Menarche: Menstruasi Pertama Kali



Ada yang bilang "blog sha campur-campur, tapi kok isinya kebanyakan travel?" Well, karena sejujurnya masih banyak stok foto jalan-jalan. Dan rasanya ada kurang aja kalo bikin postingan tanpa foto. Kaya sekarang, sha lagi pengen bahas soal menstruasi. Ngubek-ngubek folder dan bingung mau masukin foto apa di postingan. Akhirnya pake foto bunga aja ya!

Menstruasi ini hal yang paling banyak ditanyain ke sha, dari mulai temen masa kecil sampe temen yang baru kenal beberapa jam aja.

Sha mendapatkan menarche (menstruasi untuk yang pertama kalinya) saat kelas dua SMP tepat satu hari sebelum Iedul Fitri. Sekitar jam dua malem, waktu itu baru nyampe Ngawi terus ke kamar mandi dan taraa! ada darahnya. haha gak gitu kaget sih, karena memang waktu itu sudah tahu apa itu mens dari temen sekolah. Jadi, cuma bilang sama mama dan dikasih pembalut. Mama bilang, "Pantesan sepanjang jalan uring-uringan." Awalnya sha pikir masuk angin karena perjalanan panjang dari Bandung ke Ngawi pake taxi diisi berlima yang salah satunya dede bayi, bikin segala macam kerasa sama badan sha dari gejala seperti masuk angin, sakit perut sampai pegal semua badan. Seiring waktu sha tahu bahwa pemikiran awal sha salah, dan semua ketidaknyamanan itu adalah dismenore (sakit menstruasi).

Terus adek sha dapat menarche pada saat yang sama pula, kelas dua dan bulan ramadhan. Dan yang dulu dede bayi pun juga begitu, mendapatkan menarche pada saat yang sama. Saat sha tanya kapan mama menarche? jawabannya sama. Jadi, memang benar bahwa Faktor Internal (Keturunan, hormon dan hal-hal yang memang di bawa sejak lahir) menjadi hal penting yang mempengaruhi kapan seorang gadis menarche (Terbukti, bukan hanya catatan di buku kuliah 😝).

Jadi, kalau ada yang bertanya-tanya kenapa belum juga dapat menarche. Coba di cek dulu, kapan pertama kali mamanya dapat menarche.

Selain itu juga dapat dipengaruhi oleh Faktor Eksternal seperti lingkungan dan gizi. Yang mana gizi ini sangat dipengaruhi oleh sosial ekonomi. Biasanya, semakin baik ekonomi sebuah keluarga akan semakin baik pula pemenuhan gizinya.

Gak heran kalau jaman sekarang, anak gadis masih SD tapi sudah mendapatkan menarche padahal belum waktunya. Hal ini di kenal dengan Pubertas Prekoks.

Nah, hari pertama mulainya pendarahan atau hari pertama menstruasi ini disebut dengan hari pertama siklus

Banyak yang menanyakan bagaimana cara menghitung siklus menstruasi? Panjang siklus menstruasi itu adalah jarak antara tanggal mulainya menstruasi yang lalu dengan mulainya menstruasi yang baru. Misalnya bulan ini sudah menstruasi tanggal 3 terus menstruasi lagi tanggal 30. Jarak dari tanggal 3 sampai tanggal 30 itulah panjang siklus menstruasi seseorang.

Panjang siklus menstruasi yang normal adalah 28 hari. Tapi 90% wanita memiliki panjang siklus menstruasi berkisar 24-35 hari. Begitu pula lamanya menstruasi berkisar 3-6 hari namun ada juga yang 7-8 hari.

Well yah, penjelasan tentang menstruasi ini masih banyak banget. Kayaknya ini baru satu SKS aja. haha tapi, kita lanjutin di postingan berikutnya ya! semoga bermanfaat 👱

48 comments

  1. Aku dulu SD kelas 6,jeda mens kedua lumayan lama. SMP hehe

    ReplyDelete
  2. Wah ini mah udah urusan perempuan kalau ngomonin mestruasi..he

    Aku fokus sama bunganya, cantik. Warnanya juga unik gitu ya. Jadi inget rumah, soalnya di rumah ibu suka nanam bunga dan tanama gitu. Kangen nyiramnya setiap sore..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, urusan perempuan.

      rajiin, jarang banget cowok nyiramin bunga :)

      Delete
  3. Baru tau kalau istilahnya disebut menarche
    Padahal aku jurusan kesehatan masyarakat lho.. wkwkwkk

    #MahasiswaGagal

    ReplyDelete
  4. Aku mens pertama kali kelas 3 SMP
    Dulu teratur banget
    Belakangan ini mulai rewel nih, mensnya hadir suka-suka dia huhuhu

    ReplyDelete
  5. aku mau komen apa ya. Soalnya ga ada gambarnya. Jadi bingung mau komen apa.
    Haha. tapi kalau Pubertas Prekoks anak SD. Inikah yg disebut cabe2an, Sha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah, kan itu ada gambar bunga. ahahaha

      beda loh ya, kalau pubertas prekoks ini lebih ke fisik. Kematangan fisik sebelum waktunya. Sedangkan cabe-cabean lebih ke prilaku. Masih kecil tapi melakukan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan diusianya.

