19 October 2018 Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Cerita lepas Behel



Akhirnya, setelah maju mundur cantik selama beberapa bulan. Sha memutuskan untuk lepas behel juga! Ini salah satu pencapaian luar biasa untuk diri sha sendiri karena akhirnya punya gigi yang cukup rapi.

Iya, cukup rapi karena sejujurnya belum rapih semuanya saat sha memutuskan untuk lepas behel. Awalnya sha lepas behel bawah beberapa bulan lalu dan hari selasa kemarin sha memutuskan untuk lepas behel atas juga.

Bahagia? tentu saja! meski kelihatannya sepele, tapi berhasil bikin sha nyengir terus 😋 Gimana enggak, effort yang sha keluarin untuk gigi ini gak sedikit lho. 

Flashback lagi ke hari dimana sha nangis semalaman sama orang tua karena ada seseorang yang menghina fisik sha. Inget banget apa yang waktu itu bapak sha ucapin saat sha nangis "Bapak mah sanesna alim ngabiayaan teteh, tapi hariwang sanesna sae kalahka cacat. Kumaha upami teu gaduh waos? kan teteh ge tos ninggal contohna." (bapak bukannya gak mau ngebiayaain, tapi gimana kalau cacat. Gimala kalau malah gak punya gigi? kan teteh udah liat contohnya).

FYI, dulu sha pernah gagal pake behel (ceritanya di sini) dan yang di maksud bapak adalah kejadian saudara sha yang habis di operasi tapi hasilnya gagal sampe harus di amputasi. Kata bapak, gak boleh sembarangan ambil keputusan hanya karena ucapan orang lain. Harus kita pikirkan baik-baik biar gak menyesal.

Tapi besok sorenya, sha diajakin mama sama bapak ke drg. Cahya. Ngantri dari jam 4 sore dan baru di panggil jam set 11 malam. Sepanjang nunggu, di nasihatin ini itu dan pas ketemu dokternya cuma di bilang suruh ke drg. Hera karena itu bukan spesialisasinya beliau.

Dan sampailah sha pada hari ini, bisa senyum sumringah karena giginya rapi. Banyak pertanyaan yang diajukan sama sha selama sha pakai behel;

Q: Eh, gigiku kaya gini, pengen pake behel, kira-kira gimana ya?
A: Harus yakin dan punya tekad yang kuat sebelum memutuskan pake behel. Pikirkan apa bisa komitmen selama pake behel? Tetap kontrol setiap bulan ke dokter gigi, menyisihkan uang setiap bulan untuk konsul.

Q: Aku mau pake behel, bagusnya ke dokter yang mana ya?
A: Menurut sha, jangan sembarangan pilih dokter gigi. Apalagi pasang behelnya di tukang gigi. Lebih baik pasang di dokter spesialis orthodonti, memang jauh lebih mahal tapi juga lebih safety.

Q: Sha pasang behel di Bandung di mana ya?
A: Bertaburan dokter gigi ortho di Bandung. Kalau sha sendiri pakenya di drg. Hani Martiana Sp.Ort praktek di rumahnya di Suryalaya, Buah Batu hari Senin, Selasa, Kamis. Atau ke RSUD Al-Ihsan baleendah tapi harus kuat antri bisa seharian.

Q: Gimana proses pasang behel?
A: Awalnya ya pasti konsul dulu, abis itu gigi kita kan di lihat kondisi nya. Kalau sudah oke, gigi kita di cetak. Ini gigi sha jaman dulu setelah gagal pake behel.



Q: Waktu pasang behel, cabut gigi gak?
A: Kayaknya tergantung kondisi gigi sebelum pake behel. Kalau sha iya, waktu itu cabut 2 gigi geraham depan pertama. Nah, sebelum di cabut ini sha di suruh untuk Rontgen Panoramic dan Chepalometri dulu. Sambil nunggu hasilnya, gigi geraham sha (atas bawah) juga di pasangin karet supaya ada jarak antar gigi. Dan nantinya gigi geraham ini bakal di pasangin Molar Band.
Abis semuanya selesai (di cetak, di rontgen, di pasang karet geraham) dan hasilnya udah di lihat dokter, tinggal nunggu behelnya dan tinggal pasang.

