4 April 2020

Cara berobat ke Rumah Sakit Hasan Sadikin / RSHS / Ranca Badak Bandung


Halo semuanya, mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat ya! Kali ini sha mau sharing mengenai tata cara pendaftaran pasien ke rumah sakit hasan sadikin Bandung. Baik itu pasien baru, pasien lama, pendaftaran online, rawat jalan dan rawat inap. BPJS, maupun umum. semoga bermanfaat ya!


Pertama, kita bahas persyaratannya dulu:

Pasien Umum :  Cukup membawa KTP & Fotocopy nya

Untuk pasien umum, pada dasarnya poli nya sama dengan yang BPJS. Hanya saja tidak menggunakan BPJS dan membayar untuk biaya pendaftaran & konsultasi sebesar 50.000 rupiah.
Pasien BPJS
  • Surat Rujukan dari RSUD atau setingkat, di pastikan surat rujukannya ada nomor rujukan online
  • KTP & Fotocopy. Untuk pasien anak di ganti dengan KTP orang tua dan KK
  • Kartu BPJS asli
Kalau BPJS nya yang PBI atau yang di bayarkan oleh pemerintah setiap bulannya, harus membawa KK asli juga.

Jika persyaratan sudah lengkap, bisa langsung datang saja bagi PASIEN BARU setiap hari Senin - Jum'at jam 07.00 - 12.00 WIB sedangkan untuk mesin pengambilan nomor antriannya di buka dari jam 06.30 WIB. Untuk lokasinya ada di gedung anggrek sebrang pom bensin.

Untuk Poli Eksekutif ada di lantai 6 gedung anggrek (tidak bisa pakai bpjs) di tangani langsung oleh dokter subspesialis yang bersangkutan (silahkan tanyakan terlebih dahulu jadwal dokter yang di tuju). Jadwal yang bisa di pastikan hanya hari nya saja, selain itu dokternya on call. Jadi, setelah pasien datang dan mendaftar di loket, dokternya baru di telfon. Untuk biaya pendaftaran & konsultasinya sebesar 250.000 rupiah.

Ada beberapa poli yang pendaftarannya tidak langsung ke anggrek. Diantaranya:

Pendaftaran MCU (medical check up) di RSHS bisa langsung datang saja ke gedung cardiac center lantai 4 setiap hari senin - jum'at jam 07.00-14.00 WIB dan lebih di sarankan datang pagi, karena kalau kuota hari itu penuh, maka harus kembali datang di hari berikutnya.

Pendaftaran Klinik Aster, langsung saja datang ke Kliniknya, lokasinya ada di pavilliun parahyangan. Untuk jadwal poli senin - jum'at jam 07.00 - 14.00 WIB. Biaya konsultasi dan pendaftaran 250.000 rupiah. Telefon (022) 2551158

Pendaftaran Klinik Lili (khusus kecantikan), langsung datang ke kliniknya. lokasinya ada di pavilliun parahyangan. Untuk jadwal poli senin - jum'at jam 07.00 - 14.00 WIB. Biaya konsultasi dan pendaftaran 250.000 rupiah.

PENDAFTARAN ONLINE

Untuk pendaftaran online di RSHS itu, hanya berlaku untuk PASIEN LAMA yang sudah memiliki nomor rekam medis (nomor yang ada di kartu berobat RSHS). Nomor RM ini ada 10 digit biasanya diawali dengan angka 000.

Sebelum pendaftaran online, harap di persiapkan: Nomor RM, Nomor Handphone, Poli yang di tuju, Cara pembayaran dan tanggal kedatangan.

Untuk pendaftaran online di RSHS, Tidak bisa menggunakan nomor HP dari provider XL & Axis (karena sering gangguan). Jadi, di pastikan menggunakan provider lain.

Untuk pendaftaran online, di haruskan dua hari kerja sebelum kedatangan. Misalnya, untuk kedatangan hari jum'at kita harus daftar online terakhir di hari rabu. Kecuali jika ingin datang hari senin kita terakhir daftar di hari kamis di karenakan hari sabtu minggu nya libur, dan berkas di siapkan di hari jum'at.

