Gua Gombong dan Gua Jatijajar Kebumen


Dari Gua barat, kita kembali ke tempat parkir bus dengan menggunakan mobil bak terbuka. Beberapa peserta famtrip menjemur baju basah di mobil. Kita berhenti tepat di satu gerbang besar yang sengaja ditutupi oleh kayu. Tempat wisata itu belum diresmikan dan sedang dalam tahap akhir renovasi. Sha dan teman-teman FamTripJateng masuk lewat jalan samping. Halaman yang luas, cuaca yang terik dan bangunan yang akan dijadikan tempat wisata mengingatkan sha akan ragunan. Bedanya, sekarang kita sedang berada di Gua Jatijajar.

Dibimbing oleh seorang pria yang menjelaskan mengenai asal muasal gua jatijajar. Konon katanya dinamakan jatijajar karena ditemukan dua pohon jati yang berjajar.

Namun, gua yang kita masuki bukanlah gua Jatijajar. Dikarenakan keterbatasan waktu, kami hanya mengunjungi gua Gombong yang letaknya di bawah gua Jatijajar.

Salah satu keunikan yang sha temukan adalah pintu masuk ke dalam goa Gombong ini cukup besar dan lebar. Tidak seperti gua-gua yang pernah sha temui. 

Ada bagian gua yang langit-langitnya berlubang, semacam the way to heaven dengan seberkas cahaya masuk dan langit yang berwarna biru cantik saat kita menatap ke atasnya.

Sha berjalan ke bagian dalam gua dan disambut dengan warna warni lampu, tetes-tetes air, tangga dan permukaan yang sudah modern. Sha merasa seperti berada dalam cerita sebuah novel.

Berjalan perlahan-lahan sampai akhirnya keluar dari sisi gua yang lain dan kembali bertemu dengan cahaya matahari. Gua jatijajar tepat berada diatas. Namun, kita sudah tidak memiliki waktu dan berjalan menyusuri taman menuju pintu keluar.



Well, ini adalah tempat terakhir yang sha kunjungi dalam rangka Familiarization Tour Travel Blogger dan Media dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah bareng teman-teman blogger: Ardian Kusuma, Ghozali Qodratullah, Albert Ghana, Tracy, Hanif Andy, Ismia Fitri, Gallant Tsany, Taufan Gio, Bobby Ertanto, Inayati Nur, Utami Nanda, Imama Lavi, Aji Sukma, Irzal Adia.

Sepulang dari Gua Gombong, sha masih ikut rombongan dan ngobrol sepanjang jalan sama mas Irzal. Sha turun di Gombong buat nginep di rumah poh. Rumahnya bener-bener desa dalam cerita, segala macam tanaman dari daun bawang, jeruk, jambu air sampai kelapa. Juga segala ternaknya; ayam, ikan mas, ikan lele, burung, kelinci, domda dan sapi di halaman. Sha  pulang ke bandung dengan naik kereta api Kutoarjo Selatan besok paginya dan gak sempet main ke pantai karena sibuk ngasih makan hewan peliharaan.

61 comments

  1. Kalau ke gua ini belum pernah, tapi suatu saat kalau ada kesempatan pingin juga mampir ke gua ini.

    ReplyDelete
  2. Wah bagus ada lampunya ya, ekspedisi mulu nih bu Bidan^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang bagus teh. berasa ada dimanaa gitu. ini mah latepost hehe

      Delete
  3. aku dulu ke goa ini pas masih semester unyu.ha ha didalamnya ada mata air yg dipercaya kalau airnya bwt cuci muka bisa awet muda

    ReplyDelete
  4. Penataannya sudah baik ya.. diberi batas, jadi pengunjung ga bisa melakukan tindakan vandalisme pada stalaktitnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener. emang sha nemu jg vandalisme. satu dua. sayang banget, padahal belum dibuka untuk umum waktu sha ke sini

      Delete
  5. Replies
    1. ga hafal, hehe soalnya waktu itu naik bus. jadi ngikut aja :D

      Delete
  6. Waktu SMA aku ke gua jatijajar lho, Teh. Tapi sekarang udah lama gak kesitu lagi. Kangen suasana guanya.. Tambah lagi foto guanya dong, Teh, penasaran seperti apa sekarang..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelek-jelek ndi hasil jepretannya hahaha jd ga sha publish di blog

      Delete
  7. Saya malah penasaran dengan goa jatijajar, kalau ceritanya bilang ada dua pohon jati berjejer, saya alah bayangin gimana gedenya tuh goa sampai pohon jati ada bisa tumbuh. Seru nih FamTrip nya apalagi banyak temen pula, kapan-kapan ajakin juga dong mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya di depan gua deh pohon jati nya. tapi sha juga kurang tau karena ga ke sana..

      daftar gitu kok mas, nnti di pilih siapa yang ikut. banyak infonya di grup-grup blogger :)

      Delete
    2. gaada, ini mah event dr dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.. biasanya tiap tahun ngadain. pas ada info, daftar aja, nnti di pilih..

      Delete
  8. menyenangkan sekali y. didalam gua itu sendiri ada apa saja selain lubang yang dimasuki cahaya matahari dan tetesan air. Apa ada bentuk batu gunung yang unik ?

    ReplyDelete
  9. Seruuu.. berarti goanya udah dirawat dengan cukup baik ya Mba Sha? karena ada bnyk penerangan yang dipasang..