Q: Gimana rasanya pertama kali pake behel?
A: Pas pemasangan itu, ya biasa aja sih. Waktu pertama kali sha pake behel yang lepas pasang. Behel ini ada langit-langitnya. Gak pake karet, cuma kawat aja. Terus yang kedua kali, ini pake jenis behel yang di foto diatas. Pas pemasangan, rasa lemnya gak enak 😂 Mau gak mau lemnya ke rasa ya.. Terus ya biasa aja, dan mulai kerasa ituu. Setelah pulang dari dokter gigi. Wuiih, jangan ditanya mulut pegel semua.

Q: Kamu sariawan kaya aku gak?
A: Iya! pas awal-awal pake behel itu, bracketnya gesek-gesek ke pipi. Alhasil bikin luka dan sariawan. Selain itu bisa juga karena si kawat atau Archwire nya ngegeser atau kepanjangan pas di potong. Ini nusuk-nusuk banget ke pipi. Dokterku sampe resepin ibuprofen biar bisa nahan sakit karena geser-geser gigi dan sariawan ini. Sampe akhirnya rasa sakitnya gak sha hirauin jadi lama kelamaan kaya udah biasa aja.

Q: Minggu depan ganti warna karet yuk!
A: Beberapa kali sengaja samaan warna karet sama temen. FYI, karet behel atau Rubber Band ini banyak jenisnya. Ada yang memang perbracket (karet power O). Pernah juga beberapa kali sha di pasangin Elastic Hook pas geser-geser giginya (pake karet ini lumayan sakit), Atau kaya foto diatas itu termasuk jenis karet power chain. Pemilihan warna karet juga penting banget buat sha, segala warna udah sha coba bahkan sampe yang warna warni. Tapi beberapa warna kadang memudar kaya pink, oranye, dll. Dan warna favorit sha itu tosca.

Q: Perawatan behelnya kaya gimana?
A: Harus rajin sikat gigi, tentu saja. Karena yang pake behel ini resiko makanan nyelip lebih banyak. Sikat giginya beli yang khusus orthodoonti. Kenapa? karena bentuknya harus nyesuain sama behel kita biar bisa ngebersihin sampe sela-sela. Harga sikat giginya lumayan, paling murah 50ribu waktu beli dulu. Sha juga beli tusuk gigi khusus ortho, buat bersihin sehabis makan di luar.

Q: Selama pake behel makannya gimana?
A: kalau sha makan biasa aja sih, sama kaya sebelum pake behel. Pernah beberapa kali bracketnya lepas karena sha makan yang keras-keras kaya jagung dan kripik. Yang penting mah nikmatin aja 😊

Q: berapa biaya yang sha keluarin dari mulai rencana pake behel (des 2014), pemasangan behel (jan 2015) sampe lepas behel?
A: Untuk dari proses konsul, bolak balik rontgen sampe pemasangan itu sekitar 8 juta. Dan untuk perawatan itu pas awal kontrol 2 minggu sekali, ke sininya sebulan sekali dengan biaya 300-500ribu sekali kontrol. Total sekitar 20jutaan kali ya selama 3 tahun.

Ini juga sih yang bikin sha memutuskan untuk lepas, mayan buat nabung tiap bulan. Mengingat tujuan awal sha itu bikin gigi depan sha rapi dan sudah tercapai juga, meski geraham sha masih belum sejajar. Dan, sampe sekarang gigi geraham dewasa sha belum tumbuh lho! padahal sha bentar lagi 25 tahun. Giginya sudah ada, tapi geraham sha kecil dan gak ada tempat buat tumbuh.

Well yah, intinya jangan sembarang ngomong soal kekurangan fisik seseorang. Kayaknya orang yang ngomong jelek ke sha dulu udah lupa sama apa yang diucapinnya karena dia biasa aja waktu nyapa sha. Juga, gak boleh sembarangan bilang giginya di pagerin, di kawatin apalagi pake kawat jemuran. Kalau moodnya lagi bagus, mungkin kita nganggepnya becanda. Well yah, its really hurt gengs. Padahal kami pakai behel supaya makannya enak, giginya rapi, dan berhenti mendengar ucapan tidak enak kalian. Eh, malah di tambah-tambahin bilang bibirnya jeding karena pake behel, oooh rasanya pengen nyumpel mulut kalian! Hahaha

Karena semuanya udah sha lewatin, sha ngerasa bebas nulis ini semua 😝 Semangat yaa, teman-teman berbehelkuu. Semua akan indah pada waktunya, effort kalian menunggu berjam-jam saat konsul, gigi sakit di geser-geser sampe gak bisa makan, dan suara ngilu bor yang membuat kalian terbiasa seakan di nina boboin sambil mangap. Haha

Bener-bener akan indah waktunya! Bahagia senyum-senyum liat kaca karena akhirnya impian kalian tercapai dan bisa senyum dengan penuh percaya diri 😄

FYI, foto udah gak pake behelnya nyusul yaa hahaha

71 comments

  1. Wew.. Mahal juga ya ternyata seputar behel itu.. Dan cukup ribet ternyata; ada rontgen segala..
    Alhamdulillah kalau sudah lepas dan mendapat hasil yang diharapkan..

