15 August 2017

Pesona Pantai Palangan hingga membuka mimpi di Pulau Kunti


Sha udah duduk dalam perahu di bibir pantai palangan, sambil menunggu teman-teman berganti pakaian. Sha mengamati sekitar, beberapa masyarakat bercengkrama di sebuah warung. Mengobrol, tertawa sambil minum kopi. Beberapa sedang menyebrangkan motor di atas perahu rakit dari bibir pantai palangan yang lain. Dan beberapa yang lain, sedang duduk diatas perahu sambil memotret (termasuk sha).

Tak lama perahu pun mulai berlayar, betapa menyenangkan menyapa angin laut. Perlahan, warna air kecoklatan berubah menjadi biru sejauh mata memandang.


Dari kejauhan terlihat rumah apung, awalnya sha pikir itu sarang burung karena ada beberapa burung terbang keluar dari sana. Ternyata itu adalah bagan, alat penangkapan ikan secara tradisional. Dibawahnya di taruh jaring untuk menangkap ikan.


Tak lama, perahu kami berhenti. Satu persatu teman-teman media menceburkan diri ke laut. Snorkling, berenang kesana kemari. Di sinilah sha sedikit merasa, Hmm, dari tahun kemarin rencana les berenang ga jadi terus. Dari mulai musim hujan dan sekarang panas tapi banyak kerjaan. Diam-diam impian sha bisa berenang muncul kembali. Ada satu hal yang sebenarnya selama ini sha sembunyiin. Sha ga berani (takut) megang ikan hidup, meskipun cuman ikan sepat yang ga lebih gede dari telapak tangan sha sendiri. Mungkin sebaiknya, sha terapi dulu sebelum bisa berenang apalagi berenang di laut sama ikan-ikan.


Puas berenang, perahu kami menepi di Pulau Kunti. Sssst, nama pulau ini bukan berasal dari kuntilanak. Tapi berasal dari salah satu nama dewi, Dewi Kunti. Meski namanya terdengar seram karena mindset pertama kita kuntilanak. kenyataannya pulau kunti sangat cantik dan jauh darikata seram.

Berjalan menyusuri bibir pantai dengan pasir yang lembut. Duduk, dan berfoto ria. Sha, teh nchie dan bang aswi berjalan kaki menuju gua di salah satu sisi pulau. Uniknya, selain pasir adapula karang-karang besar yang menjadi pembatas antara laut dan daratan. Dua hal berbeda yang bersisian namun indah. Kami melompat dari satu karang ke karang lain. Melihat nelayan memancing diujung karang, berpose di bawah pohon hingga akhirnya sampai di gua!


Gua nya cukup lebar namun menyempit ke dalam. Salah satu teman media ada yang mengajak masuk ke dalam gua lebih jauh lagi. Tapi tak ada satu pun yang beranjak. Gua menjadi tempat paling nyaman untuk berteduh ditengah teriknya matahari kala itu. Teman media tersebut takut akan ada ular dan binatang lain tapi penasaran dengan dalam gua apakah tembus dengan langit-langit karena terlihat sedikit cahaya. Bertanya beberapa kali namun tak ada yang menemani. Dan pada akhirnya, hanya berdiam diri saja bersama kita semua.

Belajar dari dua kejadian tersebut, apakah kita akan tetap meneruskan mimpi yang terlihat kecil namun menggelitik meminta untuk di wujudkan dan memuaskan diri sendiri. Atau kembali memendamnya, dan tak menghiraukannya.

71 comments

  1. Duh rindu birunya laut dan lembutnya pasir pantai, kapan ea aku bisa mantai lagi haha tfs Shaaa

    ReplyDelete
  2. Liburan lebaran kemarin saya sampe bosan main air laut, tapi sekarang kangen lagi hahahahhah

    ReplyDelete
  3. Waaa,bagus banget pantainya....airnya biru cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, keliatan banget birunyaa. tapi pas snorkling keruh katanya. mungkin karena ga terlalu jauh dari pantai, jadi masih ad apasirnya

      Delete
  4. ih aku mah rengek tiap liat postingan pantai. jadi pengen sendiri gitu cuma ribet sama baju-bajunya soalnya basah mulu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih ribet kalau pasirnya nempel ke baju dan kebawa sampe rumah :P

      Delete
  5. Jadi penasaran dengan gua nya, apa benar ada ularnya atau emang cuma perasaan takut saja
    nyesel kali nggak dilajut ke dalam gua hehe

    ReplyDelete
  6. dimana ini mbak?
    Nasib orang yang ngga bisa berenang mah emang gini kalau pas maen ke laut, pengen nyemplung basah-basahan malah kagak bisa :( Senasib kita mbak, wkwkwk. Pol-polan cuma bisa mandi di pinggir pantai doang.

    ReplyDelete
  7. Iya sih, biasanya kalo goa yang gelap gak bisa maen langsung dimasukin, bahaya.

    Btw, pulau kunti jadi gimana gitu ya bacanya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa jadi.

      wah, jadi keingetan belom di tulis sejarahnya :D

      Delete
  8. Goanya dalem ngak tuh say. keren amat ini tripnya banyak lokasi yg instagramable banget ya

    ReplyDelete
  9. nama pulaunya serem banget sih...pulau kunti hehehehe

    ReplyDelete
  10. liat pantai kayak gitu bawaaanya pengen renang. dulu pernah mau renang di pantai tapi karena ombaknya gede malah jadi takut.

