Disminore, Nyeri saat haid



Disminore

Disminore merupakan keadaan dimana seorang perempuan merasakan nyeri pada saat mendapat haid.

Disminore dibagi menjadi dua
  1. Disminore Primer
Disminore primer/idiopatik/fungsional terjadi dikarenakan hormonal, nyeri haid yang di sebabkan oleh faktor-faktor atau penyebab yang dapat di temukan.

Disminore primer pada umumnya mulai terjadi dalam kurun waktu usia muda, derajat nyeri sangat berpariasi. Pada umumnya nyeri timbul 24-28 jam pertama haid. Umumnya keluhan disminore akan berkurang dengan meningkatnya usia dan setelah persalinan.

Pada akhir daur haid, kadar progesteron menurun, kadar prostaglandin dalam endometrium (dan darah haid) bertambah. peninggian kadar prostaglandin ini menyebabkan bertambahnya kontraksi otot uterus, menyebabkan timbulnya iskemi yang menimbulkan rasa sakit. Hal ini di kenal dengan teori Prostaglandin F2α.

*Dismenore hanya terjadi pada daur haid yang ovulator

     2. Disminore Sekunder

Pada umumnya mulai dirasakan kala usia yang lebih lanjut (dari masa remaja). Rasa nyeri biasanya mulai sebelum datang haid, dapat berlangsung sepanjang haid serta dapat pula disertai keluhan-keluhan lainnya seperti pendarahan banyak, disprareunia serta keputihan

Faktor Penyebab :
  • Infeksi panggul endometriosis
  • Mioma uteri
  • adanya AKDR
  • Polip endometrium
Patogenesis dismenore sekunder :

*kadar prostaglandin F2α dalam endometrium meningkat dengan adanya alat kontrasepsi dalam rahim
*faktor : adanya sumbatan dalam uterus, kelainan anatomi rahim, regangan karena bekuan darah ataupun karena pertumbuhan jaringan menyebabkan bertambahnya kontraksi uterus akibatnya bertambah nyeri






No comments