26 December 2018

9 Alasan Mengapa Internet Sangat Membantu Kamu Untuk Beli Rumah


Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti membutuhkan tempat tinggal. Tidak cuma sebagai area peristirahatan, tapi juga untuk melindungi dari teriknya sinar matahari di siang hari dan dinginnya angin ketiks malam. Tempat tinggal pun menjadi lingkungan kecil yang menumbuhkan kehangatan dalam keluarga. Maka dari itu, tak heran kalau kebutuhan akan tempat tinggal ini terus saja meningkat. Padahal lahan yang tersedia justru semakin sempit.

Mencari tempat tinggal seperti rumah pun tidaklah mudah. Kamu harus menyiapkan tabungan yang cukup banyak agar bisa membelinya. Tahap pencarian ini biasanya membutuhkan waktu yang lama, sebab kamu tak selalu bisa menyediakan waktu untuk mencari secara langsung dengan menghadiri pameran atau mengandalkan iklan di pamflet. Daripada membuang waktu, sebaiknya manfaatkan saja teknologi internet untuk membantumu membeli rumah sesuai dengan keinginan.

9 Kelebihan Mencari Rumah Lewat Internet

Ketika sedang berburu rumah idaman, kamu harus mencarinya dengan segera supaya tidak kehabisan. Cobalah buka internet dan kunjungi website beli rumah. Kamu akan mendapatkan  beberapa kelebihan dari internet yang membantumu membeli rumah, seperti :

1. Lebih Praktis dan Efektif
Alasan pertama mengapa sebelum membeli rumah harus survey di dunia maya terlebih dahulu adalah karena lebih praktis dan efektif. Kamu tidak perlu repot-repot  meluangkan waktu khusus berkeliling daerah sekitar mencari rumah yang dijual. Jika seperti ini caranya, waktumu yang berharga akan terbuang sia-sia. Sebab, pencarian rumah yang cocok dengan keinginan tak bisa langsung didapatkan dalam sekejap.

Apalagi kalau kamu mempunyai segudang pekerjaan yang sulit ditinggalkan, jadi yang paling tepat adalah mengandalkan internet. Sekarang ini sudah banyak tersedia portal-portal website beli rumah yang bisa kamu kunjungi di sela-sela waktu senggangmu. Kamu bisa melihat model dan tipe rumah yang dijual di suatu wilayah tertentu. Pilihlah lokasi yang kamu inginkan, setelah itu akan muncul beberapa rumah yang dipromosikan oleh agen properti.

2. Bisa Membandingkan Harga Dengan Mudah
Dalam membeli sebuah rumah, biasanya pertimbangan yang akan kamu pikirkan dengan matang adalah tentang harganya. Penting untuk mengetahui harga pasaran rumah yang beredar di kawasanmu. Kamu bisa mencari informasi ini melalui internet. Dalam waktu beberapa detik saja, kamu akan mendapatkan semua informasi yang diperlukan. Mengetahui harga pasaran rumah sangat berguna supaya kamu tidak tertipu oleh agen yang memasang harga yang jauh lebih mahal dari harga standar.

Di samping itu, ketika mencari-cari rumah dari website beli rumah, kamu bisa dengan mudah membandingkan harga rumah satu dengan lainnya. Misalnya ada satu rumah yang dijual di wilayahmu dengan harga sekitar 400 juta rupiah. Sedangkan rumah kedua memiliki model yang sama dengan harga yang dibanderol 350 juta rupiah. Jika memang spesifikasinya hampir sama, maka lebih baik memilih rumah seharga 350 juta rupiah bukan? Kamu jadi bisa menghemat anggaran untuk dialokasikan ke kebutuhan lain. Contohnya untuk membeli perlengkapan rumah tangga nantinya.

3. Mengetahui Gambaran Desain dan Interior Rumah
Hal yang tak kalah penting diperhatikan ketika membeli sebuah rumah adalah seperti apa desain interiornya. Semua orang mempunyai selera yang berbeda-beda. Begitu juga denganmu. Ada orang yang lebih menyukai rumah dengan gaya modern serba kaca, tapi ada juga yang menggemari konsep vintage. Kamu bisa mencari gaya rumah sesuai dengan selera melalui internet, dengan mengunjungi website beli rumah.

