Onrust Island

 Setelah sebelumnya berkunjung ke Pulau Kelor, trip dilanjutkan ke Pulau Onrust. Pulau ini lebih besar dan dipenuhi oleh pohon. Pas baru sampai kita langsung makan, terus Isha sama Mbak Saw langsung jalan keliling pantai. Disana lagi ada yang camp. Di pulau ini penuh dengah lika-liku dan sejarah yang panjang dan kejam. Jaman dulu, pulau ini menjadi tempa persinggahan kapal, pernah dijadikan tempat pengasingan untuk masyarakat yang terkena TBC, menjadi pulau untuk karantina yang akan melaksanakan ibadah  Haji, subhanallah sekali perjuangan untuk Ibadah Haji jaman dulu, selain naik kapal yang bisa sampai berbulan-bulan, dikarantina pula di tempat seperti ini.

Selain itu, pulau ini juga pernah menjadi penjara bagi para penjahat. Mengingt sejarahnya yang begitu panjang, tak heran pulau ini dinamai 'onrust' yakni 'Ășnrest' yang tak pernah beristirahat.  Kata 'onrust' tertulis di dinding sebuah kincir angin yang menandakan bahwa Belanda memiliki peran yang penting dalam sejarah pulau ini.

Tidak seperti Kelor yang sejarahnya didengar dari tour guide, sejarah pulau Onrust tertulis di sini.
 Pulau ini begitu sepi dan senyap, hanya terdengar debur mbak dan hembusan angin.
 Entah pohon ini tumbang atau bagaimana, namun bisa menjadi tempat tumbuh dari tanaman lainnya..
 Di pulau ini juga terdapat museum. Di dalamnya kebanyakan cerita sejarah dalam kertas di dalam lemari kaca dan terdapat pula kolam sejarah.
 Dan di sini ada ayunannya!! ini yang bikin kita betah banget. Semilir angin berhembus, menatap laut biru yang luas. Etapi, di belakangnya kuburan. Di pulau ini banyak sekali kuburan, pohon-pohon yang rindang dan kesunyian membuat pulau ini terasa mistis.

 Kita pun naik ke mercusuar yang ada disana, baru naik beberapa tangga. Rasanya kaki udah lemes banget, mungkin karena tangganya dari besi dan berongga sehingga kita bisa melihat ke bawah dengan jelas.
Di pinggir pulau, terdapat jalan kecil beraspal. Dipulau ini tidak ada pantai. Kayaknya asyik jalan berduaan disepajang jalan ini kalau sama pacar *hihihii modus.

12 comments

  1. Replies
    1. iyaa mbak. hhi
      aduh di bilang makmud. nikah aja belom :P

      Delete
  2. Aku blom pernah ke onrust ini.
    Udah pernah ke untung jawa mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah ke untung jawa ke pulau seribu baru ke sini doang mak :P

      Delete
  3. kereeen yaaa .. mau kesana juga pake baju yg kekinian biar bisa ootd buat dimasukin ke instagram .. wuuuh kereeeen :D

    ReplyDelete
  4. pantainya sepi banget ya, enak kalau kesana pas pengen menyendiri..

    ReplyDelete