23 October 2022

Netizen diskusi dengan MPR tentang pembentukan forum MPR Dunia

 


Hari sabtu kemarin sha menghadiri acara Diskusi dengan Netizen: "Penguatan diplomasi majelis permusyawaratan/lembaga senat melalui forum majelis permusyawaratan dunia" bersama blogger bandung di Hotel Novotel.

Acara ini di hadiri oleh bapak Fadel Muhammad, wakil ketua MPR RI. 

MPR saat ini memiliki 10 orang pemimpin dengan ketua Bambang Soesatyo dengan sembilan orang wakil, yang mana merupakan wakil ketua MPR terbanyak dalam sejarah Indonesia.

MPR di beberapa negara di dunia itu bicameral atau dua rumah. Namun, ada juga yang tiga rumah seperti Indonesia. Tiga rumah atau tiga lembaga legislatif, yaitu:

pertama, anggota DPR RI atau parlemen yang selalu diwakili oleh partai-partai.

Kedua, DPD atau dikenal dengan senator di negara lain

Lalu yang Ketiga, kedua rumah ini digabungkan menjadi Senat (sebutan dibeberapa negara) atau di Indonesia disebutnya musyawarah, karena kita ingin menyelesaikan segala sesuatu dengan bermusyawarah. Oleh karena itu disebut Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia / MPR-RI. Adapun di negara OKI disebut dengan Majelis Syuro'

Dengan bermacam-macamnya di Dunia, kita ingin setelah berkumpul beberapa kali mempunyai forum tersendiri yang merupakan gabungan dari semua forum yang ada. Maka MPR-RI memprakarsai/memulai membentuk International Forum Assembly atau MPR Dunia.

MPR Dunia ini memang pernah ada di Afrika, namuk tidak banyak negara. Lalu bapak Fadel Muhammad dan Hidayat Nurwahid memulai pembentukan ini.

Bapak Fadel Muhammad dan Hidayat Nurwahid berunding dengan bapak Presiden Jokowi. Kemudian bersepakat bahwa Forum MPR Dunia akan dilaksanakan di Bandung. Untuk kembali mengangkat spirit bandung konferensi asia afrika juga mengingat sejarah MPR-RI yang pernah berkantor di Gedung Merdeka pada tahun 1960-1971 M.

Kemudian bapak Fadel Muhammad dan Hidayat Nurwahid bertemu dengan bapak Gubernur Ridwan Kamil dan disambut dengan baik.

Forum MPR Dunia akan dilaksanakan di Bandung pada tanggal 24-26 Oktober 2022.

MPR-RI mengundang 55 negara untuk mengikuti forum ini dan akan dihadiri oleh 13 negara yaitu: Aljazair, Bahrain, Indonesia, Iran, Jordania, Malaysia, Maroko, Mesir, Mozambik, Pakistan, Palestina, Saudi Arabia dan Yaman. Selain itu, akan dihadiri pula oleh PIUC (Parliamentary Union of the OIC member states).

Dengan diadakannya Forum ini, diharapkan mampu menjembatani permasalahan-permasalahan MPR di dunia yang semakin banyak dan rumit, mempererat persahabatan, perdamaian dunia.

Post a Comment

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.