Membangun Desa Berdaya


Pesatnya informasi yang kini bisa diakses melalui internet harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Oleh karena itu Rumah Zakat membuat program Desa Berdaya yang merupakan sebuah pendekatan komprehensif agar masyarakat di sebuah desa bisa menanggulangi permasalahan sekaligus memperbaiki akses maupun layanan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan untuk berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Rumah Zakat sudah membina 977 Desa Berdaya dari 1080 Desa yang ditargetkan pada tahun 2017 ini. Sehingga untuk mewujudkan target tersebut, Rumah Zakat berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo Business untuk menyediakan layanan Connectivity dan Digital Corner yang diharapkan menjadi bagian dari upaya untuk mengakselerasi pembangunan masyarakat yang signifikan dan berkelanjutan.

Pada 16 Juni 2017, diadakan acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Indosat Ooredoo Business dan Rumah Zakat. Serta penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Kerjasama 15 wilayah desa berdaya se-Indonesia antara ZIS [Zakat, Infaq, Shodaqoh] Indosat dengan Rumah Zakat.


Sebagai contoh Desa Berdaya mengenai penjualan cabe secara langsung di desa dengan penjualan cabe secara online yang harga jualnya jauh lebih mahal dan menguntungkan petani cabe. Semoga MoU dan program Desa Berdaya ini dapat bermanfaat untuk masyarakat :)

20 comments

  1. Itu pemberdayaan desanya terpusat di jawa gitu ya va, andai bisa mengusulkan desa ya. Misalkan aku di NTB, banyak desa berpitensi di sini, tapi karena minim kolega jadi susah berkembang.

    ReplyDelete
  2. Ada yah yang jual cabe secara online? Baru tau gue

    ReplyDelete
  3. Iya ya seandainya dari dulu dan semuanya ikut sistem gini pasti Petani makmur^^

    ReplyDelete
  4. teknologi sangat membantu ya, cbae aja skrng jd bisa online. sebentar lagi muncul nih tukang sayur online.

    ReplyDelete
  5. Duh ga kebayang tukang sayur online hehe...

    ReplyDelete
  6. Mugia dengan kerjasamanya desa berdaya dan indosat bisa bermanfaat untuk masyarkat. Perkembangan teknologi saat ini memang begitu pesat ya, Teh, gak cuma pakaian, cabe sekalipun bisa dibeli secara online..

    ReplyDelete
  7. Kalo cabe dan sayur mayur udh bisa online, si mba di rumah aku ksh akses ke internet aja, biar dia ga capek lagi ke pasar :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, di kasih aja. Tapi jangan sampe keasyikan main internet hehe

      Delete
  8. ini nie yg perlu bgt, kemarin sempat ngobrol sama petabi kopi di temanggung harua ada pemberdayaan gini biar merek tuai hasil yg lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya perlu banget, tapi aplikasiinnya emang gak mudah sih :)

      Delete
  9. keren ya ini program, agar desa bisa mandiri

    ReplyDelete
  10. Keren programnya, Moga makin banyak masyarakat pedesaan yang terbantu ya :)

    ReplyDelete