    Aku penasaran sama "the way to heaven" versi goal ini Mba hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pas ke sini emang lagi proses pembenahan :)

      ada fotonya, tapi di temen.. sha ga punya :)

      Delete
  10. kayaknya terwat dah. gak banyak coretan napak tilan yang katanya sayang tapi malah ngerusak
    mmmmm.....

    ReplyDelete
  11. goa jatijajar pernah masuk, tapi kalau goa gombong baru denger ini hehe
    tak kira pesertanya cuma sekitaran blogger-blogger jawa tengah aja mbak, ternyata macem-macem ye? dari bandung juga ada? mantep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. deket banget, yang di bawahnya goa jatijajar.

      sha kan orang banduung

      Delete
  12. satu lagi destinasi Jawa Tengah yang nggak boleh di lewatkan yaitu GUA GOMBONG DAN GUA JATIJAJAR KEBUMEN, kapan kapas akan saya telusuri kesana neng...

    ReplyDelete
  13. gara2 artikel ini, jadi pengen kapan2 mampir. makasih ya teh buat inspirasinya...

    salam kenal teh....

    ReplyDelete
  14. Jadi pengin main ke gua-guaan juga. terakhir main ke gua pas esde, itu pun fokusnya ama chiki chikian yg dijual di sekitarannya. ampe lupa dulu gua apaan yg didatangi. xD ingetnya pokoknya trip beberapa hari ama keluarga dan terakhirnya singgah di ampel.

    ReplyDelete
  15. Mba kok acaranya enak??
    Bisa kumpul2 breng blogger juga..ehhmm seandainya disini juga ada acara kaya gtu..

    Dulu waktu SMA pernah tuh ke goa jatijajar.. bagus kok kaya masuk ke zaman prasejarah. Disitu juga ada aliran air yg dijuluk 'mawar' klo nggk salah..

    Katanya klo ngebasuh muka disitu bisa awet muda.. hahah cuma aliran sungainya deres banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada terus kayaknya mah..

      nah, sha mah gatau kalo ada aliran airnya. soalnya ga ke gua jatijajarnya kaan

      Delete
  16. Sedikit banget mba foto gua nya, penasaran hehe.. Aku pernah tuh ke gua yang ada stalagtit dan stalagmit nya (bener ga ni tulisan?) di daerah entah apa, tapi ada yang bilang namanya gua maria

    ReplyDelete
  17. Kok kayaknya acarany asyik juga ya mbak ... jadi pingin kesana

    ReplyDelete
  18. pas di dalam gua kayak aurora gitu ya. asik. kalo foto pake ponsel pencahayaannya bagus gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kurang, soalnya hasil fotoku gaada yg bagus. ini pake kamera temen

      Delete
  19. Seru bangettt! aku belum pernah ke sana nih.. padahal Wonosobo-Kebumen itu termasuk dekat, tapi sewaktu masih tinggal di WOnosobo baru pernah jalan2 ke salah satu pantainya, itupun karena sekalian kondangan :D

    ReplyDelete
  20. Saya pernah masuk gua. Bawaannya pengen berimajinasi saja. Sha gitu, nggak? (berimajinasi kalo di dalam gua?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, kayak lagi ada di dalem novel atau film2 hahaha ini sampe kepikiran harry potter pas di dalem sana

      Delete
  21. Belum pernah ke gua ini, seru banget nih. kapan bisa jalan2 ke kebumen ya...

    ReplyDelete
  22. Saya ingat ke Gua Jatijajar itu tahun 2008, dan itu menjadi perjalanan pertama saya dengan teman-teman kuliah :-)

    ReplyDelete
  23. Saya pernah ke Gua Jatijajar. Familiarization Tour Travel Blogger dan Media dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, gimana caranya bisa ikut bergabung ya ? tampaknya seru sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti selalu ada info dari dinas terkait mengenai famtrip. pas ada infonya, daftar aja.. sapa tau ke pilih

      Delete
  24. Mba Sha ini gua nyanada air pancur bukan?klo iya dulu aku pas SmP kesini dan cuci muka disana yg konon katanya bisa awet muda alhamdulilah tebrukti mukaku awet muda wkwkwk *lalu comment ini dihapus 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya katanya teh, tapi sha engga ke mata airnya hehe. masih muda kok teeh hehehe

      Delete
  25. whoaaa belum pernah ke Gombong. Pengeeen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu atuh kita ke sana mbak, terimakasih udah mampir. seneng banget mbak dian nafi mampir ke sini :)

      Delete
  26. widih, tur bareng komunitas travel blogger yak. Bukan cuma tempatnya aja yang berkesan, interaksinya juga pasti berkesan banget tuh ya

    ReplyDelete
  27. Bahaha, ngingetin sama Ragunan. Bisa aja si Mbak. XD
    Dari sekian banyak bloger yang ikut itu, nggak ada yang saya kenal. Huhu. Payah sekali.

    Wah, ada rafting juga. Jadi penasaran sama cerita yang selanjutnya. Udah lama nggak rafting soalnya, sih. Temen-temen yang cewek pada teriak-teriak panik. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, tapi katanya tahun ini ragunan jadi jauuuh lebih bagus :)

      loh, ini cerita terakhir loh. yang sebelum-sebelumnya udah sha tulis. silahkan klik aja di tulisannya hehe

      Delete
  28. Wah saya penasaran malah dengan rumah pohnya itu yang suasananya bagai desa dalam cerita banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ga sempet foto2 di sana saking nikmatinnya hehe

      Delete
  29. pasti seru tuh bisa tau seluk beluk Goa Gombong ...

    ReplyDelete