Rafting di sungai Bogowonto

 Panggilan untuk penumpang kereta api harrina sudah bergema. Kedua kalinya Sha memasukkan kode booking dan lagi-lagi boarding pass tidak keluar juga. Jam sembilan lima belas menit, tepat sepuluh menit sebelum keberangkatan, sha dengan tergesa mendatangi loket dan menanyakan kenapa boarding pass tidak keluar. Dengan santainya petugas bilang, "Teh, beli tiket buat tanggal berapa?" nyess banget lansung tahu kesalahan diri sendiri. Salah tanggal keberangkatan *Tepokjidat*

Terpaksalah reschedule dengan range 20 ribu aja dari harga tiket yang sha beli. *NangisLiatDompet*

Perjalanan ini dalam rangka #FamTripJawaTengah beserta travel blogger dan media dari dinas kepemudaan olahraga dan pariwisata. Sha sampai di Semarang jam lima pagi, ini pertama kalinya sha ke kota ini dan langsung jatuh cinta sama gedung-gedungnya yang cantik, trotoarnya luas, sampe sha duduk-duduk di halte trans semarang. Namun cuaca cukup panas, sha langsung menuju kantor dinas buat ikut mandi dan sarapan sambil nunggu teman-teman yang lain.

Kita pun berangkat memulai trip kali ini, sesuai dengan temanya kita akan mengunjungi tempat wisata di jawa tengah, kujungan pertama kita ke tempat wisata purworejo tepatnya rafting di sungai bogowonto. Acara dimulai dengan sambutan dan pembagian batik adi purwo -batik khas purworejo-

 Dilanjutkan dengan briefing dan melakukan stretching agar tidak kram saat melakukan rafting.

Rafting pun dimulai dengan pembagian 3 perahu. Sha berada satu perahu dengan mas aji, mas ardian, mas irzal, mbak nanda, pak darta dan mas sayful. Awalnya sempet deg-degan karena ini pertama kalinya buat sha, namun langsung hilang saat perahu mulai jalan. Jalur yang dipilih saat rafting ini merupakan grade 3 yang mana sangat cocok untuk pemula seperti sha. Riak air pun tidak begitu besar, bahkan cenderung tenang dibeberapa titik. Kita sempat perang air dengan perahu lain. Sangat menyenangkan saat terkena hempasan air dan menghempaskan :D

Kita pun hampir sampai di dekat bendungan dan menepi karena debit air tinggi. Tips 1. Gunakan alas kaki yang sesuai karena sha bahkan gak pakai alas kaki dan harus melewati semak-semak dengan sangat hati-hati.

Kita pun melanjutkan rafting, baru beberapa meter perahu teman kita tersangkut di batu dan tak kunjung melaju. Saat itu kita memutuskan untuk menunggu dan menepi. Selama menepi, kita membicarakan perahu yang tak kunjung lolos dari batu dan perahu yang melaju duluan sedangkan fotografer belum sampai dan perahu kitalah yang paling "aman"

Baru melaju beberapa meter, saat riak air cukup besar. Perahu miring dan ternyata salah satu personil kita hilang! mas aji jatuh dan terbawa arus. Moment dimana gak ada yang bisa nahan tawa dengan teriakan "Mas Aji, tangkap talinya!"sampai akhirnya mas aji kembali naik ke perahu dan kita melanjutkan mengayuh perahu.

Selama mengayuh perahu kita sibuk mengomentari moment yang baru saja terjadi hingga tiba-tiba semua suara hilang! gelap dan sesuatu yang asin masuk ke tenggorokan menyadarkan sha kalau sha tenggelam. Saat sha naik ke permukaan, tertahan sesuatu dan sha sadar kalau tertimpa perahu dan mencari jalan keluar.


Saat sha sudah di permukaan, ternyata mbak nanda masih dibawah perahu. Mas Irzal berseru "Jangan panik! jangan panik!" itu adalah tips kedua saat rafting. Mbak nanda membalas dari bawah perahu "Gak papa!" dan tips dari mbak nanda saat kita terjebak dibawah perahu adalah dengan mencari celah, karena selalu ada celah kosong yang berisi udara.

Kita semua berhasil menepi dan kembali mengayuh. Saat kita bersiap untuk jeram yang selanjutnya. Ternyata sudah sampai finish dan yang lain sudah menunggu. Tips lain yaitu pastikan tidak membawa barang berharga saat rafting salah satu diantara kita kehilangan jam tangan. Dan juga Pastikan melakukan semua instruksi yang telah diinformasikan.

Kalau kamu, weekend ini mau kemana? berminat rafting di sungai bogowonto juga? cek infonya di IG @biapurworejo.

18 comments

  1. aku mau ketawa boleh nggak? eh tapi nggak jadi deh. perahuku itu yang nyangkut di batu soalnya :(

    ReplyDelete
  2. Wah mbaknya nyampe Purworejo. Lain kali mampir rumah saya mbak, klo pas kebetulan saya di rumah sih.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai say, kangen iih. sehat? kayaknya kalo kemaren gaakan sempet mampir. Yuk, kapan-kapan ketemu! :)

      Delete
  3. oh....jadi ada perahu yang terbalik ya? awkakwakwk

    ReplyDelete
  4. wahhh ini acara kemarin itu yaaaaa
    serunya, eh tapi itu ya ampun perahunya :(
    aku ngeri juga, soalnya aku ga bisa renang sih hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, acara kemarin mbak. sha juga ga bisa berenang. kan pake life jacket :)

      Delete
  5. wkwkw. itu pas banget ya aku motonya pas tim ku lagi ngeliat ke belakang. Kalian tenggelam perahu terbalik. wakakaw. koplak. Tapi seru sih. Moga2 pas ke sini safetynya udah bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pas banget ahahaha kereen!
      mudah-mudahan ya. Tapi segitu mah udah bagus sih kata aku. soalnya cekatan banget mas epulnyaa :D

      Delete
  6. Seru ya #famtripjawatengah ini. Aku belum pernah ikutan rafting loh seumur hidup hahaha suka liatnya dan kepengen tapi kok belum juga terealisasi. Ngeri lihat boat yang terbalik kayak di foto itu hihihi..saam kenal mbak Vanisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok mbak, nyobain sekali aja. seru ternyata hihii apalagi pas kebaliknya ituhh :D

      sha doain yaa :)

      salam kenal juga mbak nurul :)

      Delete