28 November 2017

Managemen Ritel ala Alfamart

foto dok: bang aswi
"Ada yang tahu bisnis ritel itu apa?" Tanya pak Yogie kepada peserta pelatihan hari itu yang berisi para pelaku UMKM dan Blogger Bandung. 

"Rangkaian kegiatan perdagangan barang dan jasa, dari pihak penjualkepada konsumen secara langsung." Jadi, warung dan usaha bapak ibu, itu termasuk ritel. 

Waktu sha cerita ke temen kalo sha ngehadirin acara pelatihan manajemen ritel ini, temen sempat nanya. "Kok, alfamart malah ngajarin pesaingnya cara jualan sih?" Saat mengikuti acara ini, sha masuk ke kantor Alfamart. Melihat bagaimana orang-orang bekerja dan mendapat jawaban setelah mengikuti pelatihannya.

Alfamart memiliki ribuan retail di Indonesia. Diantara banyaknya retail itu, Alfamart menyediakan space khusus di depan gerai nya untuk para pelaku umkm. Kepada pelaku umkm lah Alfamart membagikan "tips" bagaimana cara untuk tetap eksis dan bertahan selama 18 tahun ini.

Pak yogie mencontohkan mengenai banyaknya supermarket dan toko offline yang mulai tutup dan bangkrut di Indonesia. Bagaimana agar tetap eksis dan menjaga bisnis tetap stabil. Untuk saat ini, rata-rata satu gerai Alfamart mendatangkan 450 orang pembeli setiap harinya.

Apa saja tipsnya? 

INOVASI

Ini hal terpenting yang harus di miliki seorang pebisnis. Saat orang mulai beralih, lakukan inovasi dan ikuti arus. Jangan merasa bahwa bisnis baik-baik saja dan selamanya akan diatas. Pak yogie memperlihatkan bagaimana proses nokia bangkrut dan jatuh di pasar dunia.

Tips lain yang selalu digunakan dalam menjual produk oleh Alfamart adalah: KEJU 2MBER

KEmasan
Jenis
Ukuran
Merek
Manfaat
Barcode
Expired
Rasa

Selalu perhatikan hal ini saat kita menjual produk, pastikan juga kita mengetahui dan menguasai produk yang kita jual. Tahu manfaat, kelebihan dan kegunaannya untuk apa.

Dalam berbisnis kita juga harus mempertimbangkan produk substitusi contohnya kita menjual mie merek A, juga menjual mie merek B. Pada saat ada pembeli menanyakan merek A namun habis, kita bisa menawarkan produk serupa dengan merek B.

Selain itu, juga mempertimbangkan produk komplementer contohnya kita menjual mie, menjual telor, saus, dan sayur. Saat ada pembeli membeli mie kita bisa sekaligus menawarkan telor, saus dan sayur. Sehingga kita bisa menjual lebih banyak produk sekaligus.

Pebisnis ritel juga harus memperhatikan 7 pengendalian usahanya:

Persediaan produk
Penjualan
Biaya
Gross Margin
Administrasi
Lingkungan
Pendapatan

Bagaimana caranya ritel tersebut bisa berjalan sendiri, masukan juga gaji kita ke dalam hitungan. Hindari contoh terdahulu seperti saat anak bilang "Ma, uang bekal sekolah" lalu mengambil uang dari laci toko. Sehingga tidak jelas pemasukan dan pengeluaran toko.

31 comments

  1. Mantap ya teteh bidan xixiix.. informasi tersebut sangat bermanfaat untuk yang ingin memulai usaha umkm yang semakinn ketat saja persaingannya... semoga kita selalu dimudahkan yaaa untuk usaha apapun di zaman yang serba online ini..

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak banget ya rumusnya, bagi yang belum mulai jualan kayak saya gini ya harus butuh banyak belajar ya

    ReplyDelete
  3. wah, dpt ilmu dr pak yogi nih,

    alfamart belum buka cabang di kota sy mba, pdahal sy tunggu2..
    masih kendala sm distributor lainnya :(

    ReplyDelete
  4. Alfamart di mana-mana ada hahahah. Di Jogja juga buanyak :-D

    ReplyDelete
  5. aduh ini X-kantorku xixixi makin jaya deh Alfamart :D

    ReplyDelete
  6. Kadang kita terjebak di zona nyaman, sementara orang terus berinovasi
    akhirnya kitapun tertinggal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hehe susah ya mbak kalo udah nyaman mah. susah pindahnya #eea

      Delete
  7. keren nih Alfamart mau berbagi ilmunya. Bisa diaplikasikan ke minimarket rumahan jg prinsip2nya

    ReplyDelete
  8. karena dekat rumah, aku suka beli es krim di alfa mart. dan biasanya hanya alfamart aja yang menyediakan atm BCA hehehe..

    ReplyDelete
  9. Cocok nih buat Sha. Kemaren habis ikutan trip UMKM Jateng terus sekarang malah dapet pelatihannya.

    Habis ini bisa langsung buka toko nih. Wkwkw

    ReplyDelete
  10. banyak orang yang berangapan bahwa bisnis retail akan segera musnah. Tapi tidak menurut saya.
    Bisnis retail masih layak dipertahankan di Indonesia

    ReplyDelete
  11. Bisnis retail semakin menjamur
    bahkan di daerah saya jaraknya deket2 udah kayak orang mau upacara aja

    ReplyDelete
  12. Mantab Alfamart mah, harus dicontoh dalam manajemen nya

    ReplyDelete
  13. Seru ya teh acaranya kayanya, banyak ilmu lagi

    ReplyDelete
  14. Iya ya, keuangannya hrs rapi dan dipisah sm keuangan keluarga

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.