    Foto pas pake behel dan pas lepas behel nggak ditampilin mbak..? Penasaran sama mesemnya.. hoho

    ReplyDelete
  2. Subhanallah beb 20 jutaan dan masi ada yg nyinyir duh minta digaplok pake dollar ya haha btw nih ya semua drg nyaranin aku pasang behel cz cameuh ya aku emg suka dibilang cameuh tapi cantik kan, masalahnya aku pengen dibehel cm. Belum ada dana hahahha tfs sha baru tahu lho semahal itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau juga dong, digaplok pake dolar 😝

      gak usah teh, cameuh mah cantiik 👩

      Delete
    2. selama gak jelek2 amat mah mending ga usah teh, hehe

      Delete
  3. Pengen pakai juga, karena gigiku juga nggak rapi. Tapi pas baca total biaya yang dikeluarin, ya Allah! Mahal juga ternyata, Rek! *kemudian orek-orek recehan di dompet*
    Oiya, diantara ketiga ini : Pasang Behel - (selama) Pakai Behel - Lepas Behel, mana yang paling sakit, Sha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling sakit pasa wal pasang, terus tiap kali baru ganti karet. apalagi pake karet tambahan gitu. beuuh haha

      Delete
  4. Secantik ini masih ada yang berani ngehina fisiknya? Siapa tu, sini kelahinya sama aku aja.

    ReplyDelete
  5. temenku dulu juga ada yg pakai behel karena rencana mau jadi polisi, tapi taunya malah jadi satpam. ya, harus rapi dari segi penampilan gituh. he he.

    btw, selamat behelnya dilepas. gimana rasanya pas behelnya dilepas, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, polisi harus rapi giginya.

      ngiluu suara bornya haha dan rasa darah yang ehem banget 😄

      Delete
  6. wah bahkan mau copot aja nggak semudah yg dikira ya? emang beda sih ya yang niat pakai behel buat kesehatan sama yg main main atau gaya aja. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, udah berasa nyaman gitu di behel. terus rada takut nanti kalau di buka trus gak suka sama mukakuu

      Delete
  7. aku dulu pake behel karena mau daftar sekolah kedinasan, akhirnya pakelah setahun. nahan-nahan g nyamanya, dan pas lepas, beuh!!! sebuah kenikmatan yg haqiqi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul, tapi kalau sha udh terlanjur nyaman sih pake behel. hehe

      Delete
  8. Dulu waktu smp temenku banyak pada behelan. Dan itu jadi tren gitu. Walau giginya gak kenapa2, dengan behel kekerenan naik 90% . dulu ku mau ikutan behelan, tapi ku gak punya duit bwat ikut2an kek gitu. yauda aku pasrah aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu adalah pemikiran yang salah, adek2 harus di kasih tahu soal ini. Emang sih kelihatan cute, tapi sebanding juga dengan sakitnya dan harganya haha

      Delete
  9. Di keluarga besar ada 3 yg pake behel. Tante A pake behel karena emang ga rapi giginya, sepupu juga. Tapi tante yang B nih, sengaja pake behel biar kelihatan imut. Hmmmmmm.

    Anyway, selamat kak Sha! Yeay, semoga percaya diri makin meningkat supaya hidupnya makin bahagia hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa, niat orang berbeda. asal bisa bertanggung jawab sama pilihannya 😊

      thank youuu 😊

      Delete
  10. Holla, Teh Sha..
    Kumaha damang ?

    Asana tara katingal ayeuna mah eung. Nembe akhir-akhir ieu katingal d.instagram oge. Di blog oge sapertosna ieu deh artikel terbaru ti bulan Septermber :D
    Padat merayap nya, Teh :D

    Nashat bakapnya teh Sha kurang lebih sama seperti nasehat orang tuaku, Teh. Dimana waktu itu dengna iseng tanya gitu. Tapi memang bener sih, jangan gampang ambil keputusan, terlebih hanya karena ucapan orang lain. Makannya waktu itu sempet tanya-tanya ke teh Sha kan terkait pasang behel.

