2 August 2021

Dedi Kartaji: Strategi dasar mengajar guru

 Diperlukan strategi pedagogis dasar bagi guru agar dapat berperan dalam mengelola proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien. Selain itu, strategi dasar menjadi syarat mutlak bagi guru untuk menerapkan berbagai strategi pembelajaran. 


Mengajar adalah salah satu tugas utama profesi pengajaran, yang kompleks. Kompleksitas pengajaran terlihat sejak awal pengajaran guru hingga proses evaluasi.


Guru sebaiknya memiliki rencana tertulis dan tidak tertulis. Rencana tertulis ini dikenal sebagai alat pembelajaran yaitu ada perumusan tujuan, langkah pembelajaran, strategi dan metode, dan evaluasi. 


dedi kartaji CEO seon indonesia


Persiapan yang tidak tertulis meliputi persiapan mental guru untuk berurusan dengan siswa sesuai karakter masing-masing di dalam kelas. Selain itu, persiapan tidak tertulis yang tidak kalah penting adalah penguasaan subjek. 


Proses pengajaran akan terkendala jika guru tidak menguasai mata pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa.


Berikut adalah hal-hal utama yang perlu diperhatikan guru dalam mengajar,  seperti yang disampaikan oleh Kang Dedi Kartaji CEO SeOn Indonesia sebuah startup digitalisasi seolah yaitu:

1. Penggunaan metode pembelajaran


Pembelajaran melibatkan guru menggunakan berbagai metode (multi method) untuk mengajar mata pelajaran. Mungkin tidak ada metode pembelajaran yang dianggap terbaik atau yang terburuk. Metode pembelajaran apa pun dapat digunakan selama sesuai dengan karakter materi dan ketersediaan fasilitas belajar. Yang penting adalah bahwa metode ini dapat secara optimal melibatkan aktivitas fisik dan mental murid.


2. Pembelajaran melibatkan kegiatan fisik dan psikologis


Pembelajaran harus melibatkan aktivitas fisik dan mental siswa dengan berbagai cara. Mulai dari mata, telinga, hidung, kulit, tangan hingga otak yang terlibat dalam pembelajaran. Indikasi keterlibatan semua kegiatan ini adalah konsentrasi dan konsentrasi pada subjek yang sedang dibahas.


dedi kartaji CEO seon indonesia


3. Berorientasi pada siswa


Kegiatan guru di kelas harus dikurangi agar guru tidak lebih sibuk dari muridnya. Guru harus bisa memberikan tekanan pada diri sendiri untuk ingin memberikan siswa waktu belajar sebanyak-banyaknya dalam belajar. Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih oleh guru akan menentukan implementasi strategi pembelajaran.


4. Motivator Pembelajaran


Idealnya dalam pembelajaran, peran guru adalah menjadi motivator, fasilitator dan panduan bagi siswa dalam belajar. Guru harus mampu menginspirasi siswa untuk belajar. Pada dasarnya, siswa memiliki potensi motivasi yang besar


Post a Comment

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.