25 November 2020

Hal yang harus diperhatikan saat mengajukan pinjaman online

 

Masa pandemi ini datang dengan tiba-tiba, bagi sebagian orang menjadi rejeki yang tidak terduga karena omset bisnisnya naik. Bagi beberapa orang justru sebaliknya, omset turun drastis hingga tak memiliki penghasilan.

Bagi kita yang memiliki dana darurat, masih terasa aman karena memiliki pegangan. Bagi yang tidak memiliki pegangan, di berhentikan dari pekerjaan bahkan memiliki hutang yang harus dibayar hingga bannyak yang menjadikan pinjaman online sebagai salah satu jalan keluar.

Pinjaman online dengan tagline 10 menit cair, hanya dengan modal KTP. Menjadikan kita harus lebih waspada. Sebenarnya, apa sih yang perlu kita perhatikan sebelum mengajukan pinjaman online?

Reputasi lembaga keuangan

Tentu saja yang pertama adalah, dimana akan meminjam uang? Banyaknya aplikasi maupun website pinjaman online kita harus memilih mana yang memiliki reputasi yang baik. Juga terdaftar dan diawasi oleh OJK, serta sudah berapa lama beroperasi.

Suku Bunga, Plafon pinjaman, biaya lainnya

Sebelum mengajukan pinjaman, kita harus tahu berapa uang yang akan di pinjam dan kemampuan kita kedepannya untuk membayar pinjaman. Dari sana kita akan mencari lembaga keuangan dengan plafon pinjaman yang sesuai, cari yang memiiliki suku bunga rendah juga cek kembali biaya lainnya seperti biaya administrasi, biaya pelunasan lebih awal, denda keterlambatan dan lain-lain.

Jika bingung, kita tinggal gunakan saja simulasi kredit yang ada di website atau aplikasi lembaga keuangan.

Memenuhi persyaratan

Setelah kita cek hal diatas, hal lain yang perlu kita ketahui adalah persyatan mengajukan pinjaman online. Seperti di website Tunaiku, Tunaiku adalah salah satu situs pinjaman online yang sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku berada dibawah naungan Tolaram group dan merupakan salah satu produk Amar Bank dan terdaftar di OJK. Berikut persyaratan untuk mengajukan pinjaman online di Tunaiku:

  • Berusia minimal 21 tahun hingga 55 tahun
  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki pekerjaan atau penghasilan
  • Memiliki rekening bank aktif min. 3 bulan
  • Alamat KTP atau area domisili sesuai area layanan

Jika persyaratannya sudah sesuai dan lengkap, akan mudah untuk mengajukan pinjaman online. 

Menggunakan refferal

Jika ingin mengajukan pinjaman, beberapa lembaga keuangan juga mengadakan program refferal seperti di Tunaiku yang mana cukup membantu dan menguntungkan

Metode pembayaran pinjaman

Bagaimana cara kita membayar angsuran pinjaman, apakah autodebit, lewat ATM, mobile banking, Internet banking, marketplace bahkan minimarket.

Lihat ulasan

Lihat juga ulasan para debitur yang pernah meminjam di lembaga keuangan tersebut.

Ingat! meminjam hanya untuk kebutuhan yang urgent. Bukan untuk keinginan apalagi demi sebuah gengsi.

Post a comment

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.