    Ternyata harus rutin juga ya, Teh kontrolnya, ini jadi bahan pertimbangan buat siapa pun yang mau pasang behel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi andi, alhamdulillah sehat. Andi?

      hehehe aya weh, biasa ndi haha

      muhun, leres pisan ndi. Makin tua makin kerasa kaya orang tua kita yaa

      iya bener ndi, kalo gak rutin takut giginya geser sendiri tanpa di kontrol

      Delete
    2. Alhamdulilah sehat oge, Teh.

      Biasa sibuk nya, Teh..hehe
      Otw dewasa dan menuju tua :D

      Iya sih baiknya emang di kontrol terus ya, Teh.
      Teh fotoin dong si kuning. Penasaran nih..he

      Delete
  11. masa-masa yang lumayan panjang ya sampai tiga tahun mah.
    #numpanglewat :D

    ReplyDelete
  12. Kok sama hahahah saya sudah selesai nulis draf (baru draf sih) soal braket/behel ini yang cuma dipakai enam bulan. Alasan dilepas bukan karena gigi rapi tapi karena eerrrrr tidak bisa makan sebar-bar sebelum pakai hahah :p

    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sih makan barbar, tapi resiko bracketnya lepas haha *pengalaman*

      Delete
  13. Dulu hampir pengen pake behel juga...cuma yaa banyak yang bilang ribet dan jangan asal sembarang pasang...Membaca tulisan diatas jadi takut malah..😄😄

    Intinya syukurin saja apa yang telah tuhan berikan kepada kita.😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, jangan sembarang pasang yaa. kalau gak jelek2 amat mah mending gak usah 😊

      betul, itu number 1 sih. penting banget

      Delete
  14. Wedew, tak kusangka sampai habis sebanyak itu untuk behel.
    Tapi sebaiknya ga perlalu digubris kak yg menghina atau meledek gitu. Bagiku mau yg giginya rapih atau berantakan itu ya sama-sama cantik kok. Sama2 ciptaan Tuhan ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe
      Iya, kalau sekali dua kali sih oke. Apalagi kalo moodnya bagus. Tapi lama kelamaan ya gimana juga. Namanya juga manusia biasa hehe

      Delete
  15. Aku justru malah salut sama yg pake behel pernah mau pakai karena gingsul tp inget aku tuh pemalas langsung mikir ribet duluan sama perawatannya akhirnya ya woles aja gak denger apa kata orang soal fisik. Ehehehehe wong akunya juga gak masalah bersyukur aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. teteh, gingsul mah malah cantiiik. Keliatannya jadi beda.
      Sha mah parah banget sih di gigi depan 😄

      Delete
  16. Seruuu bacanya hihi. Tp fotonya knp nyusul teh :"

    ReplyDelete
  17. Wehh, buget nya bener-bener banyak bangett.
    Tapi kok keliatan nya ada nih temen aku yang suka gonta ganti behel. Padahal juga giginya nggak terlalu bermasalah.
    Tapi kalo liat dari mbak nya semacam serius ya memutus kan ber behel itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan gonta ganti behelnya, mungkin karetnya kali ya?

      Delete
  18. Percaya diri dan lepas dari rasa sakit.. jadi inget pertama pake behel.. suakiiit, ihiks

    ReplyDelete
  19. Aku abis berapa ya ini udah lebih 4 tahun walopun cuma atas doang. Hahaha.

    Pake behel karena emang gigi aku tonggos sih, cuma nggak sampai ada yang hina fisik gitu huhu sedih baca pengalamannya.

    Btw, aku ada rencana mau lepas behel juga tahun depan, doakan ya sha ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoloh di itung2, mayan banget buat nabung hehe

      karena sha lebih parah kali ya, mana gigi depan. Ya entahlah. perlu di sekolahin mulutnyaa

      aamiin, mudah2an lancarjaya teh. mangaaat

      Delete
  20. Sha, kapan dilepasnya sih?
    Pas ketemuan di Ciwalk udah lepas belon sih? Aku gak ngeh hahaha.

    Sejujurnya dua gigi depanku tuh nongol kayak kelinci gitu Sha, dulu suka diledekin jugak dan sama mama sempet disuruh pake behel, tapi aku-nya males, jadi yah cuek weh hahaha.

