23 September 2017

Dibalik Nama


Berawal dari komennya mas Wisnu Tri yang nanyain kalau sha itu artinya apa. Juga gegara baca postingan teh Gilang Maulani yang sering salah di kira laki-laki. Kali ini sha mau cerita soal asal usul nama sha sendiri.

Waktu sha lahir, sebenernya bapa mau ngasih nama Anisa. Tapi katanya, terlalu banyak yang namanya Anisa. Jadilah di tambahin huruf V. Sepakatlah sha terlahir ke dunia ini dengan nama Vanisa. 

Seperti kebanyakan orang tua saat itu, Desfriani diambil dari kata DESember karena sha lahir di bulan Desember. FRIANI diambil dari kata priangan. Lahir di bulan desember di kota Priangan.

Teman-teman yang lahir di tahun 90an sekian kayak sha, pasti banyak banget yang punya nama ada potongan bulannya. Soalnya, sekian persen teman sekelas sha pasti ada aja yang punya nama kaya: Septiani, Agustina, Januar, Febri, Aprilianty (ini sepupu sha), Novianti dan lain-lain. Rata-rata memang mirip ada tambahan ani atau anty? Entah berdasarkan trend saat itu atau gimana, atau mungkin para orang tua udah janjian namain anak mereka ada potongan nama bulannya.

Temen yang sha kenal di FLP Bandung dulu, sampe ngubek-ngubek kamus saking suka nya dengan nama Vanisa. Setelah ketemu, dia dengan semangat bilang kalau Vanisa itu artinya Bintang Merah atau Gerhana. Sha lupa yang bersangkutan nyari dalam bahasa apa. Kata vanisa berasal dari bahasa Greek yang artinya Butterfly. Kalau dalam bahasa India/Hindu Vanisa means Goddes of the Forest. Ini sih, hasil penelitian sha di google. 

Di rumah, sha biasa di panggil teteh. Nama panggilan khas orang sunda untuk wanita yang lebih tua, kebetulan sha anak pertama di keluarga. Temen-temen kecil sha sering manggil dengan sebutan Vani. Sampe teman sekelas pas SMA, manggil Vani.

Sampe akhirnya, seorang ustadzah bilang kalau vani itu artinya bisa berbagai macam. Vani dalam artian bagus, tapi bisa juga berasal dari kata fana. Taukan dunia fana? yah, kurang lebih artinya rusak. Terus waktu itu, sha ngerusakin DVD punya bapa padahal baru beli (sampe sekarang, bapa gatau kalau sha yang ngerusakin, hehe) soalnya bapa marah karena emang baru nyampe banget dan dulu kan harganya emang mahal gak kaya sekarang. ๐Ÿ˜ƒ

Terus Sensei Rizal, guru bahasa jepang di sekolah sha. Ngasih sha sebuah nama: Isha Shourai, artinya dokter di masa depan. Waktu SMA, cita-cita terbesar sha emang jadi dokter. Sha udah pernah cerita di postingan what should I do? waktu sha ternyata gak bisa meraih mimpi itu ๐Ÿ˜Š

Nah jadi, panggilan sha itu berasal dari Isha. Semenjak kuliah sha memperkenalkan diri sebagai Isha. hehehe

Sha sebenernya gak masalah sih, orang mau manggil sha apa. Selama hal itu baik. Di RSCM dulu, temen kerja manggilnya Cha, kadang Icha. Hayo siapa di sini yang nama temennya ada kata nisa, pasti panggilannya Icha? haha. Beda lagi pas kerja di RSHS, temen-temen manggilnya Nisa.

Punya panggilan special? Kayak tetangga sha yang selalu manggil dengan sebutan Neng. Teman SMA yang manggil dengan sebutan Neng Anis. Teman SMA lain, manggil sha dengan sebutan Ukhty sampe sekarang. Sha dengan teman dekat saling memberikan panggilan khusus seperti sebutan Tante. Sampe ada yang ngira tante beneran di postingan Bandung Trip With Anisma.

Sha sama Yani, sahabat SMA sha, saling manggil dengan sebutan Tuwin. Nama kita mirip-mirip sih, Yani dan Vani. Dulu selfie bareng wajah kita mirip, tapi sekarang udah dewasa keliatan beda banget. Sama sahabat sha yang lain panggilannya Memet dan Memot, Dada dan Vava. Dan nama-nama yang sekarang udah jarang di pake. Dulu seneng banget bikin nama-nama panggilan, berasa jadi orang special gak sih? hehe

Sha sangat bersyukur dan seneng banget di kasih nama vanisa sama orang tua, bahkan sempet berpikiran kalau punya anak perempuan bakal di kasih nama vanisa juga ๐Ÿ˜„

59 comments

  1. jadi ini yah namanya. Pantesan saya agak heran kok namanya Vanisa yah, itu dari bahasa mana. Ehh ternyata bapaknya pengen punya nama anaknya beda dari yang lain, the best deh buat bapaknya.