      Delete
  6. Salam kenal Mbak Sha.
    Saya sih udah lupa kapan pertama kali menstruasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga,

      hayo, diinget-inget mas. ahahaha

      Delete
  7. Baca ini, jadi ingat awal dapat menstruasi. Kayanti pikir, hidup Kay sebentar lagi. Horror campur drama kali waktu itu.😀

    ReplyDelete
  8. aku baru tau nih istilah2nya.... dulu aku pertama kali kls 4 SD mba.. tapiiiii cuma beberapa bulan aja, dan kemudian stop... trs muncul lg pas smp :)... dan rata2 temenku dulu pas SD itu udh pada haid... moga2 aja anakku nanti ga terlalu cepet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepet juga ya mba.. tapi banyak memang yang kasusnya begitu :)

      Delete
  9. iya sama seperti komen2 di atas, baru tau istilah menarche :)
    ponakan perempuan menarche nya waktu kelas 2 smp, kalau adiknya kelas 5 SD, beda2 ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa juga beda kaya gitu kalau faktor eksternalnya lebih kuat. sering konsumsi makanan fast food atau bahan kimia lain yang bisa mempengaruhi hormon.

      Delete
  10. Jadi, kenapa fotonya bunga sha? xixixi aku agak gimanaaa gt bacanya. hahaha

    ReplyDelete
  11. Duh. Jadi pengen cerita pengalaman pertama mimpi basah juga nih. 😁

    ReplyDelete
  12. pertama kali menstruasi sih dulu rasanya pas SMP deh :D

    ReplyDelete
  13. sama kalo gitu, kelas dua SMP pulang heking, aku pikir aku digigit binatang apa gitu, mau bilang ke emak takut di marah nggk boleh ikut heking lagi, terus ngibrol ke bibi haha
    lucu deh

    ReplyDelete
  14. Masalah ini ane mending just nyimak aja deh :D

    ReplyDelete
  15. kalo udah ngomongin kesehatan biasanya nanti akan ada hubungannya dengan multifaktor ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, bener. meski ada faktor yang kuatnya. tapi pasti karena ada faktor2 lain yang menyertai :)

      Delete
  16. Aku juga pertama kali kens pas smp, tp lupa kelas berapanya. Dan waktu itu aku gak tau klo itu mens. Jd pas di toilet ngeliat kaya gitu aku lgsg teriak manggil ibu. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya hectic banget ya mbaak, kaget bercampur perasaan-perasaan lainnya :D

      Delete
  17. Tante Bidan, akuma haidnya mau smp kls 3 heheu tfs yaaa

    ReplyDelete
  18. Aku kalo ga salah pas kls 1 atau 2 SMP gitu. Ga enak ya rasanya apalagi kl pas saat ulangan hhhmmm risih gitu. Pas olahraga juga ga nyaman bgt ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sekolah sha pas olahraga itu justru paling enak. karena bisa diizinin ga ikut olahraga kalo lagi mens :P

      Delete
  19. Cerita pertama mens memang selalu teringat ya mbak :) Dulu saya pertama kali kelas 6 sd hehe

    ReplyDelete
  20. Saya dulu pas banget sehari sebelum daftar ulang ke SMP, hihi. Gemeteran tangan, antara takut sama bingung walopun udah tau kalo cewek bakalan datang bulan.

    ReplyDelete
  21. Saya langsung nanya adek, dia dulu juga mens pertama pas kelas 1 SMP, sama kayak saya..hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti sama kita, faktor genetiknya yang mendominasi :)

      Delete
  22. Kalo ngomongin menarche suka keingetan, dulu malu banget ngaku kalo udah dapat haid. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama teh, suka di becandain sama permen mentos hehe

      Delete
  23. Jadi makin baik gizinya peluang makin cepat mendapat mens lebih besar gitu ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gizinya baik, biasanya menarchenya sesuai genetik. tapi kalo gizinya baik karena terpengaruh seringnya makan makanan cepat saji, bahan kimia dll bahan2 tersebut mempengaruhi hormon dan biasanya bikin haid datang lebih cepat

      Delete