1 May 2020

Barang penting yang harus di bawa saat rawat inap ke rumah sakit


Awal tahun ini aa sempet di rawat di rumah sakit. Tanggal 30 desember, aa masuk UGD lalu rawat inap hingga kami tahun baruan di rumah sakit. Awal tahun yang cukup membuat sha gelisah, meski sha sempat kerja di rumah sakit, ini jadi hal baru yang sha dan aa harus lewati.

Berhubung jarak rumah sakit tempat aa rawat inap cukup jauh ke rumah, sha sampe bolak-balik dan titip barang yang di butuhin dan gak kebawa!


Berikut sha rinci barang apa aja yang di butuhin kalau rawat inap, biar gak bolak balik ya ☺

Identitas Diri


Tentu aja ini jadi nomor satu, bagitu masuk ugd atau rawat inap. Pasti yang di tanyakan adalah identitas diri seperti KTP. Jangan lupa juga identitas diri lain seperti kartu berobat (kalau pernah berobat sebelumnya), Kartu BPJS atau kartu asuransi, serta persyaratan yang menyertainya.


Kalau sebelumnya pernah berobat atau memiliki dokumen pendukung seperti hasil pemeriksaan (bisa hasil laboratorium, rontgen maupun CT SCAN) dan riwayat penyakit, silahkan dibawa agar mempercepat segala prosesnya.

Uang


Meski menggunakan asuransi atau BPJS kita tetep harus bawa uang! ini kunci utama, meski kita kelupaan barang-barang dan sangat dibutuhkan, kita bisa beli di lokasi dekat rumah sakit.


Perlengkapan Pribadi


Perlengkapan pribadi ini tak kalah penting, kenapa? karena meski tagihan biaya rumah sakit di cover. Kita tetap memerlukan biaya untuk transport dan makan (yang mennjaga) plus bayar tagihan telepon karena akan banyak menghubungi orang lain apalagi yang terikat dengan pekerjaan. Plus lagi jika naik kelas dari biaya yang tercover.


Nah, dari perlengkapan pribadi ini jika kita lebih teliti membawa nya dari rumah. Akan cukup menghemat biaya. Apa saja perlengkapan pribadi yang dibutuhkan?

1. Karpet

Kalau rawat inapnya bukan di kelas VIP, ini wajib banget dibawa. Waktu malam pertama di rumah sakit, yang nunggu harus tidur sambil duduk di kursi. Mayan banget bikin badan pegel-pegel. Dan udah jadi hal lumrah buat keluarga yang nunggu tidur dialasin karpet, bawa sendiri.

2. Selimut

Selimut ini tentu buat yang nungguin, dan sha bawa dua buat aa juga. Berhubung bandung dingin banget, selimut rumah sakit terlalu tipis.

3. Jaket

Masih nyambung sama nomor satu dan dua, wajib banget bawa! Tahun 2020 ini bandung diguyur hujan lebat, bahkan pas jam 12 malam kami gak denger suara kembang api karena hujan!

4. Bantal

Ini perlengkapan tidurlah pokoknya, yang jaga juga harus nyaman ya.

5. Alat makan (piring, sendok, gelas, sedotan, pisau)

Alat makan berupa piring, sendok, gelas, sedotan! Sedotan penting banget buat yang sakit. Kalau piring dan sendok, lebih banyak di pake sama yang jaga. Kalau sha pribadi beli makan di luar, dibungkus, makan diruangan. Plus pisau buat kupas-kupas buah. Jadi perlu banget peralatan makan ini.

6. Termos

Termos untuk air hangat/panas. Taulah ya, seberapa pentingnya ini. Gak cuma buat minum dan seduh yang hangat-hangat. Tapi juga buat washlap-in kan ga mandi pasiennya.

7. Tisu (tisu basah, tisu kering, tisu toilet)

Tisu basah buat lap-lap muka, tangan dan sebagainya. Tisu kering buat lap-lap yang tumpah, tisu toilet tahulah ya gunanya buat apa.

8. Handuk

Buat lap-lap badan kan gak boleh mandi.

9. Sabun mandi cair, sikat gigi, pasta gigi, shampoo (lebih bagus bawa dry shampoo)


Ini perlengkapan buat yang jaga plus pasien juga. Harus bawa set alat mandi. Buat shampoo lebih baik pakai dry shampoo biar tinggal semprot dan rambut gak bau.


10. Hand sanitizer

Ini juga pentiing banget kalo udah dari toilet, berhubung bukan kelas VIP. Toilet gak hanya digunakan sendiri. (Kadang sudah disediakan rumah sakit di depan toilet, tapi kan yang megang botolnya juga banyak orang)

11. Baju ganti plus dalemannya

Baju ganti penting banget. Buat pasien juga buat yang jaga. Untuk pasien, pastikan pakai atasan yang berkancing. Karena kan pakai infur, jadi akan lebih mudah pakai dan bukanya. Pilih bahan yang menyerap keringat, pokonya pilih yang paling nyaman.

Untuk yang nunggu juga jangan lupa bawa baju ganti. Plus daleman, kalau pakai hijab, jangan lupa bawa hijab juga.

12. Kaos kaki

Ini sangat dibutuhin apalagi kalau cuacanya dingin

13. Sandal jepit

Sandal buat bolak balik ke wc, penting banget ya!

14. Lotion anti nyamuk

Di pake kalau malam, sering keluar buat panggil perawat. Berhubung rumah sakitnya banyak taman dan nyamuk.

15. Masker

Bahkan sebelum covid-19  hadir seperti sekarang, memakai masker itu wajib kalau kita ke rumah sakit. Orang sakit itu banyak disana, dan kita gak tahu ada penyakit apa saja. Sha bahkan membeli sebox masker waktu itu.

16. Keresek

Ini buat simpan baju kotor, buat buang sampah, dan buat hal-hal lain yang terlihat sepele tapi dibutuhkan.

17. Vitamin

Karena yang jaga pasien juga gak boleh ikutan tumbang. Sha yang biasanya jarang minum vitamin, lebih pilih makan buah atau sayur.

Waktu itu buka aplikasi Halodoc buat beli vitamin, dan beberapa perlengkapan. Karena di rumah sakit tidak menerima pembelian obat tanpa resep. Sha inget kalau sebelumnya sha pernah  beli juga lewat Halodoc. Sha mencari dokter terdekat di aplikasi Halodoc lalu minta di resepkan. Dalam waktu satu jam vitamin dan perlengkapan sha nyampe di kirim pake ojol.

Last, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan rejeki ya! apalagi di masa corona seperti ini. Jangan lupa buat stay di rumah aja plusss pake masker! Masker semurah itu, kalau sudah sakit, kita bayar sebenyak apa. Stay safe ya manteman online kuu.

2 comments

  1. lebih baik memang disiapkan seperti ini, biar nggak sering sering balik ke rumah kalo ada yang ketinggalan lagi

    ReplyDelete
  2. oalah mbak sha habis sakit
    semoga cepat sembuh ya mbak
    iya musim corona sekarang jangan lupakan masker
    tetep jaga kesehatan ya mbak

    ReplyDelete

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.