    Sampek sekarang aku kalo difoto senyumnya cuma 75 persen aja Sha, biar gigi kelinciku gak kentara banget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. seminggu sebelum ke ciwalk teh, pas di ciwalk itu udah di lepas 😊

      gapapa teh, malah imut hehe

      Delete
  21. Nice story sha��. Iya nih jadi inget jaman sekolah dulu pas ngetrend pd pake behel. Padahal dibalik kekerenan berbehel itu ada harga dan perjuangan yg harus dibayar ya hehe. Selamat lepas behel sha. Enjoy your 'new teeth'

    ReplyDelete
  22. Waduuh...beauty is pain beneran yaa...
    Aku uda keder duluan baca tulisan Sha.

    Aku giginya gak rapi banget, ditambah suka makan makanan manis.
    Jadilaah...selalu bermasalah.

    Dan paling KZL kalo harus ke dokter gigi.
    Hhaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum sakit harus di periksain teh, biar gak kzl 😄

      Delete
  23. Aku malah pengen pasang behel. Huhuhu... gigiku kayaknya makin gak karuan. Tapinya, aku takuuut. Katanya sakit banget. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sakit. Gak usah sih teh. Lumayan rapi segitu mah 😊

      Delete
  24. Gigi gak rapi teh kenapa sebabnya, sa? Di keluarga saya rapi semua soalnya, ga ada yg pake gehel. Faktor keturunan atau pas kecil banyak makan gula ato gimana? Alhamdulillah udh lewat ya, duh 20 juta! Tapi mudah-mudahan mah sepadan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluarga sha juga rapi semua teh. Gatau kenapa sha aja yang kaya gini. Cuman memang sha itu rahangnya kecil. Di tambah gigi permanen tumbuh sebelum gigi susunya lepas. Jadi giginya tumbuh gak sesuai karena dia nyari jalan tumbuh di tempat yang sempit.

      Delete
  25. Buat saya, ke dokter gigi itu nyeremin. Hahaha. Apalagi untuk pasang behel. Terpujilah orang-orang yang berani ke dokter gigi. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara ngilunya itu ya teh, dulu juga pas kecil sempet takut banget apalagi kalau di suntik pas ke dokter giginya

      Delete
  26. Mba Sha mahil aamiir yak duh aku juga pengen karena gigi samping atas sebelah kananku masuk kedalam makanya klo foto angle ku sebelah kiri krn klo sebelah kanan aku keliatan ompong wkwkwk...tp aku takut mau pake tuh takut jorok hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kan nyicil tiap bulan. Pas dihitung2 ternyata habis banyak huhuhu

      gapapa teh, yang penting mah tetep cantik di foto 😊

      Delete
  27. Dulu aku pernah pake behel, duh ga kuat banget Sha asa nyeri hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan teeh? mau liat fotonya 😊

      iya teh, makanya pake senjata ibuprofen hehe

      Delete
  28. Baru mau komen "Mana foto setelah leoas behel, Sha?" eh udah ada pernyataan di kalimat terakhir. Aku sebenernya udah lama niat mau pasang behel, tapi lihat biayanya yg jut-jut itu jadi nggak jadi. Huhuhu
    Nggak PD sama barisan gigi yg nggak rapi.

    ReplyDelete
  29. 20 juta selama 3 tahun.. wow.. ga kerasa banget yaa.. tapi alhamdulillah seneng liat hasil gigi lebih rapi tentunya. Saya juga dulu pake behel kalau makan harus dilepas dulu, alhasil mayan jadi kurus krn jarang makan.. wkwk.. beda lagi sekarang.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake yang lepas pasang ya teh? sha juga dulu pke yg kaya gitu. cuman akhirnya pake yang permanen. Dan emang beberapa temen sha juga kaya gitu, males makan karena sakit. Kalau sha mah ya gimana, makan aja bahkan sampe bracketnya lepas hehe

      Delete
  30. Selamat yach mbak sudah lepas behel untuk gigi. Keponakan saya dulu giginya lumayan berantakan sekali, setelah dipasang kawat gigi, giginya sudah rapi.

    Penampilan Mbak pasca lepas behel tambah lebih oke.

    ReplyDelete
  31. Wah, aku baru tahu seluk-beluk seputar behel. Ternyata ribet juga yah, dan budgetnya wow juga...
    Selamat atas lepas behelnya yah... Moga makin banyak senyumnya :))

    ReplyDelete
  32. Wah, aku baru tahu seluk-beluk seputar behel. Ternyata ribet juga yah, dan budgetnya wow juga...
    Selamat atas lepas behelnya yah... Moga makin banyak senyumnya :))

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.