PENGALAMAN MEMBUAT NPWP DI JAKARTA DENGAN KTP LUAR KOTA (BANDUNG)



Sudah baca pos isha yang sebelumnya mengenai belajar keuangan? Kalau sudah, tentu tahu kalau Isha mau bikin reksadana. Isha sudah coba ke commonwealth yang ada di kramat. Dan ternyata, disana gak jual reksadana, hanya asuransi saja. Lalu sha ke commonwealth yang ada di tanah abang.

 Udah muter-muter gak ketemu! Padahal alamatnya sesuai dan gedungnya ga ada tulisan bank commonwealth, pas di telfon pun ternyata salah sambung ke apotek, lalu sampailah ke commonwealth di Cikini.
Kenapa commonwealth? Karena setelah baca sana sini, yang paling banyak ya itu. Rata-rata beli reksadana di bank tersebut. Setelah melalui banyak badai, Isha kembali bersedih. Ternyata gak bisa bikin reksadana karena Isha belum punya NPWP.

Baca mengenai persyaratan pembuatan NPWP. Isha pun mencoba mendaftar NPWP secara online. Dan ternyata ditolak! Karena alamat di KTP tidak sesuai. Secara ngajuinnya ke kantor pajak kramat tapi domisili di KTP adalah Bandung. Tambah sedihlah. Keinginan untuk punya reksadana belum juga dapat terwujud.

Berangkatlah Isha ke kantor pajak di kramat dengan modal fotocopy KTP dan Surat Keterangan Kerja. Dari hasil penelusuran google, untuk mengajukkan NPWP beda wilayah membutuhkan surat keterangan domisili sementara dari kelurahan setempat. Belajar pada pengalaman teman yang minta surat keterangan domisili susahnya minta ampun. Sudah ke RT-RW sampe kelurahan tapi suratnya ga juga keluar karena harus ada KTP dengan domisili setempat. Hmm

Lalu dengan nekat dateng ke kantor pajak, ngambil nomor antrian dan mengisi formulir pendaftaran NPWP. Udah deg-degan aja takut di tolak. Pas udah di counter, ibunya langsung bilang gak bisa. Terus di tunjukkin deh surat keterangan kerja. Ibunya baca terus searching nama kantor di komputer dan bilang kalau kantor termasuk di wilayah pajak kramat. lalu nulisin angka dan ngprint kertas yang harus di bawa pada saat nanti pengambilan NPWP seminggu lagi.

Seminggu kemudian sha dateng lagi ke kantor pajak, nemuin ibu A di lantai 4. Harus menunggu karena tinta print nya abis. Tapi prosesnya cepet kok! Dan langsung deh, resmi punya NPWP.

Ternyata gampangkan bikin NPWP, meskipun beda domisili kita bisa mengurusnya dengan surat keterangan kerja. Apalagi kalau domisilinya saja, bisa online dan NPWP diantarkan ke rumah!
Btw, ada yang tahu bagaimana cara membayar pajak untuk pertama kali?                    

21 comments

  1. brarti itu harus minta surat keterangan kerja dari perusahaan ya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Kalo belum kerja gimana sis ? Belum punya pengalaman kerja tapi mau bikin npwp di bekasi dan ktp yang bandung

    ReplyDelete
  4. Nah yang susah jika kita blm kerja.. Apalagi sekarang syarat utk bekerja salah satunya harus punya npwp

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belum kerja, tinggal pake surat ket domisili

      Delete
  5. kalau sayan belum lama ini membuat NPWP secara online, sha.. setelah jadi di kirim ke alamat rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau bikinnya sesuai alamat ktp emang begitu. udah jauh lebih praktis ya mang

      wuaa, hatur nuhun :)

      Delete
  6. Jadi bisa ya pke surat keterangan kerja saja tanpa surat keterangan domisili sementara? *Ngurus surt domisili semntara ribet bener

    Terus itu yang di artikel si ibu petugasnyx bilang tidak bisa kenapa tiba2 jadi bisa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa :)

      karena kantornya terdaftar di wilayah kramat dan bayar pajaknya ke situ :)

      Delete
  7. kayanya kalau belum jelas diterima kerjanya belum bisa buat NPWP luh!

    ReplyDelete
  8. Untuk bayar pajak pertama kali gampang ko mba, klo mbanya karyawan, setiap tahun pasti dpt yg namanya bukti potong, nah bukti potong itu dilaporin ke kantor pajak

    ReplyDelete
  9. Buat nambah wawasan, kali aja suatu saat mengalaminya

    ReplyDelete
  10. Kalau untuk kpr kita diwajibkan pny npwp,tetapi gaji saya di bawah 4jt itu harus bagaimana?

    ReplyDelete