REKSADANA PERTAMAKU



Sudah lama semenjak belajar keuangan dan membuat NPWP demi memiliki reksadana. Sha pun melihat info via twitter kalau ada festival pasar modal syariah di Bursa Efek Indonesia. Tadinya sha  mau berangkat bareng temen, tapi ternyata jadwal kerja beda. Jadi berangkat sendiri.

Nyampe ke BEI, kita harus nyimpen KTP yang diganti dengan ID card.  Terus lihat-lihat stand dan mengikuti seminar yang di isi oleh Aidil Akbar mengenai perencanaan keuangan untuk pendidikan buah hati. Yang di suka dari acara kaya gini tuh, ada photobooth gratis sama banyak dapet souvenir! Hihihi


Abis itu sha mulai deh beli reksadana. Total ada 4 reksadana yang sha beli waktu itu.
 
1. Reksadana Manulife
Sha beli reksadana ini, pembayaran via bank mandiri. Terhitung sudah 3 bulan semenjak acara ini. Sampai sekarang sha belum dapat comfirmation letternya. Bahkan info berapa unit yang di dapat, harga reksadana dan lain-lain belum sha dapatkan. Sedikit kecewa dan belum pernah top up sama sekali. Udah pernah kirim inbox dan email di minta nunggu konfirmasi dari bank kunstodian tapi sampai sekarang belum ada. Kenapa pada saat pembelian gak begini begitu? Salah satu kekurangan saat ada festival seperti ini adalah segala proses di lakukan dengan cepat dan akan di follow up ulang karena yang membeli gak cuma kita. Pelayanannya tidak sama seperti kita datang langsung ke kantornya.

2. Reksadana mandiri
Udah tahu kan kalau sha pakai bank mandiri karena di tempat kerja gajian melalui bank mandiri. Jadi, untuk memudahkan sha beli reksadana di mandiri. Reksadana yang sha beli berupa reksadana Campuran yaitu Reksadana investa syariah berimbang.
Pada pertengahan jalan, sha membeli kembali reksadana saham yaitu reksadana investa atraktif. Pembeliannya cukup mudah hanya tinggal masukkan ke keranjang belanja (seperti belanja online) lalu bayar via internet banking. Segalanya tinggal klik aja. 

Meskipun memiliki jenis reksadana yang berbeda, rincian dana kita di akumulatifkan. Ada informasi berapa persen investasi ideal yang seharusnya kita punya dan berapa yang sudah kita capai. Juga ada rincian setiap kali kita top up reksadana dan rincian lainnya.
Proses yang cepat, mudah dan rinci membuat sha suka dengan reksadana ini. Alamat webnya di moinves.co.id

Untuk top up pun bisa di mulai dari 50.000 rupiah dengan admin 500 rupiah. 1% dari total pembelian kita.

3. Reksadana panin
Reksadana panin insfrastruktur bertumbuh merupakan reksadana saham yang berfokus pada bidang infrastruktur. Kebilang nekat pada saat beli reksadana ini. Karena reksadananya baru di luncurkan dua hari yang lalu pada saat sha beli. Belum ada fund fact sheet dan kinerjanya belum diketahui. Namun, berjalan tiga bulan harga reksadana ini terus meningkat. Pada awal pembukaan di harga 1000 rupiah, sekarang sudah mencapai sekitar 1030 rupiah. Panin pun sangat helpull, hampir setiap hari mengirimkan informasi kenaikan reksadana via whatsapp, juga mengenai seminar keuangan dan hal lain yang ingin kita ketahui tentang keuangan. 

Setiap bulan panin mengirimkan comfirmation letter via email juga dari bank kustodiannya yaitu BCA. Jadi, setiap kali top up itu melalui bank BCA dengan no rekening virtual milik kita (di dapatkan setelah kita mendaftar). Setiap top up di kenai biaya admin 5% kalau di bawah 250.000 dan 2% untuk diatas 250.000.

4. Reksadana danareksa
Reksdana danareksa mawar consumer 10 dibeli dengan pertimbangan karena kita tidak bisa lepas dari hal-hal consumer setiap hari. Reksadana ini naiknya lambat tapi ya naik gitu stabil. Beda dengan reksadana saham lain yang naik turun banget. Pembeliannya juga mudah bisa dengan mandiri clickpay. Tapi sha kurang suka karena tampilan web nya agak acak-acakan (menurut sha) jadi kurang nyaman aja gitu. Bisa menghubungi via whatsapp untuk informasi yang kita ingin tahu tapi harus kita yang aktif bertanya dan bawel hehe.

Oh ya, untuk setiap pembelian reksadana kita harus mengisi formulir data. Dan ada pertanyaan juga kita termasuk investor apa, kalau sha sih agresif keliatan banget dari beli reksadana yang baru buka. Dari total empat reksadana yang dibeli tiga diantaranya termasuk reksadana saham (untuk jangka waktu panjang lebih dari lima tahun) dan satu campuran (untuk jangka waktu tiga tahun). Semoga selalu konsisten berinvestasi agar mimpi-mimpi masa depan terwujud. aamiin
                                                                                                                                                                                      

No comments