Cara Berobat Ke RSCM


Halo, kali ini Isha mau sharing mengenai "cara berobat ke RSCM" di karenakan ternyata banyak sekali masyarakat yang menanyakan hal ini.

Sebelum membahas mengenai cara, ada hal yang perlu diketahui bahwa RSCM memiliki 4 gedung utama. Berikut isha jelaskan pendaftaran untuk setiap gedung:

1. RSCM PUSAT

RSCM PUSAT atau yang biasa disebut dengan IRJT adalah gedung lama RSCM yang didepannya ada patung setengah badan. Di gedung inilah biasanya pasien yang berobat dengan jaminan BPJS akan di layani.

Untuk berobat dengan menggunakan BPJS, ada empat persyaratan yang harus di penuhi. yaitu:

  • Fotocopy KTP dan Aslinya
  • Fotocopy Kartu BPJS dan Aslinya
  • Fotocopy KK
  • Surat rujukan dari RSUD setempat. 

Cukup mudah bukan? hanya dengan membawa empat persyararatan tersebut kita bisa berobat ke RSCM dengan BPJS. Lalu, bagaimana jika tidak memiliki BPJS? tenang saja, kita pun bisa berobat dengan mengeluarkan uang sebesar 75.000 rupiah sudah termasuk dengan biaya dokter dan administrasi rumah sakit. Untuk pendaftaran setiap hari senin-jumat jam 07.00-13.30 WIB

2. RSCM KIARA

RSCM KIARA adalah gedung khusus untuk anak-anak. Gedung ini baru dibangun. Dari 12 lantai, hanya 2 lantai saja yang baru digunakan. Kalau masuk gedung ini berasa masuk ke disneyland! penuh dengan princess dan karakter disney lainnya. Gedung ini juga satu-satunya yang punya eskalator. keren kan? :D
 
cara berobat ke RSCM KIARA dengan menggunakan BPJS sama saja persyaratannya seperti ke RSCM PUSAT. Jika ingin berobat tanpa BPJS, biayanya 75.000 rupiah.

Di RSCM KIARA ini memiliki klinik eksekutif, di RSCM setiap sub bagian eksekutif tidak disebut poli, akan tetapi Cluster. Untuk pendaftaran ke Cluster yang ada di RSCM KIARA ini bisa menghubungi ke 021-1500135 kemudian tekan 1 (satu) untuk bahasa Indonesia, tekan 1 (satu) untuk Ext dan tekan kembali 8104. Pendaftaran senin-jumat jam 07.00-12.00 WIB. Untuk biaya konsultasi dan administrasi 175.000 rupiah.

3. RSCM KIRANA

RSCM KIRANA adalah gedung khusus untuk mata. letaknya di jalan Kimia. Jika yang sakit adalah bagian mata. Langsung saja ke gedung ini. Untuk berobat dengan BPJS, persyaratannya sama saja. Berobatnya di poli anugerah. Jika ingin berobat ke poli anugerah tanpa BPJS, biayanya 75.000 rupiah.

RSCM KIRANA pun memiliki EKSEKUTIF CITRA. Untuk pendaftarannya bisa menghubungi 021-1500135 kemudian tekan 1 (satu) untuk bahasa Indonesia, tekan 1 (satu) untuk Ext dan tekan kembali 8501/8502. Pendaftaran senin-jumat jam 07.00-12.00 WIB. Biaya pendaftaran pasien baru 225.000 dan pasien lama 190.000 rupiah.

4. RSCM KENCANA

RSCM KENCANA adalah gedung eksekutif. yang tentu saja di gedung ini tidak bisa menggunakan BPJS. Dan jaminan yang bisa digunakan pun hanya jamkesmen dan jamkesda. Untuk pendaftaran ke Kencana bisa menghubungi (021) 1500135 tekan 1 (satu) bahasa indonesia, tekan 2 (dua) rscm kencana, tekan 2 (dua) rawat jalan. Pendaftaran minimal satu hari sebelumnya, dan pendaftaran dilayani 24 Jam. Untuk pasien baru pada saat kedatangan harus membawa fotocopy KTP. Untuk biaya administrasi 100.000 dan biaya konsultasi dengan dokter spesial 250.000 dan prof 350.000.

