admin blog vanisadesfriani hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa namnya siapaa hahaha

      udah, masuk koran hehe

      awww, terima kasihloh mbak. aduh, mbak maya emang pinter muji hehehe

      Delete
  17. saya malah fokus di pembuatan gula merahnya
    saya belum pernah liat pembuatan gula merah
    cuma tau udah ada di dapur aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mayan. panas depan perapian hehe
      tapi gulanya enaak banget sampe sha cemilin :P

      Delete
  18. curug awang beneran bikin pengen liburan. Suka deh kslo tempatnya menantang kaya gini. Semoga curug awang tetap lestari dengan bersih dan alaminya.

    ReplyDelete
  19. dari dulu suka banget air terjun... jadi pengen terjun kan T.T

    ReplyDelete
  20. Perjuangannya itu loh, memang untuk mendapatkan lokasi yang indah dibutuhkan perjuangan yang indah juga

    ReplyDelete
  21. Itu berarti "kolam" air terjunnya nggak terlalu dalem ya? Keliatan keruh gitu. Atau airnya emang keruh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kenapa berani foto di atas mah, buat pencitraan aja. Biar dapet foto bagus wakak

      Delete
    2. gatau, kan sha ga berenang. keruh karena bawa pasir airnya.

      gak juga, pas awal jalan2 aja sekitaran situ sebelum di foto. baru ngeh pas udah pulang :D

      Delete
  22. Wahhh surga dunia banget itu,keren banget pemandangannya, jadi kangen kampung halaman.

    http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  23. Keren banget.. Mau donk di ajak kesana mbak.. >.<

    ReplyDelete
  24. Kalo mau liat yg lbh mirip niagara versi mini, sbnrnya curug malela mba, di bandung juga.. Tp kesananya sumpaaah perjuangan sekali. Cm ga rugi, krn pemandangannya berasa niagara versi kecil :p

    Kadang smua orang gitu kok, kalo melihat something ekstreme, dipikir ngerilah, serem banget, tp ternyata pas dicoba sendiri, biasa aja :). Ga seseram yg dipikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. sha orang bandung tapi belom pernah ke sana haha

      boleh tuh jadi wishlist. makasih mbak :)

      wah, kalau naik bungy jumping kaya mbak nila, sha pengen juga tapi belom apa2 baru bayangin doang dah gemeteran :P

      Delete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.