Selembar Kertas



Memang ya, katanya saat-saat Quater Life Crisis itu apa-apa jadi sensitif. Contoh hal kecil yang bikin sha galau adalah tentang nerima kertas selebaran tiap kali sha naik motor, entah itu di lampu merah, jalan pintas atau di pinggir jalan aja gitu.

Tiap kali teteh/aa yang dengan sigap ngelambain kertas dari tangannya buat diraih, langsung ada dua pikiran yang dateng ke kepala sha.

Pertama: Ambil, kasian teteh atau mang nya udah berdiri di pinggir jalan, panas-panasan kena debu. Kadang dengan senyum paksa, kadang males-malesan, kadang datar aja ekspresinya. Apalagi kalau teteh-tetehnya dandan cantik dan wangi. Ngebayangin ada berapa ribu lembar kertas yang harus dibagiin setiap harinya, berapa orang yang nelfon mereka dan berapa orang yang bener-bener pake jasa mereka.

Kedua: Nolak. Langsung lewatin padahal tangannya udah ngelambain selebaran. Hal utama sha takut kehilangan keseimbangan, kedua ga jauh dari situ berserakan kertas selebarannya di tengah jalan. Terus nanti terbang kena angin, abis gitu pasti ke selokan pinggir jalan. Rata-rata di bawah trotoar pejalan kaki itu kan selokan. Terus nanti Bandung banjir lagi gara-gara selokannya penuh sama sampah. ketiga: kertas itu kan dari pohon, sedangkan nanem pohon itu ga cukup satu dua hari. Kalau terus-terusan buang-buangin kertas, apa kabar pohonnya? belom lagi tebang pohon buat hal lain kaya bikin furniture. Pohon berkurang, resapan air juga, nanti banjir bandang lagi. Bukannya berpikiran negatif, sha terlalu takut dan was-was. 

Jadi, tiap kali dari kejauhan udah keliatan yang bagi-bagiin selebaran kertas. Udah kaya adegan slow motion aja, ambil-enggak-ambil-enggak-ambil-enggak galau gitu sampe akhirnya blasss, lebih sering lewatin aja tanpa ngeliat. haha lebih sayang lingkungan soalnya *ceilah ya, berat banget bahasanya.

Beda lagi kalau yang bagiin selebarannya di stopan lampu merah, tanpa babibu langsung simpen aja di dashboard motor. Terus pas lampu ijo, kertas tersebut langsung kaya serempak aja gitu berterbangan ~ huhuhu ~ ku sedih dan galau dan kepikiran sampe nyampe ke rumah sakit. Bayangin aja sepanjang jalan malah mikirin nasib para kertas. Dan masih kepikiran sampe sekarang sampe bikin postingan! Hahahaa

24 comments

  1. Nah galau gegara kertas yang berserakan ampe kebawa ditempat kerja, hati-hati Sha itu pasien butuh penanganan ntar aja galaunya haha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaampun mbak maya, rajin banget online nya haha
      iya nih, insyaallah kalau dah masuk ruangan mah fokuus hehe

      Delete
  2. Dulu waktu aku kecil juga sering mikir kasian sama kertas-kertas yng berserakan di jalan... pengennya dipungut semua trus bawa pulang. Seakan-akan kertas itu benda hidup gitu, aku mikirnya nanti kertasnya kesepian.... gak mikir nyebabin sampah atau banjir, tapi kasian nanti kesepian...

    ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucu ya mbak, hehehe

      anak kecil mah polos trus pemikirannya masih bebas tak terbatas :)

      Delete
  3. Aku pernah maki-maki orang yang seperti itu; pas naik sepeda ontel di lampu merah berhenti. Sekalinya ijo motor depanku langsung nyebar kertas banyak banget. Kena mukaku pula, langsung aja kukejar dan kubentak-bentak.

    Bukan tanpa alasan, itu kertas kena mata pedih dan membahayakan pengendara lain kalau sempat berhamburan. Bikin jalan kotor pulak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah, maksudnya apaan kertas tiba2 di sebar gitu yak pas lampu ijo :(

      seneng banget mas pake sepeda ontel, di bandung mah takut naik sepeda di jalan raya..

