Meet Up Couchsurfer

Ada yang tahu couchsurfers? salah satu komunitas dimana traveller bisa ketemu sama local people. Tak hanya bertemu, traveller bahkan bisa ikut menginap di rumah penduduk setempat tersebut (Host) dan bisa secara langsung melihat dan merasakan budaya setempat.

Sha gabung komunitas ini dari 2014. Namun, baru beberapa kali meet up sama chouchsurfers dan sekali jadi host.

Pertama kali sha meet up ketemu sama orang Uzbekistan yang sedang bussines trip di Bandung, waktu itu sha dapet pengalaman buruk dan merasa tidak nyaman.

Namun sha yakin bahwa tidak semua orang bersifat buruk. Beberapa bulan kemudian sha ketemu sama mbak Fatma, sepulang kerja ketemu di depan Hostelnya. Dari awal udah komunikasi kalo mbak Fatma mau ke Selasar Sunaryo. Ternyata ditengah jalan Hujan, berhubung emang cuaca waktu itu gak bisa di prediksi padahal pas berangkat cuacanya panas banget.

Disana janjian juga sama couchsurfer lain yaitu mbak Dian. Dan seperti yang sha yakini ini jadi pertemuan yang menyenangkan!


Lalu pertemuan lain pun berlanjut, sha ketemu miss Fatim dan kak Nisa dari Malaysia. Sha dateng ke Green Forest Resort tempat mereka nginap. Kita jalan ke beberapa tempat di Lembang; Farm house, The Lodge Maribaya, Tempat pembuatan Kopi luwak, Floating Market Lembang. Malemnya mereka nginep di rumah, besoknya lanjut jalan ke kabupaten (semacam pasar tumpah yang cuma ada hari minggu), makan bakso, ke kartika sari, alun-alun Bandung dan anterin mereka ke stasiun buat lanjut ke Jakarta dan pulang ke Malaysia besoknya. Harusnya ini di bikin satu postingan ya 😅


Pertama kalinya jadi host dan dapat dampak yang positif. Hal-hal yang tadinya kita anggap biasa saja sehar-hari namun menjadi hal yang baru bagi orang lain. Keluarga sha exited banget! kita banyak belajar, berbagi bahasa dan budaya masing-masing.

Dan dua hari kebelakang sha ketemu lagi sama couchsurfer dari Vietnam pas istirahat kerja. Kita dinner di Cihampelas, Hanh pengen makan bakso. Singkat banget emang cuma satu jam. Tapi penuh dengan cerita! Sharing ini itu, berbagi kebudayaan dan mengasah bahasa inggris sha.


Cant wait for another meet up 👐

12 comments

  1. waaa keren yaaa. mereka semua nginep di rumah sha berarti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga atuh, cuma dua oarang. yang lai cuma meet up aja :)

      Delete
  2. hehehe, banyakin review ya sha. trus rencana kita juga tahun depan. okaaay :*
    ketemu orang dengan budaya baru dan bahasa bagu emang bakal jadi pengalaman yang menarik. Tetapi aku belum sanggup kayaknya, jadi tuan rumah. hahaha. ntar aja kalo udah merid :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. okay sayang, aku masih hunting tiket.

      cieee, yang mu ketemuan dah ngomongin merid aja niyyy. duh! :P

      Delete
  3. waah baru tau ada komunitas couchsurfer.. seruu yaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, seru :)
      couchsurfing lebih tepatnya mbak. couchsurfer buat panggilan orang-orangnya :)

      Delete
  4. walo aku rutin traveling tapi slama ini blm pernah coba fasilitas couchsurfing ini... penasaran sih, tp suami juga yg ga begitu mau kalo jalan nginep di tempat lokal.. dia bilang ga enakan.. hahahaa piye ini suamiku... mkanya kita lbh suka stay d penginapan lokal jg tapi yg berbayar kyk airbnb.. Aku malah pgn CS krn ini gratis kan yaa :D.. bener ga sih? ato akunya msh ga nangkep sistem CS ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sama suami mah enak di penginepan aja hehe
      iya, emang for free nginep di penduduk setempat. Tapi ada hal yang harus dibagi semisal traktir makan atau bahkan seenggaknya bawa oleh-oleh. Kadang juga masak, dll pokoknya kaya berbagi kebudayaan gitu. Tapi yah, pertemanan setelah itu yang harganya jauh lebih mahal karena ga bisa dihitung materi :)

      Delete
  5. Asyik ya bisa ketemuan sama cs dari berbagai negara. Bisa banyak belajar budaya, pasti seru. Apalagi Kalo sama2 tak tau bahasa masing2 :D salam kunjung balik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha bingung ngobrol kalau ga tau bahasa nya,pake bahasa tubuh. wkwkwk

      Delete
  6. Gimana buat cara gabungnya ya...mereka ada verifikasi anggotanya atau semua bisa masuk..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, daftar aja di web atau app nya. nnti ada akun verified (terpercaya) ada juga akun biasa :)

      Delete