AIR TERJUN TAWANGMANGU KARANGANYAR


Destinasi wisata berikutnya adalah Tawangmangu, tempat wisata ini berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Perjalanan waktu ke sini keren banget, rumah-rumah yang berjajar, udara yang sejuk, pemandangan yang indah. Kalo kata bapa "Mirip-mirip sama puncak" berhubung Isha ke Tawangmangu sebelum ke puncak, jadi gatau. Tapi setelah Isha ke Puncak. Daerahnya memang mirip, namun di sini jauh lebih keren. Mungkin karena yang berkunjung tak sebanyak puncak. Jadi masih alami.


Pintu masuk Tawangmangu


Biaya masuk Tawangmangu, WNI Rp. 11.000 WNA Rp.110.000

Di Tawangmangu pun ada kuda, sama seperti di sarangan. Sayangnya waktu ke Tawangmangu ini sudah sore, jadinya naik kuda di skip dulu dan kita lanjut ke tujuan utama. Lihat air terjunnya :)

Perjalanan menuju air terjun butuh tenaga extra, kita harus menuruni lima ratus anak tangga, aduhai jauh sekali :D

Tapi tenang saja, di tengah-tengah perjalanan ada semacam saung dan tempat duduk untuk kita beristirahat.

Setelah sampai dan lelah menuruni anak tanga, kita makan di bawah pohon rindang :)


Ini dia penampakan Air terjun Tawangmangu, selain air terjun di sini ada kolam renang anak, masuknya 7000 rupiah. Ade Isha waktu itu mau berenang, tapi karena sudah jam 5 sore, kolam renangnya sudah tutup dan sedang dikuras. Di sini juga terdapat flying fox bagi yang suka memacu adrenalin.

Oh ya, di pohon-pohon yang ada di sini pun banyak "kete" atau monyetnya, terutama di pohon-pohon disekitar tangga yang kita lewati.

Narsis di depan air terjun, basah-basahan dan airnya sangat dingin. Sayang, foto-fotonya buram karena lensa kamera terkena embun.

Berhubung hari sudah malam, kita pun pulang. Sekitar jam setengah tujuh malam tapi hari terasa  sangat gelap. Dan kita pun harus kembali menaiki 500 anak tangga tapi berbeda dengan yang kita turuni pada waktu tadi. Jadi total ada seribu tangga di sini (Grojogan Sewu). Bye bye Tawangmangu, semoga suatu hari bisa kembali ke sini :)

12 comments