Untuk pendaftaran online, satu hari bisa daftar 3 kali di tanggal yang berbeda. Dan maksimal untuk kedatangan 3 bulan yang akan datang.

Ada 3 cara pendaftaran online ke RSHS yaitu melalui Contact Center, Web dan Aplikasi RSHS Go.

Contact Center

Daftar online melalui Contact Center caranya sangat mudah, silahkan menghubungi (022) 2551111 kemudian tekan 1 untuk bahasa indonesia, kemudian tekan untuk rawat jalan. Nanti akan dibantu oleh petugas contact center, dan menyebutkan syarat yang harus dipersiapkan diatas. Setalah menutup telfon, kita akan langsung mendapatkan sms konfirmasi bukti pendaftaran.

Website

Untuk pendaftaran rawat jalan ke RSHS melalui website pendaftaran RSHS http://reservasi.rshs.or.id/
untuk caranya:
  1. masukan nomor rekam medis
  2. masukan tanggal lahir, klik cari data pasien
  3. kita cek apakah data yang keluar sesuai dengan data kita
  4. masukan nomor ktp
  5. masukkan nomor handphone, klik tanda panah di samping nomor handphone
  6. tunggu sms notifikasi
  7. masukkan kode dari sms yang sudah di terima
  8. centang tanda persetujuan, klik lanjut
  9. pilih poli tujuan
  10. masukkan cara bayar (JKN/BPJS, Klinik Khusus, Penunjang Jamkesda, Umum/kontraktor/yayasan, Jamkesda)
  11. pilih tanggal kunjungan, klik lanjut
  12. cek ulang data, klik lanjut
  13. pendaftaran berhasil dengan keluarnya barcode, nama, tanggal kedatangan dan nomor voucher.

Aplikasi mobile RSHS Go

Untuk pendaftaran melalui aplikasi, silahkan download dulu RSHS Go di playstore

Di sini sha mau bagiin sedikit tips: Untuk pendaftaran lewat aplikasi, jangan langsung klik reservasi rawat jalan. Tapiii
  1. Buka bagian pengaturan di pojok kanan atas
  2. klik akun
  3. klik masuk
  4. baru setelah itu masukan nomor rekam medis dan nomor handphone
  5. cek data pasien, masukkan nomor ktp dan nomor hp
  6. tunggu sms konfirmasi
  7. masukkan kode dari sms yang di terima
 Nah, dengan tips ini kita gak perlu bolak balik nunggu sms konfirmasi yang mana sering error jaringan (Jadi wajar kalau sms gak di terima), tiap kali daftar kita tinggal klik reservasi rawat jalan, pilih poli dan tanggal kunjungan. Beres deh!
 Keuntungan daftar online: Kita gak perlu lagi antri di loket pendaftaran! Jadi, begitu datang kita bisa langsung ke poli yang di tuju, cek ulang nama kita di monitor poli terus tinggal ngantri di panggil dokter. Wajarnya sih jam 8 dah di poli, karena dokter biasanya dateng jam 8. Kita gak perlu antri dari subuh! Memangkas waktu hampir 2 jam 😎

PS: Kalau rujukan kita sudah habis atau nama kita tidak ada di monitor di depan poli, silahkan dateng ke loket 12.
Untuk pasien lama yang mau daftar online ke poli eksekutif, bisa juga! tapi cuma bisa lewat telfon ke contact center yaa. Mekanismenya sama, nelfon dua hari sebelum kedatangan. Nanti, satu hari sebelum kita datang, akan di telfon untuk konfirmasi ulang kehadiran ke rshs serta jam kedatangan dokter (berhubung dokternya oncall semua dan tentatif banget, kadang udah nunggu lama ternyata dokternya ga praktek) so, daftar online ke poli eksekutif dianjurkan daripada jauh-jauh terus dokternya gak ada.

semoga bermanfaat dan kita sehat selalu 💓

3 comments

  1. Kode verifikasi ga ada terus kenapa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, emang suka gangguan. solusi sih telfon dulu k contact center minta kode verifikasi

      Delete
  2. Sekarang rujukan dari RSUD KARAWANG ke RSHS susah ya? Ko ini ribet ya

    ReplyDelete

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.