Setelah kamu menemukan rumah yang kira-kira sesuai dengan ekspektasi, jangan lupa untuk melihat foto-foto yang ditampilkan pada website tersebut. Biasanya orang yang memasang iklan di portal khusus penjualan properti akan menambahkan foto-foto rumah dari berbagai sudut. Pastikan bahwa foto tersebut diambil dari angle yang pas dan jelas, sehingga kamu bisa membayangkan gambaran rumahnya.

Jangan ambil rumah yang tidak menyediakan foto secara lengkap per bagian rumah. Hal ini mungkin saja karena ada sesuatu yang disembunyikan. Bisa jadi ada bagian rumah yang rusak, sehingga tidak layak untuk dipajang gambarnya. Dari semua foto tersebut, kamu bisa menilai seperti apa model desain dan interiornya. Selanjutnya buatlah keputusan apakah jadi membeli rumah tersebut atau tidak. Kalau jadi, rencanakan pula pola yang cocok diterapkan pada rumah tersebut.

4. Mendapatkan Notifikasi Rumah Dijual di Sekitar Melalui Listing
Terkadang sewaktu melihat-lihat rumah dijual di internet, kamu belum bisa menemukan yang sesuai dengan kriteria. Padahal kamu membutuhkan rumah dengan segera untuk ditempati bersama keluarga kecil. Kalau sudah begini, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan informasi rumah yang dijual?

Jangan khawatir. Berkat kecanggihan teknologi jaman sekarang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi listing. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Smartphone Android maupun iOS yang kamu miliki. Fitur dari aplikasi listing ini mengandalkan GPS, yang mana kamu akan mendapatkan notifikasi rumah dijual di tempat-tempat yang baru saja kamu lewati. Sangat menarik bukan?

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka kemungkinan untuk menemukan rumah impian akan semakin besar. Pastinya kamu juga akan mendapatkan rumah yang aksesnya mudah dengan jarak yang tidak jauh dari kantormu.

5. Berkonsultasi Dengan Agen Properti Tanpa Harus Tatap Muka
Jika kamu sudah menemukan rumah yang diidamkan, maka kamu perlu mencari informasinya lebih jauh lewat agen properti. Kamu dapat berkonsultasi dengannya mengenai keinginanmu untuk membeli rumah tersebut. Baik dari cara pembayarannya yang bisa dilakukan secara tunai maupun kredit KPR, rincian struktur bangunan, seperti apa lingkungan di sekitarnya dan kerawanan terhadap bencana banjir.

Konsultasi dengan agen tersebut pun tak perlu dilakukan secara langsung dengan tatap muka. Sebab, kontak dari agen biasanya sudah tertera pada portal website rumah yang dijual. Kamu hanya perlu menghubunginya lewat telepon atau WhatsApp, lalu berikan sejumlah pertanyaan tentang rumah incaranmu itu. Bila kira-kira setelah mendengar semua statement dari sang agen, kamu merasa tidak cocok dengan rumah tersebut, coba konsultasikan padanya seperti apa rumah yang kamu inginkan. Siapa tahu agen tersebut bisa membantumu mencarikan referensi lainnya.

6. Memiliki Banyak Referensi
Mencari hunian baru melalui website beli rumah akan membuatmu memiliki banyak referensi. Hal ini bisa kamu lihat dan bandingkan dari segi spesifikasi bangunan, akses dengan aktivitas harian, maupun arsitekturnya. Paling tidak ambillah 3 pilihan rumah yang paling mendekati kriteria, lalu diskusikan lebih lanjut bersama keluarga. Kalau pilihannya terlalu banyak, kamu sendiri akan kesulitan menentukan yang paling tepat.

Faktor paling penting dari semua kriteria yang sudah diseleksi adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan hanya memilih referensi-referensi tersebut berdasarkan keinginan pribadi. Tanamkanlah pikiran bahwa rumah tersebut sebagai pemenuhan kebutuhan papan. Masalah ingin menambahkan interior lain bisa dilakukan setelah membeli rumah. Setidaknya kamu harus mempertimbangkan rumah itu dari segi keamanan dan kenyamanannya untuk ditinggali bersama keluarga kecilmu.

