TAHAPAN PERSALINAN

Setiap ibu hamil, pastinya hal yang paling dicemaskan adalah proses persalinan. Banyak ibu hamil yang bertanya, apakah proses persalinan saya lancar? dan sebagainya. Tentu untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, ibu hamil harus mengetahui tahapan yang ada pada saat persalinan.
Di dalam persalinan, ada IV Tahapan. Dan tahapan ini lebih dikenal dengan kata "Kala". Saat memasuki Kala I ibu hamil akan merasakan mules yang dapat menyebabkan serviks membuka. Pembukaan yang terjadi pada serviks ini dimulai dari nol sampai sepuluh atau pembukaan lengkap. Kala I ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu:

Kala I fase laten, dimulai dari kontraksi (mules) sampai pembukaan 4. Pada fase ini biasanya berlangsung hampir 8 jam.

Kala I fase Aktif. dimulai dari pembukaan 4 sampai pembukaan lengkap. Pada fase ini, proses pembukaan seviks cenderung meningkat. Pada ibu primigravida (ibu yang baru perama kali hamil) pembukaan terjadi 1 cm per jam sedangkan pada multigravida (yang sudah pernah hamil & melahirkan) pembukaan terjadi 1-2 cm per jam.

Pada fase inilah biasanya para calon ibu, suami dan keluarga merasa sangat was-was. Dimana waktu yang diperlukan sangat panjang. Bagi primigravida, Kala I bisa berlangsung selama 12 jam dan bagi multigravida sekitar 8 jam.

Saat pembukaan sudah lengkap, maka memasuki Kala II hingga lahirnya bayi. Kala ini adalah proses pengeluaran bayi, biasanya berlangsung selama 2 jam bagi primigravida dan 1 jam bagi multigravida.

Setelah bayi lahir, ibu memasuki Kala III dengan di suntikannya Oksitosin. Kala ini adalah proses untuk mengeluarkan plasenta. 

Dan Kala IV dimulai setelah lahirnya plasenta hingga 2 jam setelah melahirkan. Pada Kala ini biasanya dilakukan penjahitan bila terjadi robekan pada perineum.

22 comments

  1. setiap denger pembukaan ibu hamil,pasti merinding,takut gitu,belum pernah soalnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, wajar sih mbak.. tapi insyaallah nikmat katanya hehehe

      Delete
  2. Oh begitu, luar biasa wanita ini berjihad untuk melahirkan, semoga dilancarkan, makasih ilmunya.

    ReplyDelete
  3. wahhh keren yah dan wanita emng mulia dah bahkan kalo meninggal syahid yg di dapat ya kan... wanita itu mulia....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karena itulah nabi mengatakan ibu, ibu, ibu baru ayah..

      Delete
  4. pengalaman melahirkan anak pertama dan kedua pembukaannya sama2 lamaaaa banget.....

    ReplyDelete
  5. Ini mbak pengalaman Mbak Vanisa sendiri? Kalau iya, semoga dilancarkan ya persalinannya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. penalaman selama menolong persalinan.. kalo melahirkan mah belum pernah, nikahnya aja belum :D

      Delete
  6. Waktu saya melahirkan naiknya pembukaan lama bangeeet, akhirnya diinduksi deh :)

    ReplyDelete
  7. buat perempuan yang belum pernah melahirkan membacanya ngeringeri gimanaa gitu :D

    ReplyDelete
  8. Tahapannya ada banyak yah, Mbak.. Dan ada beberapa hal yang bikin ngiluuuu >,<

    ReplyDelete
  9. wah keren yah dan wanita emng mulia dah bahkan kalo meninggal syahid yg di dapat ya kan.

    ReplyDelete