11 January 2019

Mengenal Web Server Dari Fungsi Hingga Cara Kerjanya

Berbagai macam kalangan mungkin masih bisa mengakses internet dengan konsep web server. Namun secara nyata masih belum banyak yang mengenal seperti apa acara kerja hingga fungsi utamanya. Berbagai kalangan seperti pebisnis mungkin sudah mengenal bagaimana cara kerja sampai fungsi web server. Namun untuk para awam kemungkinan besar masih belum belum mengetahui cara kerjanya.

Peran server memang sangat penting yakni sebagai pusat kontrol dan dapat dijadikan koneksi cepat untuk beragam keperluan. Untuk lebih jelasnya mari kita cek seperti apa cara kerja sampai pengertian dari web hosting Indonesia ?


Mengenal Web Server Dari Fungsi Sampai Cara Kerja

Pengertian Web Server

Server Web memang sudah banyak didengar oleh beragam penggna PC komputer. Dari pengertiannya menjadi sebuah perangkat software yang ada di dalam server. Sehingga fungsi utamanya adalah menerima permintaan mengenai halaman website menggunakan protocol HTTP ataupun bisa dari model HTTPS dari klien. Banyak orang mengenal Web Server ini sebagai browser, sehingga dari proses pengiriman respon hasil permintaan dalam wujud halaman web menjadi sebuah bentuk dokumen HTML.

Bisa dikatakan bahwa Web Server ini menjadi sebuah pelayanan untuk para web klien yang terdiri dari beberapa platfrom mulai dari Opera, Chrome, Mozilla, Safari, hingga Internet Explorer dan masih banyak lainnya. Tujuan lainnya adalah untuk membuat browser sanggup memperlihatkan setiap halaman website hingga bersama dengan data-data yang diminta.

Fungsi Utama Web Server

Setelah mengetahui seperti apa pengenalan Web Server selanjutnya akan kita cek dari fungsi utamanya. Ada sebuah fungsi utama dari Server Web yakni mentransfer semua berkas permintaan user menggunakan protocol komnikasi yang sebelumnya sudah ditentukan. Beberapa komposisi halaman website yang berhasil diminta terdiri dari berkas teks, gambar, file, hingga video bahkan masih banyak lainnya.

Biasanya di dalam sebuah jenis Server Web, seperti contoh The HTTP Web Server yang mana masih banyak dimanfaatkan dalam sistem internet. Program satu ini masih didesain untuk ruang lingkup UNIX. Bahkan ada beberapa dukungan yang membuat sistem kerjanya lebih maksimal yakni PHP dan control akses.

Pada sisi komponen PHP Web Server masih dimanfaatkan untuk memproses teks kemudian selalu bekerja di dalam server. Nantinya PHP ini akan memberi sebuah modul dengan konsep mod_php. Sehingga mungkin Anda sudah sering melihat komponen PHP ini saat browsing di internet menggunakan platform browser tertentu. Sedangkan dari bagian kontrol akses juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal. Bahkan namnya yang paling sering digunakan adalah PERL. Partical Extraction and Report Language ini sudah mendapat dukungan oleh beberapa platform salah satunya Apache. Dari situlah banyak manfaat bisa diakses dari penggunaan Server Web.

Cara Kerja Web Server

Masih banyak kalangan belum mengetahui seperti apa acara kerja dari web server yang mana sampai sekarang bisa menerima permntaan dari klien kemudian mengirimkan kembali berkas yang sudah diminta oleh klein. Secara sederhana, Server Web ini menjadi sebuah perangkat lunak web di dalam perangkat komputer server, dari situlah data-data website akan disimpan secara tertata. Bila dibandingkan, memang hampir sama seperti komputer klien dan komputer server dimana harus terkoneksi dengan jaringan internet bila ingin lebih mudah diakses oleh klien.


Proses kerja Server Web juga terbilang lebih mudah dimengerti. Ketika browser meminta data web page ke bagian server, maka dari semua instruksi permintaan akan dibungkus dalam model TCP yang mana sudah dijadikan protocol transport. Langkah berikutnya masih harus dikirim ke alamat yang mana sudah banyak dikenal yakni HTTP dan HTTPS. Dari dua alamat HTTP dan HTTPS juga memiliki tingkat keamanan berbeda. Banyak pengakses internet lebih nyaman jika mengakses web server yang memiliki fitur HTTPS karena memang lebih privat dan menjadi indikator bahwa website terbilang lebih aman.

Langkah selanjutnya adalah data yang sudah dikirim dalam bentuk HTTP Response tersebut akan menunggu jawaban dari web server apakah ada file yang sama ataupun justru menolak permintaan tersebut. Ada beberapa notifikasi yang menunjukkan bahwa browser tidak dapat menemukan target pencarian yakni Page Not Found dan Error 404. Pastinya Anda sudah sering melihat dua pernyataan tersebut dimana memang masih sering diartikan sebagai koneksi kurang cepat ataupun respon website masih terlalu lama.

Kesan proses kerja web server memang cukup rumit untuk dipahami, tetapi Anda sudah bisa merasakan manfaat dari Server Web tersebut karena memang berlangsung sangat cepat.

Akses sebuah website memang membutuhkan beberapa aspek terpenting salah satunya web server sehingga siapapun bisa langsung mencermati hal-hal penting yang ada di sebuah browser sampai Server Web. Semua komponen akan bekerja untuk menciptakan sebuah tampilan website lebih baik, ditambah lagi dari sisi aksesnya juga terbilang lebih menguntungkan dan cepat.

9 comments

  1. Wih, ini aku pakai Domainesia. :D
    Enak nggak ribet sih.
    Btw, sampe sekarang aku masih nggak bisa membayangkan yang namanya server web itu seperti apa. Kalau dibayangkan ada semacam harddisk besar di awan gitu kok aku nggak nangkep haha.
    Tapi kalo ternyata dibayangkan memang ada sebuah harddisk di suatu tempat gitu, berarti bahaya juga kalau si server itu rusak atau dibobol orang.

    ReplyDelete
  2. Tingginya bahasanya mbak, sampai-sampai daku tak bisa meraihnya.... Wkwkwkwkwk

    Intinya web server itu 'pusat' gitu toh.. :D

    ReplyDelete
  3. waaaah agak sulit dimengerti ya beb huhuhu, btw aku juga ih masih pake http, pengen hijrah ke https <3

    ReplyDelete
  4. Lumayan mengerti, cuman masalahnya gua nggak paham, gimana menjelasinnya ckckck

    ReplyDelete
  5. Ebuset, ini seriusan deh, saya masih kurang paham mengenai dunia web server gitugituan wkwk. Blog aja masih numpang wordpress wkwkw. Tapi mau belajar dikit-dikit sih ehehe :D

    ReplyDelete
  6. sebagai blogger dasar-dasar kayak gini penting banget kan yah?
    tapi pada dasarnya akunya nih yg males, jadi suka aku abaikan. sampai sekarangpun masih numpang di blogger. hahaha..
    nulis buat blog asik banget, tapi kalau mengenal perjaringannya, kayak berasa entaran aja deh *nawar*
    tapi nice info sekaleee

    ReplyDelete
  7. Dulu pernah belajar ini dari kantor, inti web server itu memenuhi permintaan klien, Nah, dan sebenarnya yang ngisi web server itu klien itu sendiri ye kan?

    Kalau sesuatu yang dicari ga ditemukan di internet artinya memang belum ada di web server

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.