Pentingnya Asuransi Kesehatan Syariah

Waktu itu pas masih tinggal di Jakarta, mama nelfon dan minta supaya weekend pulang. Di tengah perjalanan mama bilang kalau sha gak pelu pulang ke rumah dan di minta buat ke Rumah Sakit. Begitu sampe, ternyata adek sha dua-duanya masuk rumah sakit terkena demam berdarah.

Karena perbedaan usia, Salva rawat inap kelas III di ruang khusus anak. Jumlah pasien yang banyak dan penuh, sekamar dengan bayi yang nangis terus dan dianya yang rewel karena sakit dan keganggu, sedikit banyak bikin mama curhat juga perasaan berasa ga adil karena Yola rawat inap di kelas II. Untungnya setelah beberapa hari ada bed yang kosong dan Salva di pindahkan ke kelas II.

Kedua adek sha dirawat hampir dua minggu dengan total biaya rawat inap belasan juta. Dibayar cash dan keluarga kami tidak memiliki jaminan kesehatan apapun. Sejak saat itu sha mulai belajar mengelola keuangan, agar di masa depan nanti jika ada suatu hal yang tiba-tiba datang dan tidak bisa kita hindari, kita sudah memiliki payung yang akan melindungi.

Salah satunya adalah asuransi. Kebetulan rabu kemarin ada event 10 Tahun Prudential syariah dan peluncuran PRUprime healthcare syariah di Trans Hotel Bandung. 


Nah, Prudential ini bertema Syariah untuk semua yang memiliki nilai-nilai bersifat universal yaitu bermanfaat bagi nasabah muslim maupun non muslim dengan prinsip dasar syariah dengan membantu satu sama lainnya dalam melakukan urusan termasuk Risk sharing yang mana premi pelanggan diberlakukan sebagai kumpulan dana yang dapat digunakan oleh contributor agar dapat digunakan oleh pelanggan lain yang perlu mengklaim risiko, sehingga prudential syariah bertindak sebagai pengasuh kumpulan dana yaitu pemi nasabah, bukan pemilik dana. Oleh karena itu, berbeda dengan transfer risiko dalam asuransi jiwa konvensional.

“PRUprime Healthcare syariah merupakan produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan dengan jangkauan global dan manfaat yang dapat berkembang. Produk ini diluncurkan karena Prudential senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan masyaarakat Indonesia yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai universal syariah.” Begitu pemaparan yang disampaikan oleh Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia.

PRUprime healthcare syariah ini adalah asuransi yang dapat membantu kita jika sewaktu-waktu sakit. Sakit adalah satu hal yang biasanya jarang sekali orang pedulikan saat sehat. Dan baru menyadari betapa pentingnya sehat saat sakit. Maka dari itu banyak orang yang tidak mempersiapkan dana khusus untuk hal ini.


Saat sakit dan harus di rawat di rumah sakit, hal yang selalu menjadi beban pikiran adalah tagihan biaya rumah sakit. Dengan PRUprime healthcare syariah ini akan membayar biaya rawat inap sesuai dengan tagihan hingga batas tahunan yang sudah ditentukan. Jika batas tahunan ini sudah mencapai limitnya, akan mendapatkan dana tambahan (PRUlimit booster).

Jika tidak ada klaim yang dilakukan selama satu tahun polis berjalan, prudential Indonesia akan memberikan penambahan sebesar 10% hingga 50% dari batas manfaat tahunan awal. Sehingga perlindungan akan terus terjaga ditengah biaya rumah sakit yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Selain di Indonesia, PRUprime healthcare syariah juga bisa digunakan secara global, juga secara cashless di Singapura dan Malaysia yang mana kita tinggal tunjukkan kartu PRUprime healthcare syariah tanpa mengeluarkan uang sama sekali.

Jika seseorang yang memiliki kartu PRUprime healthcare syariah meninggal dunia, akan diberikan pula santunan dana marhamah.

Well yah, kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan kita. Masih ingat dengan jelas gimana pas kedua adek sha sakit, ruang rawat inap yang berbeda gedung dengan jarak yang jauh dan bikin capek bolak balik terutama mama, dua-duanya minta ditemenin padahal badan cuma satu dan ga bisa di belah dua. Dan yang paling menyita pikiran adalah tagihan rumah sakit yang makin hari makin membengkak sampai seharga motor. Oleh karena itu PRUprime Healthcare hadir ditengah kita semua untuk mengurangi beban pikiran dan fokus pada masa pemulihan.

18 comments

  1. orang baru sadar nikmat sehat pas udah sakit :(
    sadar kalo disakitin pas udah ditinggal *eh

    ReplyDelete
  2. Sedihnyaa...
    Kejadian masa lalu in syaa allah membawa pelajaran yang berharga untuk masa depan.

    Sekarang jadi gak ragu lagi untuk berinventasi demi masa depan yang lebih terjamin kan yaa...??

    ReplyDelete
  3. Layanan PRUprime healthcare syariah dari Prudential ini menawarkan banyak manfaat ya :)

    ReplyDelete
  4. Memang penting sih jaga-jaga dengan asuransi itu. Kita kan ga tahu apa yang akan terjadi. Untung aja sekarang Prudential ada yang syariah ya.

    ReplyDelete
  5. ya asuransi sangat membantu, cuma kadang ada juga yang dikasih tahu suka ngeyel
    kita sudah pasti maunya sehat, tapi kan nggk tahu kalau tiba-tiba sakit
    semoga jadi pelajaran buat kita semua khusunya saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ngeyel karena buat apa ngeluarin uang juga gak di pake *merasa bakal sehat selamanya*

      Delete
  6. Sakit itu bisa menimpa siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.. Kalo nggak punya asuransi kesehatan sebagai 'payung' yang melindungi, bener-bener berabe ya Mbak.. Pokonya udah paling bener punya asuransi kesehatan tanpa perlu nunggu sakit dulu.. :)

    ReplyDelete
  7. Wah saya baru tahu Pru ngeluarin produk syariah, thx ya Sha

    ReplyDelete
  8. Sudah ada Syariahnya juga ya, maksih banget mbk vani infonya..

    Salam kenal dari Bengkulu mbk.
    ditunggu kunjungannya di blog saya.hihi
    ditunggu juga Follow nya..

    ReplyDelete