      Delete
  4. Sayang ya kalau kertasnya cuma dibuang gitu aja :'). Kalau kertas bisa ngomong pasti dia bakal bilang "Jahat. Aku dibuang :("

    ReplyDelete
  5. Meleleh, aku jarang terima karena ga niat nyicil dagangan mereka tapi kasihan juga ya semoga mereka bisa dapet kerja yang lebih baik, aamiin ;)

    ReplyDelete
  6. bener-bener saya juga gitu ketika ada orang yg ngasih-ngasih selebaran mikirnya "pasti ga kebaca" T.T

    ReplyDelete
  7. Aduh sampai segitunya mikirin sebuah kertas.

    Selembar kertas itu masud dan salah satunya kertas brosur-brosur gitu iya. ak juga sering tu, kadang bingung juga di ambil atau tidak, kalau tidak di ambil kasihan si mbak dan mas nya panas-panasan. kalau di ambil nanti tebuang juga, sama aja kita buang kertas. huft jadi serba salah.

    ReplyDelete
  8. iya mba Sha i feel u aku kadang galau mereka pasti tuh pegelnya ruar biasa deh berdiri buat bagi2iin tapi apadaya da klo aku mabil juga lgsg dibuang wkwkwk *jahat akhirnya pura2 watados ga liat lempeng weh begitu :p

    ReplyDelete
  9. paling gedeg sama yg bagiin brosur. ga tahu kenapa pas pemilu lalu ada yg lembar 20 lembar lebih brosur k rumah.. kezel kezel

    ReplyDelete
  10. aku gak ambil
    trauma mau jatuh dari motor gara2 ambil ini
    beri senyuman cantik aja mbak sha hehe
    tapi ya kasian juga ya
    sama yg suka ngedance korea2an di depan toko Hape

    ReplyDelete
  11. Ngakak waktu baca slow motion itu. Jadi terbayang-bayang, hehehe....

    Tapi Sha bener juga sih. Kasihan sama kertasnya dan kasihan sama Sha yang jadi galau karenanya.

    ReplyDelete
  12. ada baiknya kalo dikasih selembaran kertas ya diterima. takutnya kalo tak diterima kesaannya kita sombong dan tdk menghargai. ya, mereka diberi mandt buat bagiin selebaran kertas. karena mereka juga dapat perintah dari atasanna.

    kalo yg ngasih mbak cantik pasti langsung tak terima, kalo ia cinta juga tak terima. ya i tinya kita harus lebih sopanlah. hehe.

    ReplyDelete
  13. Ya di terima aja kertasnya, nanti kalau sudah di rumah di buat perahu kertas. Keren kan bisa menghibur anak2, hehe

    ReplyDelete
  14. Sama kertas aja peduli, apalagi sama kamu. Iya, kamu. Kertas idaman.

    ReplyDelete
  15. Bener ini. Kadang aku juga mikir mbak, apakah masih efektif model-model promosi pakai selebaran begitu ya? Secara kalau dari hasil survey kecil-kecilan ala saya, kebanyakan orang yang dapet itu kertas jarang banget di baca infonya. Malah seringnya yaaaa, kaya yang mbak Sha tulis. Dibuang gitu aja.

    Sayang sama kertasnya, sama kayunya, sama hutan Indonesia :(

    ReplyDelete
  16. Walaupun mbak lewatin, kertasnya udah dicetak loh mbak. Jadi, pohonnya tetap aja terbuang percuma hahaha -_-

    Ayo galakkan gerakan paperless di setiap segi kehidupan!!! *orasi di tengah simpang lampu merah*

    ReplyDelete
  17. Saya seringnya nggak ngambil, sih. Mubazir karena bakalan dibuang juga kertas itu. Menurut saya, itu nggak efektif cara pemasarannya. Orang kalau emang pengin beli motor atau mobil, langsung dateng aja biasanya. Jarang banget yang awalnya tergiur sama kertas selebaran itu. :)

    ReplyDelete
  18. Namanya juga usaha Sha, kerja. Kadang kasian sama yg nebarin kertas seharian, berdiri tegak seharian, nawarin jg belum tentu ada yg ngambil. But, mesti seeetrooong jiwa sama hati :)

    ReplyDelete
  19. Saya terima ajah sih kertas dari yg bagi2 itu. Saya masukkan tas biar yang ngasih senang. Banyak juga yg begitu terima langsung dibuang. Kan kasihan yg bagiin yaaa...ngenes

    ReplyDelete