11 April 2020

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Colocation Server


Di kalangan industri data center, colocation data center sudah menjadi salah satu urutan kata yang lumrah sehingga menjadi model atau pola yang dikenali sampai saat ini. Colocation di dalam dunia TI diartikan sebagai server di lokasi pihak ketiga dan terkoneksi dengan jaringan distribusi yang tersedia. Sekarang keberadaannya sudah menjadi vital bagi perusahaan-perusahaan kecil sampai menengah keatas. Banyak dari mereka memutuskan untuk menggunakan ini dikarenakan biayanya yang lebih terjangkau, daripada  harus membuat data center sendiri.


Meskipun banyak keunggulannya, sama halnya dengan manusia, semua itu pasti ada kekurangannnya. Di bawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan colocation server.

Kelebihan

1. Mudah dalam mengakses dan menyimpan server

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, di zaman modern ini seudah banyak perusahaan yang menggunakan colocation server dikarenakan mempunyai keunggulan yang bisa menguntungkan bisnis yang sedang berjalan. Salah satunya merupakan mudah dalam mengakses dan menyimpan server. Sebagai pengguna tidak perlu repot menyiapkan ruangan untuk pengadaan peralatan yang digunakan untuk mendukung pembuatan data center. bahkan, colocation server memberikan segala kebutuhan data center secara penuh tanpa menyiapkan atau menambah peralatan center lainnya. Hal tersebut juga termasuk akses dan tempat penyimpanan servernya.

2. Teknisi ahli yang dapat membantu kapan pun

Tidak perlu repot dalam hal maintenance server, karena pihak jasa akan membantu melayani pengaturan server dengan teknisi yang sudah ahli. Jika ingin update sistem tidak perlu lagi dilakukan sendiri, apalagi jika tidak tahu caranya, dapat meminta bantuan pihak jasa untuk melakukan update sistem. Segala peningkatan kapasitas dan perbaikan pun dapat dilakukan, jadi hanya tinggal menerima jadinya saja. Tidak perlu ribet mengutak-atik sudah mendapat itu semua.

3. Cocok bagi yang memiliki biaya terbatas

Menyimpan data-data server memang sangat penting menggunakan data center, tidak heran banyak perusahaan yang mempunyai data center untuk menyimpan semua data mereka. Mempunyai pusat data sendiri memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga akan ada banyak modal yang harus dikeluarkan untuk perlengkapannya. Dengan menggunakan colocation center, hanya mengeluarkan biaya yang terjangkau, sehingga bisa menghemat. Perlengkapan pusat data sudah disediakan jadi hanya menitipkan server untuk disimpan. Sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk membuat sendiri.

Kekurangan

Bukan hanya kelebihan yang dimiliki colocation center, layanan itu juga mempunyai kekurangan yang wajib diketahui. Namun, tidak perlu khawatir dikarenakan kekuarangan hanya berupa suatu tanggung jawab dalam kerusakan server. Saat server error atau rusak, pihak jasa pasti bisa memperbaiki dan langsung menggantinya dengan yang baru.

Selain penjelasan di atas, colocation ternyata bukan hanya alternatif akses sekaligus penyimpanan untuk perusahaan saja, tetapi juga lembaga atau organisasi. Sebagai gambaran, colocation server berhubungan dengan infrastruktur dan tempat atau lokasi yang berisi ruang server sendiri, jaringan internet yang sedang trend, rack server, cloud computing. Bukan hanya itu menggunakan fasilitas colocation data center, pemilik bisnis atau perusahaan mendapatkan tingkat pelayanan selama 24/7.

Apabila membandingkan dukungan terhadap solusi colocation dengan ruang server standar, akan terlihat jarak kuantitatif dan kualitatif antara keduanya dengan dukungan tenaga ahli yang berhubungan. Akan tetapi, jika sesuai dengan kebutuhan colocation juga dapat memberikan solusi untuk managed service dan cloud service, sebagai antisipasi. Colocation service akan memberikan rasa aman dalam keamanan data dan server serta perawatan perangkat secara bertahap.

Nah, untuk mencari jasa colocation server bisa mengunjungi nexdatacenter.com yang menjanjikan pelayanan yang optimal dan memuaskan.

3 comments

  1. Ini yang sama kayak punya Batam ya. Soalnya sebagian besar datacenter milik pemerintah pake akses di sana, Kalau pake buat bisnis boleh juga nih.

    ReplyDelete
  2. wahh ini bisa untuk membangun online shop ya ?

    ReplyDelete

© Vanisa Desfriani. Design by FCD.