7. Mengetahui Lokasi Secara Pasti
Rumah-rumah yang dijual dan dipajang pada portal-portal website properti biasanya sudah dilengkapi dengan informasi alamatnya. Kamu pun akan lebih mudah memeriksa dimana tepatnya lokasi tersebut melalui aplikasi Maps. Kamu bisa melihat apakah lokasi tersebut cukup strategis dan berdekatan dengan fasilitas – fasilitas umum.

Bila sudah mengenal daerah rumah yang dijual itu, maka kamu bisa memperkirakan bagaimana situasi sekitarnya. Baik itu dari lingkungan maupun kemungkinan terkena bencana alam. Kemudian, barulah kamu dapat memutuskan apakah rumah yang berada di lokasi tersebut cocok untuk dibeli.

8. Dapat Memastikan Kualitas Rumah dari Review
Mengetahui seperti apa kualitas bangunan dari sebuah rumah juga merupakan hal yang tak boleh dilewatkan. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi kerugian yang bisa saja muncul setelah kamu membeli rumah. Informasi mengenai kualitas bangunan dan utilitas di dalamnya ini dapat kamu amati dari orang-orang yang telah mereview rumah tersebut.

Mungkin sebelum kamu mengincarnya, ada orang lain yang ingin membeli rumah itu, kemudian melakukan survey secara langsung. Orang tersebut akan memberikan reviewnya lewat kolom komentar yang disediakan pada portal website beli rumah. Bacalah seperti apa review dari orang-orang yang pernah datang ke lokasi dan memeriksa setiap bagian bangunan. Bila reviewnya cukup bagus, kamu bisa memasukkanya ke dalam daftar pilihanmu. Kalau sebaliknya, lebih baik segera cari referensi lain.

9. Menghemat Pengeluaran dan Dapat Dilakukan Dimanapun
Mencari rumah lewat internet tentunya akan menghemat pengeluaranmu. Karena yang kamu butuhkan hanyalah kuota internet. Beda ceritanya bila kamu datang ke seminar, pameran, maupun mencarinya secara langsung. Tentu kamu harus mengeluarkan biaya lebih untuk ongkos transportasi dan sebagainya.

Sedangkan bila dilihat dari segi kemudahan akses internet, kamu juga bisa melakukannya di mana saja. Misalnya saja di kantor, restoran, rumah, halte, bahkan toilet. Sebab kamu hanya harus membawa Smartphone bersamamu setelah terkoneksi dengan internet.

Sebagai manusia yang hidup di jaman modern, memang sudah sepantasnya kamu mengikuti bagaimana perkembangan teknologi. Hal ini untuk menghindari kebutaan terhadap teknologi yang bisa menghambat aktivitasmu. Sehingga dalam hal mencari dan membeli rumah pun, kamu akan sangat terbantu dengan adanya teknologi internet. Karena sejatinya internet memang diciptakan untuk memberikan semua informasi yang dibutuhkan dalam waktu singkat.

14 comments

  1. Bener banget Sha, sekarang zaman dinamis dan praktis ya selain hemat waktu, browsing telebih dahulu akan sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Tanda-tanda mau beli rumah ini ahahahhah. Bangun rumah tangga bentar lagi, kakakakakkak

    ReplyDelete
  3. Iya bener banget. Nyari referensi itu paling gampang dari internet. Besok rencana setelah nikah mau nyari rumah di mana, Teh? Hihihi

    ReplyDelete
  4. setuju. ya setidaknya nyari referensi dulu di internet, cari tahu dulu spesifikasinya. kalo cocok langsung hajar, dapet deh mobilnya.

    ReplyDelete
  5. Ini dia manfaat positif dari inet. Ga perlu keluar-keluar, kita udah dapet info tentang rumah yang lagi dijual. Tapi sayang, ga ada yang gratis.. wkwkwkwk *tampol

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha mana ada makan siang gratis :P kecuali di rumah orang tua hhe

      Delete
  6. Beli rumah, mungkin salah satu syarat buat nikah zaman now kali ya, biar gak ngerepotin dan beban di masa depan nanti, bismillah dulu deh, makasih tipsnya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga, syarat nikah mah kan ada pengantinnya, ada wali, ada penghulu sama mahar. Gak pake rumah :P

      Delete
  7. Wah mencari rumah sekarang sudah Gambang iya, bisa langsung dari internet.


    Ngumpulin uang dulu dah, baru mencoba beli rumah heeh, bismillah

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.