Beragam Keluargaku

Keluarga adalah satu hal yang penting di dalam hidup kita, entah itu adik, kakak, ayah, ibu, nenek dan keluarga besar lainnya. sha pun punya keluarga besar, entah itu dari keluarga mama ataupun bapa.
Mama berasal dari Ngawi Jawa timur, dan bapa dari Bandung Jawa Barat. Mama ikut bapa tinggal di Bandung.

Satu atau dua tahun sekali, kita berkunjung ke keluarga mama saat idul fitri. atau hal ini lebih di kenal dengan kata "Mudik".

Di sana, seluruh keluarga berkumpul. karena memang kebanyakan keluarga mama menyebar. Tidak semuanya tinggal bersama mbah. Ada yang dari padang, pekanbaru, bandung, dan jawa (yang di jawa, isha lupa nama daerahnya apa :P)

Ada hal lucu yang terjadi, terutama masalah komunikasi antara anak kecil. Contohnya percakapan antara adikku salva, riska,dan wahyu.

salva : "Hayu urang ameung iih.." (ayo kita main)
Riska : "opo to va?" (apa atuh salva?)
Wahyu : "ciek" (satu)

nah loh? gak nyambung kan.. hihihii tapi mungkin karena masih saudara dan memang manusia pandai bersosialisasi akhirnya mereka main petak umpet meski kadang suka terjadi salah persepsi. mereka mencoba bicara bahasa indonesia, tapi tetap saja masih tercampur bahasa daerah masing-masing.
tapi meskipun begitu, ku lihat mereka bermain sangat seru. sampai tertawa-tawa.

Wahyu : "hahaha salva galak" (salva tertawa)
Salva : "Naon ih, da abi mah henteu galak " (apa sih, aku kan gak jahat)

Riska cuma diem aja, salva cemberut lalu datang menghampiri isha dan mama meminta minuman. Isha cuma tersenyum geli. Senangnya punya keluarga dengan beragam bahasa. :)


17 comments

  1. hihihi masing2 keluarga jadi bisa belajar banyak bahasa daerah yaaa Isha.. ;))

    ReplyDelete
  2. Wah, seru juga ya Mbak.....
    keluarga dengan lebih dari satu bahasa dan digunakan dalam berkomunikasi...

    ReplyDelete
  3. hahah seru yaa mbak bahasanya campur2 gtu :D

    Makasih udah ikutan, niar catat yaa PESERTA :D

    ReplyDelete
  4. berarti mudik atau acara keluarga besar jadi hari yang dinanti donk ya, bisa kumpul semua kayak gitu pasti seru, lebih-lebih ragam budaya gitu :)

    Salam kenal! Saya tinggal di bandung juga lho, kapan2 kopdar yuk ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, benar sekali bun :)

      salam kenal juga ^^
      boleh, ayo ayo :D

      Delete
  5. hahahahaa, gado-gado bahasanya..
    Kalo Mbak Isha lebih bisa di bahasa apa?
    Btw, salam kenal ^^

    http://ahayurumicecream.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. keluargaku juga ada yang dari sunda dan jawa jadi agak susah klo bilang amis sama pisang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang ada beberapa kata yang membingungkan ;p
      soalnya kata2nya sama tapi artinya beda jauh :D

      Delete
  7. yang bisa translete semua bahasa siapa aja mbak? hihi...

    ReplyDelete