Semoga membantu bagi yang mau berobat ke RSCM dan semoga kita semua selalu diberikan kesehatan.

67 comments

  1. Amiin mudah-mudahan, dengan menjaga kesehatan tentu akan sehat dan nggak gampang terkena sakit :) makasih tipsnya..

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah....terima kasih infonya yaaa
    Daritadi browsing yang ini infonya baru memuaskan.

    ReplyDelete
  3. Smg kita selalu diberi kesehatan ya mba...

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah... terima kasih infonya Isha.
    Mau tanya kalau mau daftar ke poli mata anugerah RSCM Kirana apakah harus datang langsung atau boleh melalui telepon? berapa no teleponnya? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bpjs bisa atang langsung. Umum biasa jg bisa datang langsung. Untuk eksekutif citra bisa appointment via 1500135 tekan 1 bahasa indonesia tekan 1 ext masukan 8104

      Delete
  5. btw itu fix jam pendaftaran dari jam 7-set.2 sis?
    thank..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu sih fix jam segitu, kurang tahu kalau sekarang :)

      Delete
  6. Terimakasih Mba Vanisa ... Info nya sangat membantu ... Good

    ReplyDelete
  7. Keponakan saya diduga menderita Skelorema Sistemik. Usia 4 tahun. Sebaiknya ke RSCM Pusat atau Kiara, mba?

    ReplyDelete
  8. Info nya sangat membantu ka,terimakasih...

    ReplyDelete
  9. biaya Rp 225.000,- hanya untuk pendaftaran saja ya sis, biaya konsul dokter di kenakan lagi atau bagaimana ya?terimakasih sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. 225ribu biaya pendaftaran dan konsultasi dokter. belum termasuk biaya obat dan lain-lain

      Delete
    2. Mksdnya dan lain2 untuk apanya lagi y mba
      Kebetulan besok saya mwu periksa kesana

      Delete
    3. lain lain ini kalau ada tindakan seperti operasi dan rawat inap

      Delete
  10. Utk dokter urologi apakah ada di rscm pusat? Berapa biaya konsultasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, di rscm pusat. biaya sudah saya tulis diatas :)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. kalau mau pindah dari bpjs ke yang bayar prosesnya gmn yah ?
    klo pindah apakah dokter dan pelayanan yang di dapatkan sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbayar yang mana dulu? rscm pusat atau kencana?

      Delete
    2. yang kirana mba
      soalnya ayah ku mau ada operasi katarak sudah nunggu 2 minggu untuk panggilan operasi tak kunjung di panggil apakah karena menggunakan jalur BPJS? karena yang dijanjikan dokter paling lama nunggu 2 minggu dan apakah jika saya mau ambil operasi dengan jalur yang bayar dapat pelayanan yang sama dan obat yang sama ?
      thanks sebelumnya

      Delete
    3. Setahu saya tak kunjung dipanggil karena memang pasiennya banyak. Jadi, saya sarankan untuk sering kontrol ulang ke polinya. Sejujurnya sama saja menggunakan bpjs maupun umum. Mungkin ada perbedaannya tak bisa dipungkiri misal obat yang sama namun dg merek yg berbeda. Seperti itu. Coba saja kontrol ulang lagi dan harus sering ditanyakan kepastiannya ke dr yg bersangkutan karena operasi itu harus disesuaikan apakah ruang operasinya available, sesuai apa tdk dg jadwal dr tersebut, dan jika membutuhkan rawat inap, ada atau tidaknya kamar yang tersedia

      Delete
  13. Hai mba Isha... Bapakku dapet rujukan ke RSCM karna mau dilaser mata stelah operasi katarak. Baiknya langsung ke Kiara atau Pusat yah Mba?

