Srikandi dan Aku


Waktu itu, setelah UN SMA selesai. Isha dan beberapa teman berangkat ke Kota Garut, tepatnya daerah Pasir Kiamis, Samarang. Ada banyak hal yang bisa di lakukan sambil menunggu hasil ujian. Pergi ke daerah itu, benar-benar membuat isha belajar banyak hal. Seorang gadis manja yang tiba-tiba menjadi seorang gadis yang kuat. Betapa tidak, di desa itu setelah adzan subuh kami membimbing ibu-ibu mengaji di masjid, paginya kami mengajar anak TK/SD di situ, siang hari kami istirahat, sore hari mengajar agama anak-anak, dan setelah maghrib, diskusi bareng pemuda dan pemudi di desa tersebut, bahkan sekali-kali jadi seperti ustadzah yang ngasih materi di depan mimbar. Pada malam hari, di desa itu listrik spaneng, hmm apa ya bahasa indonesianya *remang-remang* seperti itu.
Kami tinggal di sana beberapa minggu dengan sukarela, masyarakat yang menerima dengan sepenuh hati dan banyak hal lainnya. 

Hingga akhirnya tiba hari dimana kami semua pulang, anak-anak menangis dan memeluk kami, bahkan mereka memberi kenang-kenangan seperti makanan, pulpen, gantungan kunci, dan lain-lain. Hal kecil yang membuat mataku sembab, kami menyalami masyarakat satu persatu. 

Aku kembali mengunjungi mereka dalam satu hari, meski pertemuan yang dulu terbilang sebentar, tapi mereka tetap mengingat kami. Aku memang masih jauh bila di bandingkan dengan srikandi, tapi itu membuatku benar-benar bahagia..


18 comments

  1. kirain lagi PKL :)
    Dulu pas PKL semester 5 ke 6, aku ke SD2, hihi ...

    semoga menang, Sha ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. isha masih semester 4 mbak tha, jadi belum PKL, hehe

      aamiin, semoga mbak tha jg menang yaa :)

      Delete
  2. melting rasanya kalau berada di situasi seperti itu :'(

    ReplyDelete
  3. senangnya bisa berada ditengah anak-anak yg lucu sukses kontesnya ya mba..salam kenal

    ReplyDelete
  4. Wuih ... bersama anak-anak yang hebat :)
    Ijin ambil fotonya ya.
    Tks.
    Salam

    ReplyDelete
  5. Sebuah pengalaman berharga yang mengasyikkan ya, Sha..., bisa belajar banyak tentang kehidupan dan menjadi bermanfaat bagi orang lain.
    Sukses yaaa. :)

    ReplyDelete
  6. pasti menyenangkan ya di antara anak2 itu.

    ReplyDelete
  7. indah sekali mbak, jarang ada anak SMA punya pikiran semacam itu :)

    ReplyDelete
  8. waaaah nge-pink sendiri :D

    Selalu menyenangkan berbagi canda tawa dengan mereka, anak kecil itu ajaib. Tapi Anak-anak jalanan lebih ajaib lagi. Coba deh sekali-kali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya itu oranye ;p

      belum berani klo sma anak jalanan,, ga ada temennya pula ^^

      Delete
  9. yang penting niat & ketulusan'a mba, semua akan menjadi indah kalau niat kita juga baik :)

    ReplyDelete