    Soal nama nih, emang sekarang familiar banget nama yang dipaduin dengan nama bulan. Tapi ada loh teman saya yang keluarganya pake nama surah-surah alqur'an di juz 30. Pokoknya keluarga besarnya urutan namanya.

    Ehh lahiran desember juga yah, asyik berarti kita barengan sha. Entar ultahnya mau kolaborasi gak? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. antimainstream hahah

      wuaa, keren banget tuh. beda dari yang lain. Temenku juga ada, kakak beradik 12 orang. semuanya pake nama-nama nabi :)

      yokayooook. kolaborasi apa? proyek apa nih?

      Delete
  2. Hihihi.. Senang ya kalau berasa spesial karena nama. Aku juga punya banyak teman yang masing2 punya panggilan tersendiri buatku :)

    ReplyDelete
  3. kukira model lain dari Vanesa mbak Sha hehe
    ternyata dari anisa
    tapi panggilan icha juga pas sih, kayak murid lesku yg namanya vanesya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, kalau jaman sha kecil, nama vanesa belum lumrah. gak kaya sekarang. hehe

      boleh, nanti sha jadi muridnya juga gitu yah?

      Delete
  4. Bagus namanya Sha, wah banyak juga nick name nya ya hehe

    ReplyDelete
  5. nama syah, eh itu bukan nya setelah mengucapkan akad dek?

    ReplyDelete
  6. Nama yang bagus dan unik.
    Jadi ingat nama panggilan saya juga tempo doeloe yang beda-beda, heheheh...

    Saya juga lahir bulan Desember loh, Sha.
    "Siapa yang tanya?"
    Skefo aja, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha emang, jaman2 alay kali ya mbak. jadi ganti2 hahaha

      wahwaaaah, samaan nih kitaaa :)

      Delete
  7. banyak makna yg terkandung di nama vanisa desfriani. he he.

    jadi awalnya sempet diberi nama anisa, tapi karena nama itu sudah banyak akhirnya sedikit dimodifikasi gitu deh. keren lah.

    ReplyDelete
  8. Klo kapan-kapan sy ketemu di jalan atau di mana gitu...

    Panggilnya "Teh Sha..."

    ReplyDelete
  9. Nama Dibalik eh dibalik nama, pastinya ada sesuatu hal/harapan dari orang tua. Dan orang tua yang lebih tahu arti dan makna dari nama anak-anaknya. Seperti nama saya. Djangkaru Bumi, kemungkinan orang tua saya berharap agar saya kelak bisa menjadi pijakan banyak orang. Ah Vanisa !

    ReplyDelete
  10. Kalo bulan merah, sama kayak Vanesa gitu ya.. tapi masalah nama panggilan nggak begitu dipertanyakan sih kalo saya, apalagi bagi blogger, nama panggilan kadang tercipta karena buatannya sendiri. ya maksudnya nyebut namanya snediri dalam postingan. misal panggilan "pangeran" buat heru arya walo namanya gak ada pangeran2nya. itu branding juga sih jadinya.

    kalo saya sendiri, nama diambil dari sifat wajib bagi alloh, ampun dah berat. kata dosen saya begitu. dan memang, hidup ini jadi kerasa berat banget.. xD padahal org lain bisa melalui dgn mudah, saya harus tertatih untuk hal yg sama. tapi terserahlah, pemberian orgtua ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iyaa? belum pernah mampir e blognya pangeran hehe

      masa sih haw? sha taunya haw aja. nama aslimu siapaa? hehehe

      hidup jangan dianggap berat cenah :) meski tertatih, asal sampai pada tujuan :)

      Delete
  11. kalau artinya sih gimana kitanya aj, kalau mau diartikan baik ya jadi baik juga. iya gitu kali eh gk tau juga sih

    ReplyDelete
  12. tenyata satu nama memiliki arti yang banyak ya wak

    ReplyDelete
  13. setiap nama mempunyai makna berbeda; bisa jadi diserap dari bahasa lain, penggalan, atau lainnya.
    Dan pastinya tiap anak mempunyai nama panggilan yang berbeda-beda, seperti panggilan saat kecil, teman main, atau teman kuliah.