    ReplyDelete
  14. Makasih banyak Mba Isha atas sharingnya.... Semoga kita semua diberi kesehatan & keberkahan oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  15. Mba saya mau nanya, kl misalkan saya mau berobat kandungan , soalnya saya suka pendarahan tiba-tiba , sebaikannya itu ke pusat atau ke kiara ? Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu mah ke pusat teh, gatau sekarang. Sha udah ga kerja di rscm. Dulu kiara baru dua lantai yg digunakan. Rencananya kalau semua gedung sudah bisa digunakan buat ibu dan anak nantinya. Coba teteh telfon dulu aja. Makasih

      Delete
  16. Mb vanisa bisa minta jadwal poli mata yang menggunakan bpjs?lalu untuk pendaftaran by phone bisa?atau harus dateng ke lokasi?trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja jadwalnya, senin sampe jumat. dulu belum bisa by phone. gatau skrg, kebetulah udah ga kerja di rscm. pasien baru tetep harus dateng dan pendaftaran manual biasanya

      Delete
    2. Mb sha tanya lg dong hehehe..
      Kalau pasien umum (tdk pakai bpjs) apakah didahulukan?kalau eksekutif kan langsung masuk ya tanpa mengantri?
      Soalnya kalau pakai bpjs di kirana pasien bisa smpai 300an. Pengen nyoba yang umum yg 75rb. Makasih..

      Delete
    3. kalau pakai umum, nanti obat, operasi, rawat inap dll nya juga harus umum.. kalau memang dari awal pake bpjd. lebih nyaranin langsung di bpjs aja..

      Delete
    4. Oke deh..
      Tapi kalau pasien umum biasanya lebih didahulukan ya daripada yg bpjs?

      Delete
    5. pasien umum dan bpjs sama aja, ga dibeda2in. kalau loket pendaftarannya berbeda atau engga, kurang tahu untuk yang kirana..

      Delete
  17. mba vanisa... mo tanya dunk, anak sy dpt rujukan dr bpjs ke rscm dr pediatrik (dr aryadi). nah kalau sy ingin berobat di beliau harus ke rscm pusat atau kirana yaa mba? trmkasih mba bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anaknya berapa tahun? ga mungkin kalau kirana itu khusus mata. kalau dr aryadi kemungkinan di kiara atau kencana. kalau bpjs di kiara. Tapi kalau bpjs gak bisa pilih dokter. tergantung yang menangani dan dr yang ada di poli pada saat itu

      Delete
  18. Mbak kalo kirana anugerah tapi ambil yg umum/non bpjs, bisa pilih dokter tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ya, pastikan dr yg di tuju memiliki sub yang benar dan juga pastikan jadwal prakteknya krn takut pas udh dateng itu bkn jadwal dr yg bersangkutan

      Delete
  19. Makasi teh infonya, ini pasti membantu banget.
    Semoga kita semua sehat selalu ya aamiin

    ReplyDelete
  20. Assalamu'alakum mba isha,,
    nama sy Luthfiah, salam kenal mba..artikelnya bagus bermanfaat.
    Punya info jadwal dokter spesialis penyakit dalam dan hematologi di rscm tidak mba?? untuk konsul non-bpjs..or eksekutif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam..

      kebetulan udah ga kerja di rscm. silahkan hubungi langsung saja rscm kencana ya mbak :)

      Delete
  21. Terimakasih atas informasinya ... tapi rscm jauh dari tmpt tinggal...

    ReplyDelete
  22. mbak, di rscm ada sitoskopi gak ya? kalo ada biayanya berapa ya?

    ReplyDelete
  23. Lengkap banget ya ulasannya.. thanks ya beib...

    ReplyDelete
  24. Mba, kalo mau berobat ttg penyakit tiroid di RSCM pusat atau Kencana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bpjs di rscm pusat, kalau mau bayar dan dr sub spesialist ke rscm kencana :)

      Delete
  25. Kalau mau berobat mata anak menggunakan alat streak retinoscopy periksa nya ke mana? Dan kalau tdk menggunakan bpjs bayarnya berapa..? Trmksih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, kalo itu mah gatau. coba langsung hubungi rscm kirana yaa

      Delete
  26. wah bermanfaat sekali, sering lalai, apalagi kalo lagi buru2

    ReplyDelete
  27. Kalau mau ke dokter spesialis saraf anak ke gedung yg mana?

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete