Berkeliling di Uluwatu Sambil Berteduh di Nyamannya The Edge Bali


Selain kawasan Kuta dan Seminyak yang memiliki potensi wisata besar, Bali masih memiliki satu kawasan yang sangat menjanjikan bernama Uluwatu. Terletak di ujung selatan Bali, Uluwatu hadir dengan segudang tempat wisata yang unik dan bernilai budaya tinggi. Bahkan mengelilingi Uluwatu sehari saja tidak akan membuat kita puas sehingga butuh akomodasi untuk tinggal selama 2-3 hari.

Kalau benar-benar ingin melakukan eksplorasi ke banyak tempat di Uluwatu, disarankan untuk menginap di The Edge Bali. Hotel yang berada di pinggiran pantai ini menyajikan pemandangan menakjubkan di sore hari. Kita bisa bersantai-santai di kolam atau duduk di kursi sambil menikmati matahari terbenam yang berwarna kuning keemasan.

Selain letaknya yang sangat strategis, hotel yang sudah memiliki bintang empat setengah ini tidak akan segan-segan memanjakan kita. Segala fasilitas terbaik di dalam kamar hingga pelayanan di luar sangat mengesankan. Pengelola ingin memberikan pengalaman berharga bagi siapa saja yang datang dan ingin menghabiskan waktunya di Uluwatu sampai puas.

Oh ya, kembali lagi ke rencana penjelajahan di Uluwatu. Berikut ada beberapa rekomendasi wisata yang bisa dijadikan acuhan untuk acara bertualang sampai puas.
  
1. Pantai Nyang Nyang


Water Sport Bali
Baru mendengarnya? Pantai Nyang Nyang memang tidak begitu terkenal ketimbang Pantai Kuta atau Pantai Seminyak. Meski tidak terkenal karena lokasinya yang cukup susah dijangkau, Kita bisa mendapatkan pantai berpasir hitam dengan ombak yang cukup besar. Di Pantai ini, kita juga bisa melakukan penjelajahan di kawasan semak dan perdu yang masih alami dan banyak memiliki sudut foto menarik.

Bagi wisatawan mancanegara, Pantai Nyang Nyang lebih dikenal sebagai pantai surfing. Setiap hari, ada puluhan peselancar yang rela menembus medan cukup berat lalu menuruni tangga dari atas bukit untuk sampai di bibir pantai. Pantai ini terletak 1,5 kilometer dari The Edge Bali yang bisa pesan via Traveloka.
  
2. Pantai Karma Kandara


PlesirYuk.com

Pantai Karma Kandara adalah kawasan privat yang hanya bisa didatangi kalau kita meluncur menggunakan semacam kereta menuruni bukit. Di bawah bukit yang cukup curam ini terdapat semacam resor kecil yang menyediakan restoran dan juga pengalaman berharga, seperti pertunjukan musik hingga setiap Senin ada acara menonton film bareng di pinggiran pantai.

Saat terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah malam hari. Kita bisa merasakan makan malam romantis di pinggiran pantai ditemani lilin dan lampion. Kalau Kita tidak bisa datang saat malam tidak masalah. Di siang hari, Kita masih bisa berjemur dan menikmati keindahan pantai yang biru serta pemandangan sekitar tebing yang Instagramable.
  
3. Garuda Wisnu Kencana


Beji Tour & Travel Bali
Tidak ada yang tidak mengenal Garuda Wisnu Kencana atau GWK yang sangat mengagumkan. Taman budaya yang sangat luas ini dikenal memiliki patung Wisnu yang mengendarai Garuda. Sayangnya, patung ini belum selesai dibuat meski diprediksi akan memiliki ketinggian 120 meter. Dalam beberapa tahun ke depan, patung ini akan berdiri dan menjadi yang terbesar di Bali.

Saat berada di kawasan GWK, Kita bisa menjelajah di beberapa bagian menarik seperti potongan patung atau Wisnu Garuda yang sangat luas. Di tempat ini juga ada Street Theatre, Lotus Pond, Tirta Agung, Indraloka Garden, dan Amphitheatre yang kerap menampilkan tari kecak gratis mulai pukul 18.30 dan berakhir satu jam kemudian.
  
4. Pura Luhur Uluwatu


Thousand Wonders
Seperti halnya kawasan Bali pada umumnya, di daerah Uluwatu juga memiliki salah satu pura yang terkenal. Bernama Pura Luhur Uluwatu, bangunan yang dipercaya sudah berdiri pada abad ke-11 ini digunakan sebagai penyangga 9 mata angin. Di masa lalu, pura ini digunakan untuk tempat sembahyang oleh umat Hindu setempat.

Saat ini kawasan Pura Luhur Uluwatu mulai dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya. Rata-rata mereka penasaran dengan pura yang letaknya di ujung tebing serta desain bangunannya yang unik. Oh ya, di dekat pura terdapat hutan kecil yang menambah keindahan serta keasrian suasana pura.
  
5. Pantai Balangan

TripAdvisor
Ada dua keunikan dari Pantai Balangan yang membuat banyak wisatawan datang ke sini. Pertama adalah banyaknya pohon kelapa di sepanjang pantai. Beberapa orang mengatakan kalau pantai ini adalah pantai dengan hutan kelapa yang sangat menarik terutama saat diterpa angin pantai yang cukup keras.

Selanjutnya air laut di pantai ini juga sangat biru. Mencebur ke dalam air laut akan membuat Kita serasa berenang di langit. Saat mengunjungi Uluwatu, pastikan pantai ini masuk dalam daftar kunjungan. Lokasinya cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi, dan fasilitas di sekitarnya seperti tempat oleh-oleh dan kedai makanan cukup banyak. 

6. Pantai Dreamland


Water Sport Bali
Bisa dibilang, Pantai Dreamland adalah kloning dari Pantai Kuta yang sudah sangat masyhur itu. Di sini, Kita akan menemukan kawasan pantai berpasir putih yang lembut dengan kiri kanan berupa tebing. Di pinggiran pantai agak menjorok ke daratan, ada deretan kafe dan juga tempat nongkrong yang asyik.

Pantai Dreamland memiliki ombak yang cukup besar. Kita tidak disarankan untuk berenang ke tengah kecuali ingin melakukan surfing dan berburu ombak. Saat terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pagi hari saat kawasan ini masih sepi. Di siang hari, ratusan turis akan datang sehingga suasana akan sedikit semrawut. Oh ya, matahari terbenam di sini juga sangat memesona. Pemburu senja, wajib datang ke sini.

Inilah daftar beberapa tempat di Uluwatu yang wajib dikunjungi ketika menginap di The Edge Bali. Semoga bisa dijadikan pertimbangan petualangan di Bali, khususnya Ubud yang berada di ujung selatan Pulau Dewata.

Baca juga pantai kelor dan pantai cipir di kepulauan seribu!

10 comments

  1. di bali banyak banget ya pantai-pantai yang sangat indah..

    ReplyDelete
  2. pantai dreamland airnya jernih banget ya, pasirnya putih, cantikk..

    ReplyDelete
  3. dreamland iya rame banget :(
    kalo sekitar GWK juga banyaaaak pantai pantai yang masih sepii :D
    di pura luhur juga bisa lihat tari kecak pas sunset lhoo. ashoyy

    ReplyDelete
  4. Bali itu emang jagonya tempat wisata, hehehhe
    bangga deh bisa punya keluarga dan ibu asli dari Bali :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru tahu kalo mama mbak dari bali, yaampun udah berapa tahun kenal coba :D

      pastinya bangga banget ya, budaya nya keren banget :)

      Delete