    ReplyDelete
  14. Wahaha nama belakangku juga mengandung nama bulan๐Ÿ˜…
    Tapi mnrtku masih bagus sih, dprd nama anak2 jaman sekarang yg susah bgt dilafalkan๐Ÿ˜ช

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelah mananya ada nama bulan mas? hehe

      iyaa, hahaha sampe belibet ngomongnya :D

      Delete
  15. Kalo nama belakangku malah kaya nama nabi ��

    ReplyDelete
  16. Owh jadi gitu, nama adalah doa, ada artinya dari setiap nama.

    Wah iya nih, nama ak juga, kalau kenalan sama orang udah langsung bisa di tebak lahirnya bulan apa, haha.

    ReplyDelete
  17. Namanya banyak ya mbak -_-
    Saya manggil apa ya bagusnya? Saya panggil "mbak" aja deh hahaha :))

    Emang banyak nama yang berkaitan dengan waktu kelahiran gitu mbak. Di nama saya terselip kata "Fajar" karena saya lahir saat fajar atau shubuh hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh2..

      nah iya, kurang sha tambahin nih. Selain bulan, berdasarkan waktu lahir juga yaa :)

      Delete
  18. Isha Shourai, semoga terwujud cita citanya, Amiin

    ReplyDelete
  19. Banyak juga ya nama panggilannya ya teh, saya panggilnya teteh aja biar agak sopan hahaha. Paling suka arti vanisa bahasa greek yangbartinya butterfly, karena kupu-kupu melambangkan keindahan dan hidupnya bisa bebas karena kupu-kupu memiliki sayap dan bisa terbang.

    *Cocoklogi yang bagus wkwk.

    Perkenalkan teh, nama saya asep, mungkin kalo teteh punya buku bekas bisa dikasih ke saya *loh. Btw bapa teteh kalo dikasih tau yang bikin rusak dvdnya teteh, bakal marah ga ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sha juga sukaa, sampe sempet sha bikin status di facebook hehe

      salam kenal. hehe
      gak akan marah, kejadiannya udah sekitar 8 tahun lalu :D

      Delete
  20. padahal menambah 1 huruf pada nama itu bisa berakibat fatal jadi arti aneh-aneh di bahasa lain loh T.T

    ReplyDelete
  21. Release juga blogpost yang tentang nama mbak?
    Eh, mbak apa teh, yak? Haha

    Aku dulu juga gitu mbak, ada beberapa panggilan pas jaman sekolah.
    Pas tau kalau ada satu nama panggilan yang artinya jelek (dalam bahasa jepang juga), aku jadi agak sensi kalau di panggil sama nama yang "itu". Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebass, ahaha

      nah, sama. wkwk tapi kadang susah, tetep aja ada yang manggil gitu. Ada yang manggil pake satu kata yang amat sangat gak suka dan ga baik artinya, sha marah akhirnya dia ga berani lagi. Mirip bully kali ya?

      Delete
  22. Ortunya kreatiff, dari kata desember sama priangan bisa jadi nama yg cantik, unik pula.,,desfriani..kayaknya jarang yg make ya

    ReplyDelete
  23. Aku baru liat ini suer hihihi. Eh ada nama aku juga di prolognya ๐Ÿ˜‚

    Akhirnya terjawab. Aku juga penasaran sih Vanisa Desfriani artinya apa. Unik soalnya. Ternyata itu artinya. Yang paduan antara desember sama priangan kreatif deh ibu bapaknya hehe.

    Wah, banyak juga ya nama panggilannya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teeh, hehe kok bisa tau? padahal ga sha mention. makasih loh dah jadi inspirasi di tulisan ini *ciee

      Delete
  24. priangan tak sangka diambil dri kata periang yang artinya nyenengin.. hheheeh ternyata nama kota toh.. heheh
    nama kan doa yang dipanjatkan orang tua buat kita ke Tuhan.
    seperti namaku bayu yang artinya angin.. hahaha biar pas aku datang angin selalu menyertai kehadiranku.. hahaaha #kokmalahnyeritaindirisendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. angin berhembus mengitarimuu :)

      angin, banyak banget makna nya ya :)

      Delete
  25. Yang jelas kalo jaman sekolah, dari Anisa yang bisa dapet absen depan jadi Vanisa dapet absen paling belakang wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneer. lama banget nungguinnya kalo tes lisan. Untungnya dapet bocoran dari yg udah tes hahaha Tapi giliran di absen dari urutan belakang pas ujian. Jadi kocar kacir hahaha

      Delete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.