Pake Behel di Orthodonti


Dulu pas jaman SMP, Isha pernah pake behel di salah satu dokter di pusat kota Garut. Beberapa minggu semuanya berjalan lancar, namun semakin lama dokternya mulai jarang praktek. Setiap ke tempat praktek, dokternya ga ada. Cuti, sakit dan sebagainya.

Hingga pada akhirnya bukan gigi rapi yang di dapat. Kondisi gigi semakin mengenaskan. Dan Isha pun memutuskan untuk melepas behel tersebut.

Masalah gigi tak hanya bernilai estetik, tapi juga mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Saat bertanya pada teman yang juga gigi nya tidak rapi, ternyata merasakan hal yang sama. Kepercayaan diri saat berbicara dengan orang lain menjadi berkurang. Dan itupun membuat kebiasaan berubah, dimulai kebiasaan tersenyum tipis tanpa memperlihatkan gigi sampai ada yang selalu menutupi mulutnya saat berbicara atau tertawa dengan kerudung yang sedang di pakainya.

Pada akhir 2013 lalu, Isha memutuskan untuk menggunakan behel kembali. Dengan banyak pertimbangan karena mengingat sakitnya menggunakan behel. Isha memutuskan menggunakan behel di spesialis Orthodonti di salah satu rumah sakit di Bandung. Saat itu yang menangani adalah drg. Hera Lukita. Sp. Ort. Saat pertama kali konsultasi, diberikan pengarahan-pengarahan mengenai penanganan seperti apa yang akan dilakukan.

Sebelum menggunakan behel isha di berikan surat untuk test Rontgen Panoramic dan Chepalometri di Bio Test. Pada dokter yang sebelumnya saat hari pertama datang, bahkan tanpa konsultasi dan rontgen, langsung di cetak gigi. Dan pada minggu berikutnya langsung menggunakan behel. Pada spesialis Ortho ini, Isha harus rontgen sampai 4 kali karena gigi geraham dewasa hampir tumbuh, namun hanya menonjol saja yang selalu mengakibatkan nyeri tumbuh gigi yang luar biasa. Tapi gerahamnya tidak bisa tumbuh karena rahang isha yang kecil.

Setelah 3 minggu konsul, barulah behel di pasang. Dan harus ada dua gigi yang dicabut, padahal sebelumnya tidak ingin cabut gigi satupun. Dan akhirnya merelakan 2 gigi itu dicabut. Baru satu bulan menggunakan behel, gigi sudah terlihat rapi. Namun ternyata tanpa sepengetahuan pasien-pasiennya, drg Hera sakit. Dan di bulan Januari lalu beliau meninggal dunia.

Isha pun di transfer ke drg. Hanny Martiana Turangga Sp.Ort di rumah sakit lain. Dan sekarang masih berjalan proses perawatan gigi supaya tidak ada ruang kosong di rahang (bekas cabut gigi) yang menjadi tempat tertinggalnya makanan.

Jadi, jangan sembarangan pilih dokter ya! Pastikan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Pssst, dokter gigi itu banyak spesialisnya loh. Seperti Orthodonti untuk kawat gigi, Prosto untuk karang gigi, BM atau Bedah Mulut untuk Bedah Mulut, Konservasi untuk Konservasi gigi. So, pilihlah dokter gigi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan gigi mu :)

30 comments

  1. Gue uuga pengen masang behel, semoga nyaman aja :D

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete
  2. sebelumnya saya gabisa bedain orthodont sama prostodont karena berjajaran jugasaya kira sama aja ..haha

    ReplyDelete
  3. Isha mau tanya donk,, sekarang perkembangan giginya gimana setelah ditangani di drg.Hanny? soalnya drg ku kasi rujuka ke drg. Hanny buat perawatan behel.
    Drg.Hanny yg praktek di RSUD Al Ikhsan kan ya? Bagus & enak g ya dokternya?
    Dan kira2 rincian biaya pasang behelnya berapa?
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo rahma, dalam sebulan langsung terlihat perubahannya. iya yg di rsud al ikhsan.. klo praktek rumahnya di suryalaya buah batu.. bagus dan friendly banget dr nya.. bahkan skrg isha di jkt dan pas pulang k bdg bukan jadwal praktek beliau tp beliau bela2in cuma buat periksa isha aja.. untuk pemasaangan behel atas bawah kemaren abis 7juta. :)

      Delete
  4. Isha mau tanya donk,, sekarang perkembangan giginya gimana setelah ditangani di drg.Hanny? soalnya drg ku kasi rujuka ke drg. Hanny buat perawatan behel.
    Drg.Hanny yg praktek di RSUD Al Ikhsan kan ya? Bagus & enak g ya dokternya?
    Dan kira2 rincian biaya pasang behelnya berapa?
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. halo, ada nomor tlp nya drg hanny ga ya? tadi ubek ubek di google ga dapet juga. thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, silahkan hub saya via email atau dm medsos ya!

      Delete
  7. isha mau tanya dong,, itu th yg 7jt buat biaya pmsangan doang atau udh kseluruhan smpai gigi rapih? trus klo udh thap pmsangan ada thapan apa lagi yg hrus d jlani?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayakny pemasangan aja.. sha kan pasangnya di dr hera. Pas nanya k dr hanny sih segitu. Tahap perapihan giginya. Tiap bulan d kontrol ulang. Klo k rs bayar uang pendaftaran 45rbu. Biaya kontrol 100ribu :)

      Delete
    2. Sha klo biaya nya itu yg 7jt bisa d cicil??

      Delete
    3. kurang tau, tapi kayaknya bisa deh. pas awal mau pasang sama pas pemasangan behelnya

      Delete
  8. Salam kenal mba, mba boleh minta nonya drg hanny

    ReplyDelete
  9. kak maaf waktu di Garut, memang pasang behel dimana ya? :)
    soalnya sy jg rencana mau pasang behel perawatan di daerah Garut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, sha lupa nama dokternya. tapi prakteknya tepat di sebrang jogja yang deket alun-alun garut. rumah warna putih ala-ala belanda gitu.

      Delete
  10. Assalamu'alaikum
    Kak mau nanya dong...
    Kalo misal nya pasang nya di al-ihsan dan buka behel nya di buah batu(praktek nya dr.hanny) bisa ga kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam.. iya, boleh teh. sha juga kadang pindah2. kadnag di rs kadang di bubat kontrolnya hehe

      Delete
    2. Ohh
      Kalo harga buka behel nya sama pasang behel yg di belakang berapa yh kak ?😊

      Delete
    3. krang tahu itu mah :) soalnya belom lepas sih hehe

      Delete
    4. Iyah deh ga apa"
      Makasih kak info nya

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Neng uken nomor dokter hany na atuh tadina bade di Garut mung pami kitu mh ngemut deui w ah sieun, eta suryalaya mh tasik nya neng?

    ReplyDelete
  13. Mau tanya kalau jadwal drg hanny hari apa aja ya ???

    ReplyDelete