20 September 2017

Kenali Potensi Bencana Lebih Cepat dengan Aplikasi Magma Indonesia

Akhir-akhir ini sha lagi seneng banget nonton film yang isinya bencana, pembunuhan, detektif, dan genre-genre yang mendekati. Ada satu hal yang selalu bikin sha takjub, teknologi. Bagaimana seorang profiler bisa mengetahui detail seseorang hanya dari petunjuk yang dimilikinya. Bahkan bisa menggali masa lalu seperti apa yang dijalani oleh orang tersebut. Tentu saja para profiler ini di bantu dengan teknologi yang sangat canggih yang bisa menemukan detail seseorang dengan cepat.


Tak hanya mengdentifikasi seseorang, teknologi juga membuat kita lebih cepat untuk mendeteksi terjadinya bencana. Kementrian ESDM kita sejak 2015 meluncurkan aplikasi bernama MAGMA (Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment) Indonesia dengan teknologi berbasis open source yang berisikan informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi terintegrasi yang disajikan kepada masyarakat secara kuasirealtime dan interaktif.

Indonesia yang terletak di 3 lempeng ektonik utama dunia atau yang kita kenal sebagai Pacific Ring of Fire. Karena itu, di dalam aplikasi Magma Indonesia berisikan:

  1. Informasi Aktifitas Gunung Ap. Indonesia memiliki 127 Gunung Api aktif (terbanyak di Dunia)
  2. Gempa bumi dan tsunami
  3. Gerakan tanah / tanah longsor
  4. VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) atau peringatan letusan gunung api untuk penerbangan. 

Dengan Aplikasi Magma Indonesia akan memberikan informasi bencana secara cepat dan memangkas birokrasi yang panjang (jika sebelumnya harus di infokan dengan proses panjang baru sampai ke masyarakat) kini masyarakat dapat dengan cepat mengetahui informasi sehingga mengurangi risiko seperti kecelakaan pesawat terbang dan jumlah korban.

Sha pernah nonton anime berjudul Kimi No Na Wa tentang seorang gadis yang diberi kesempatan kembali ke masa lalu. Singkat cerita gadis tersebut meyakinkan masyarakat sebuah desa untuk meninggalkan desa tersebut karena di masa depan, desa akan lenyap di karenakan sebuah bencana. Proses yang dilakukan cukup sulit mengingat hal itu dilakukan dari mulut ke mulut. Sha berpikir bahwa dengan kemajuan teknologi, salah satunya yang di usahakan oleh kementrian kita. Ke depannya akan mampu membantu masyarakat Indonesia. Semoga harapan sha bisa terwujud suatu hari nanti.

PS: Postingan ini catatan dari kegiatan sha mengikuti sosialisasi aplikasi magma indonesia di Auditorium Museum Geologi, 14 September lalu.

50 comments

  1. Duh.. kita ada di ring fire, ya.... ngeri ya. Iya bener aplikasi magma membantu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren sempet liat pemutaran film bencana gitukan, sampe merindiiing

      Delete
  2. Semakin canggih dan inovatif tentunya, semoga bisa memberikan manfaat yaaa aplikasinya

    ReplyDelete
  3. Kalo tiap org udah melek teknologi dan ada badan terpercaya yg menyosialisakinnya melalui aplikasi itu, kabar hoax dan penanggulangan bencana jd lebih mudah sih, yak... acara yg diikutin ama Sha berfaedah semuah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gitulah haw.. sekarang orang tua juga udah pada melek teknologi. bayik2 masih nenen mainannya ipod :D

      Delete
  4. Wuih, keren ya aplikasinya. Bisa meminimalkan jumlah korban dan kerugian kalo bencana terjadi, ya. Semoga banyak yang menggunakan.

    ReplyDelete
  5. Antisipasi bencana alam memang sangat penting agar tidak ada korban jiwa terutama di daerah-daerah rawan bencana alam atau daerah yg padat penduduknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya banget, kalo ada di daerah rawan bencana. wajib banget donlot biar prepare :)

      Delete
  6. Adanya aplikasi ini bisa membantu daerah-daerah yang tinggal di kawasan rawan bencana. Jadi alrm buat bisa lebih waspada. Keren nih idenya. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, keren emang. padahal dari 2015 loh. tapi masih kurang gaung nya nih

      Delete
  7. keren banget ini kementerian bikin aplikasi beginian, salut!

    ReplyDelete
  8. Makin kesini makin canggih aja ya, Teh, serba ada terutama aplikasi. Contohnya ini bisa memberikan informasi dengan cepat..

    ReplyDelete
  9. cocok banget ini kayaknya . idn memang negara yg rawan bencana maka app ini sangat dibutuhkan. semoga maki canggih.

    ReplyDelete
  10. wah kayaknya harus download nihh. supaya bisa ngeh kalau ada apa2.. semoga bumi indonesia dijauhkan dari bencana yaa

    ReplyDelete
  11. Gunung api aktif terbanyak di dunia adalah indonesia, ih serem juga ya?
    Teknologi semakin mendekatkan kepada masyarakat demi kewaspadaan bencana alam.

    ReplyDelete
  12. teknologi makin cangih iya, bagus tuh aplikasinya, yang buat ini perlu banyak sosialisasi nih, jdi berguna bagi banyak orang, apalagi yang tinggal di daerah rawan bencana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bagus banget. sekarang nih buat kontrol gunung agung di bali ituu

      Delete
  13. Kemajuan dan kecanggihan teknologi sudah tidak diragukan lagi ya mbak, semoga dengan kehadiran aplikasi magma masyarakat bisa cepat tanggap mengenali bencana apa yang akan terjadi.

    ReplyDelete
  14. Harapan kita cendrung sama Sha, bagaimana kemajuan teknologi tetap bermuara pada kesejahtraan rakyat

    ReplyDelete
  15. Kalau aku lebih seneng sama film kartunn sama film fantasy... hahahha maaf oot


    Semoga dengan aplikasi ini bisa ngebntu kita semua.. semakin maju buat Indonesia dan warganya.. aminnn

    ReplyDelete
  16. Indonesia banyak orang hebatnya. Pasti bisa bikin aplikasi yang canggih-canggih. Aplikasi yang ini sangat berguna sehingga kita bisa cepat tanggap mengetahui bencana yang ada di sekitar kita. Maju terus Indonesia!

    ReplyDelete
  17. Teknologi semacam ini berguna banget emang mba, apalagi untuk masyarakat. Contohnya gempa di pesisir pantai sehingga proses evakuasi bisa berjalan cepat untuk menghindari korbann jiwa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mas, inget tsunami aceh. Jangan sampe hal kaya gitu terulang lagi..

      Delete
  18. baguslah, ditengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini memang sudah seharusnya kita manfaatkan. apalagi karya anak bangsa. cool :)

    ReplyDelete
  19. Pingin main ke Museum Geologi lagi, belajar batu,, hahaa

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.