    ReplyDelete
  11. Enak ya habis main pantai terus bisa ketemu sama goa. Bisa masuk list ni buat destinasi selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget, sekarang lgi penilaian dari unesco bua jadi salah satu daftar geopark di dunia

      Delete
  12. Pasti nyaman jika snorkling disitu. Tak kalah memukau dari teluk saleh di Sumbawa

    ReplyDelete
  13. keren baget tempatnya. Gak bisa berenang gpp sih mbak. kan ada vest life jacket.

    salam kenal ya

    www.theamazingjasmi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya gaada yang pake vest jacket, hehe

      Delete
    2. What? beneran gak ada vest jacket nya? kalo gitu saya juga gak berani. wkwkwkwk

      Delete
    3. ada sih, tapi gaada yang pake life vest jacket. Jadi pada berenang aja gitu :)

      Delete
  14. wahh kece banget itu lokasinya, bisa snorkling sekalian ya

    ReplyDelete
  15. udah lama gak ke laut,kangen euy... Btw, kenapa dinamakan pulau kunti? Saya kok jadi kebayang mbak kunti (l) anak yang di TV horor yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan karena kuntilanak itu, tapi ada yang bilang diambil dari nama dewi kunti. Pulau nya ga seseram namanya :D

      Delete
  16. Saya juga sama kayak eni rahayu, udah lama banget gak main ke laut atau pantai. Udah rindu aroma laut yg berbau garam, kadang bau ikan di yg dijemur penduduk di jalan menuju pantainya. xD

    Tapi di sini susah nemu gua di area pantai. Kalo di hutannya ada sih. Tapi kenapa ya bisa ada guanya? Apa iti sengaja dibuat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. main atuh haaaww

      kayaknya sih kebentuk otomatis gitu, mengingat area situ karang semua :)

      Delete
  17. Paling suka sama foto dua pasang kaki itu. Kaki Sha yang mana tuh?

    ReplyDelete
  18. Aku sukaa nih ketemu ikan-ikan meskipun nggak pinter berenang :D
    Udah nyoba menyelam juga buat ketemu ikan, eh keburu naik lagi gara-gara napasnya pendek hahaha

    ReplyDelete
  19. Aku juga pengen bisa renang. Biar bisa main ke pantai atau laut, lalu berenang sepuasnya.

    ReplyDelete
  20. Ini di daerah mana ya, mbak?
    Aku juga berenang asal bisa ngapung kecipak-kecipuk aja, yang penting bisa main air :D

    ReplyDelete
  21. Wwwiihhh.. bisa senorkeling juga ya disitu? Asik tuh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa, buat yang bisa berenang. atau bawa alat snorklingnya sendiri :)

      Delete
  22. Kalau mimpi buruk abaikan...
    Tapi, Klo mimpi baik diusahakan diwujudkan..

    ReplyDelete
  23. Saya suka pantai, pengen ke sini kapan-kapanlah...tks infonya, salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, kayaknya sering liat mas nur terbit di grup komunitas

      Delete
  24. kemarin minggu daku juga main ke pulau sangiang di banten.. yampunnn.. sebuah kesempatan emas yang syahdu yang tak bisa dilupakan. #maklum pertama kali.. hahaha

    bisa snorkling disana dan ngeliat ikan n terumbunya, Ya Allah apik tenan lho mba...
    mungkin disana juga bagus-bagus kali yah mba soalnya lautnya biru banget gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaaa, keren nih ke sangiang
      emang sangiang terkenal banget ituu


      iiih, mau-mauu.

      Delete
  25. mbak vanisha jalan-jalan yah? seru banget deh kayaknya
    jadipengen nyebrang pulau juga soalnya sudah lama gak traveling kayak gini sejak setahun.
    Pulau kunti, kayaknya tempat inilagi hits yah. soalnya saya beberapa dapat postingan soal pulau ini yang bilang pemandangan isi pulaunya keren banget. Jangankan mbak vanisha, saya kalaunemu gua kayak gitu langsung masuk aja soalnya penasaran bisa sampe mana tembusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, abis jalan-jalan hehe

      jalan-jalan aja atuh mas bimo. yang deket-deket aja dulu :)

      Delete
  26. Asik gitu pemandangan pantainya, jadi kangen snorkeling.. nama pulaunya unik, pulau kunti. Rasa pengen disambungin kunti... hehe

    ReplyDelete
  27. kakkkk.. Setlah baca sama liat2 potonya.. kok jadi pengin ke pantai yaaaaaaa

    ReplyDelete
  28. kata temen saya yg orang jabar, katanya pantai di sana ga kalah sama pantai2 di gunungkidul jogja. hmm, ternyata benar ya, berkat postingan mbak, saya jadi tahu. salam kenal dari jogja mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener banget. mungkin karena sesama pantai selatan kali ya :)

      salam kenal juga mas :)

      Delete
  29. Baca ini lagi, ketika musim hujan nggak terlalu asik buat main ke pantai. Jadi kangen ke pantai :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa ga asik?

      daerah situ kan deket ke pantai, tinggal maen ajaah motoran

      Delete
    2. Soalnya musim hujan sih. Langit nggak biru. Terus ombak juga nggak bagus kayaknya. Apalagi kalo pas ke pantai, terus hujan. Nggak enak banget.

      Cuma kalo dapet pas cerah, terang benderang, kayaknya enak.

      Delete
    3. gak juga, awal desember kemaren waktu supermoon cerah banget tuh langitnyaa

      Delete
  30. keren pantainya teh...
    kesanalah nanti cek TKP..

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.